Home Profile Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti Meraih Penghargaan Dunia

Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti Meraih Penghargaan Dunia

Wednesday, September 28, 2016 - 17:06
Bagikan
Facebook Twitter Email

Mempunyai pemimpin-pemimpin berprestasi pasti jadi idaman semua warga negara. Nggak terkecuali warga negara Indonesia. Seperti yang diraih oleh salah satu pemimpin Indonesia, yaitu Susi Pudjiastuti. Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini telah diganjar sebuah penghargaan dunia “Leaders for a Living Planet” dari konservasi WWF International. Penghargaan Leaders for a Living Planet Award ini diberikan pada orang-orang yang memiliki kontribusi signifikan pada pelestarian alam.

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan kepada Menteri Susi pada ajang Our Ocean Conference di Washington DC pada Jumat, 19 September 2016 lalu, Urbaners. Penghargaan ini diserahkan oleh Presiden WWF Internasional, Yolanda Kakabadse.

 

Menteri Susi berhasil menjaga pelestarian alam

WWF menganugerahkan penghargaan tersebut karena menurut WWF, Menteri Susi layak mendapatkannya atas kontribusinya terhadap pelestarian alam nih Urbaners. Selama karirnya, Menteri Susi telah menerbitkan beberapa kebijakan buat ngelindungi kesehatan laut, seperti melarang penggunaan alat tangkap perikanan yang merusak lingkungan, menetapkan konservasi perairan dan melindungi spesies laut.

Berkat kebijakannya tersebut, Menteri Susi berhasil melindungi aset sektor kelautan dan menjaga sumber daya laut di Indonesia. Karena menurut WWF, Indonesia memiliki potensi sektor perikanan yang melimpah dan menjadi negara penghasil perikanan tangkap dan budidaya terbesar kedua di Indonesia. Namun karena praktik pencurian ikan ilegal, membuat kerugian negara mencapai 20 miliar dolar per tahunnya. Dengan diberikannya penghargaan ini, WWF berharap Susi melanjutkan terobosannya untuk tetap memperbaiki pengelolaan perikanan.

 

Bukan yang pertama kali

Ternyata penghargaan bergengsi ini bukan kali pertama ini diberikan, Urbaners. Sejak tahun 2000 sudah ada 100 lebih individu yang menerima penghargaan Leaders for a Living Planet ini. Beberapa diantaranya adalah mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan, Menteri Perikanan Norwegia, Perdana Menteri Cina dan Menteri Bidang Pengairan Perancis, Togo dan Benin.

Gimana Urbaners? Lo pasti bangga kan punya salah satu pemimpin yang kayak gini? Dan yang perlu lo tahu, masih banyak orang-orang Indonesia yang kehebatannya diakui dunia seperti ini. Nah, biar lo juga ikutan keren seperti beliau, nggak ada salahnya kalau lo juga melakukan aksi-aksi kecil yang bermanfaat buat sekitar. Siapa tahu aksi kecil lo ini suatu hari bisa jadi sangat bermanfaat dan membawa perubahan. Siapa tahu juga besok-besok lo yang bakal dapat penghargaan bergengsi ini.

 

Source: www.teropongsenayan.com