Home Profile Aamir Khan, salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Aamir Khan, salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Thursday, October 20, 2016 - 17:29
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kalau sudah pernah nonton film 3 Idiots, seharusnya lo udah nggak asing lagi dengan nama Aamir Khan. Pria inilah yang memerankan karakter Ranchodas Chanchad, seorang mahasiswa berusia 20-an. Padahal, saat itu usia Khan sebenarnya sudah menginjak angka 45. Hal tersebut hanyalah salah satu bukti profesionalitas Khan dalam dunia seni peran yang ternyata telah ditekuninya sejak kecil.

 

Totalitas dalam Perankan Setiap Tokoh

Khan dikenal sebagai seorang aktor yang cukup perfeksionis, dan hal tersebut bukannya tanpa alasan. Ia selalu memberikan performa maksimal pada setiap tokoh yang diperankannya. Pada film DANGAL, Khan berperan sebagai seorang mantan pegulat yang harus mengajari kedua anak perempuannya bermain gulat. Ia pun harus menaikkan berat badannya dan melakukan berbagai workout agar bisa berakting dengan postur tubuh kekar ala pegulat profesional.

Totalitas Khan dalam dunia seni peran juga bisa lo lihat melalui aktingnya dalam film PK, ketika ia memerankan sosok alien berwujud manusia. Dalam film tersebut, Khan harus berbicara menggunakan aksen aneh demi menjiwai perannya sebagai alien. Kecintaannya terhadap film ternyata bermula sejak kecil. Beberapa keluarganya bahkan merupakan anggota dari industri film India.

 

Sempat Mengambil Waktu Hiatus

Debut akting Khan dimulai pada tahun 1984, ketika ia ditawari untuk berperan menjadi seorang mahasiswa dalam film berjudul Holi. Meski film tersebut tidak seberapa sukses, akting brilian Khan membuatnya ditawari untuk menjadi pemain utama dalam film Qayamat Se Qayamat Tak (1988).

Seiring dengan berjalannya waktu, karier Khan semakin melejit. Ia mulai mengurangi tawaran bermain film pada tahun 1995. Hanya ada segelintir film yang dibintanginya hingga tahun 2001, beberapa di antaranya adalah Raja Hindustani, Ishq, Ghulam, dan Lagaan. Akhirnya pada tahun 2005, Khan melakukan comeback dengan berakting pada film Mangal Pandey: The Rising, yang juga ditayangkan pada Cannes Film Festival.

 

Jarang Datang ke Ajang Penghargaan

Dengan profesionalitasnya yang tinggi, Khan berhasil mendapat berbagai penghargaan, salah satunya adalah Best Male Debut dari Filmfare Award 1988. Ia dikenal sebagai artis yang suka menghindari berbagai acara penghargaan dan nggak pernah mau menerima penghargaan film India populer. Menurut Khan, acara penghargaan film India memiliki kredibilitas yang kurang. Ia pun merasa kurang percaya sehingga nggak pernah mendatanginya meskipun namanya masuk nominasi.

 

Pada tahun 2013, nama Khan masuk pada daftar majalah TIME sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia. Hebat banget kan, Urbaners? Kita tunggu bareng-bareng film Khan yang lain, ya!

 

 

Sources: en.wikipedia.org, kapanlagi.com