Home Profile Fauzan Febriansyah: Musik Jazz Itu Ribet

Fauzan Febriansyah: Musik Jazz Itu Ribet

Wednesday, February 1, 2017 - 14:09
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bagi lo yang belum familiar dengan Fauzan Febriansyah, ia adalah salah satu musisi muda berbakat yang memenangkan MLDare2Perform Season 2 untuk kategori saxophone. Pria pendiam satu ini memiliki bakat yang luar biasa di dunia musik. Kepiawaiannya bermain saxophone dapat menghipnotis siapapun yang mendengarnya. Pria yang terisnspirasi oleh Charlie Parker satu ini mengaku masih tidak menyangka memenangkan event satu ini, berkat 'keisengannya' ia akan manggung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival bersama personil MLD Jazz Project Season 2 nanti.

 

Serba nggak sengaja

Sejarah Fauzan menekuni dunia musik bisa dibilang sedikit unik, rata-rata orang yang mempelajari musik sejak kecil, tetapi Fauzan malah baru memulainya saat remaja. Atas arahan keluarganya, Fauzan dianjurkan belajar musik, saat berusia 16 tahun, baru lah ia mulai belajar musik dari 0! Sempat merasa kalau dirinya nggak berbakat bermain saxophone, tapi berkat dukungan keluarga dan latihan yang rutin, skill bermusik nya patut diacuingi jempol.

 

Jazz musik yang ribet

Awalnya, saat belajar saxophone, Musisi yang pernah bermain dengan Paduan Suara Bahana Nusantara saat pengibaran bendera di Istana Negara ini juga tidak langsung mengulik genre jazz, Fauzan lebih suka genre pop seperti Kenny G. Bahkan saat pertama kali mendengar suara saxophone musik jazz, ia menganggapnya musik yang ribet dan ngawur. Tapi suatu saat ia diberikan bahan ujian Saxophone lagu yang ia bilang ngawur tersebut, alhasil mau nggak mau Fauzan mempelajarinya. Musik 'ngawur' tersebut malah buat Fauzan penasaran dan lama kelamaan menjadi suka.

Cuek Saat Live Audition

Saat mengikuti audisi online Fauzan sangat well-prepared, meskipun mendadak tapi ia telah mempersiapkannya dengan baik. Tapi saat diberitahu ia lolos ke tahap live audition, Fauzan senang sekaligus panik, karena materi audisi tersebut adalah lagu yang belum pernah Fauzan dengarkan sebelumnya. Alhasil, ia hanya punya waktu kurang lebih 6 hari untuk mengulik 3 materi untuk persiapan live audition. Meskipun saat live audition ia merasa grogi, tapi Fauzan cuek aja bermain saxophone. Tidak peduli siapa yang menonton selama ia bermain dengan nyaman pasti akan terdengar nyaman pula ke penonton.

 

Fauzan dan MLD Jazz Project Season 2

Fauzan mengaku cocok banget dengan para personil MLD Jazz Project Season 2 lainnya. Meskipun terbilang baru kenal, tetapi ia mengaku tidak sulit untuk berbaur sama lain. Masalah kagok saat dipanggung hanya masalah waktu saja untuk mengenal karakter dan ritme satu sama lain.

 

Jazz Indonesia di mata Fauzan

Fauzan merasa jazz di Indonesia berkembang sangat pesat, terbukti dengan banyaknya event-event jazz tanah air, banyak musisi jazz baru yang bermunculan serta beragam genre jazz yang dimainkan. Ia hanya berharap suatu saat adanya identitas jazz dari Indonesia. Adanya ciri khas jazz dari Indonesia sebagai pembeda dari negara-negara lain. Jadi saat ada yang mendengarkan, langsung tau bahwa jazz tersebut berasal dari Indonesia.