daftar pengusaha muda indonesia 2016 - MLD Spot

9 Daftar Pengusaha Muda Indonesia Yang Bisa Menginspirasi Kamu

Monday, September 4, 2017 - 11:01
Bagikan
Facebook Twitter Email

Menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah, apalagi pada usia yang terhitung masih muda. Tidak semua generasi muda bisa berhasil menjadi seorang pengusaha muda Indonesia yang sukses. Namun, bukan berarti seorang yang muda tidak bisa menjadi pengusaha. Banyak dari daftar pengusaha muda Indonesia 2016 yang merupakan orang-orang muda atau banyak juga para pengusaha mapan yang ternyata memulai usahanya di usia muda.

Menjadi pengusaha tentu bukan perkara mudah, urbaners! Namun, banyak kaum muda yang ingin menjadi pengusaha. Jika diperhatikan dengan seksama, menjadi pengusaha memiliki kelebihan tersendiri buat para urbaners. Di antaranya adalah urbaners bisa mengatur segala sesuatunya sendiri, karena tentu saja apa yang dibangun adalah milik urbaners sendiri.

Kemudian, menjadi pengusaha akan melatih karakter dan mental kamu, urbaners! Dalam membangun usaha tentu urbaners akan dihadapkan pada beragam situasi dan kondisi yang tidak selalu baik. Namun, seberat apapun yang kamu hadapi, semua itu akan memberikan dampak positif bagi pengembangan karakter dan mental. Kamu akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan.

Selain itu, dengan menjadi pengusaha, urbaners dapat memberikan sesuatu bagi masyarakat, khususnya apabila bisnis atau usahanya sudah semakin besar. Dengan demikian, apa yang urbaners bangun dapat memberikan lapangan pekerjaan atau ide dan inspirasi bagi orang lain.

Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses tentu membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Untuk menjadi pengusaha muda, urbaners perlu memperhatikan beberapa hal yang harus dilakukan. Urbaners harus memiliki motivasi dan semangat yang kuat untuk memulai langkah awal dalam membangun dan memulai bisnis atau usaha. Motivasi dan semangat tentu akan sangat berperan dalam menjadi dorongan bagi urbaners dalam tetaap menjalani apapun tantangan yang ada dalam membangun usaha dan bisnis.

Urbaners juga harus memiliki kreatifitas untuk menentukan bidang bisnis atau usaha yang akan dibangun. Jadi, jangan sekedar hanya mengikuti tren yang ada, tetapi urbaners juga harus menciptakan sesuatu yang berbeda yang dapat menjadi keunikan tersendiri dibandingkan yang sudah ada. Selain itu, urbaners juga harus fokus dalam menjalani usaha atau bisnis. Tentukan rencana jangka pendek dan jangka panjang yang akan dijalani dan fokuslah meraih apa yang sudah direncanakan.

 

Daftar Pengusaha Muda Indonesia Untuk Menjadi Inspirasi

Menjadi pengusaha muda tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi di jaman sekarang ini di mana persaingan semakin tinggi dan ketat. Banyak pengorbanan dan rintangan yang harus urbaners lakukan dan lalui. Urbaners tentu tidak akan secara langsung meraih keuntungan atau kesuksesan. Urbaners akan menemui banyak hal yang atau bahkan kerugian-kerugian pada awal urbaners mulai membangun bisnis. Tidak sedikit para pengusaha muda yang kemudian berhenti karena berbagai masalah yang muncul ini. Namun, tidak sedikit juga yang terus berjuang sampai meraih kesuksesan. Berikut adalah 9 pengusaha muda Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk urbaners.

Nabilla Bawazier

Nabilla memulai bisnis sepatunya dari berjualan di Instagram. Kini, perempuan muda yang berusia 18 tahun ini telah memiliki brand sepatu yang diberi nama NSBWZ (Nice Shoes Be Wonder Zhoe). Dari bisnisnya ini, Nabila meraup keuntungan Rp 60 juta setiap bulannya dan kini telah memiliki outlet sendiri di Bogor.

Yasa Singgih

Yasa merupakan pengusaha muda Indonesia yang memulai bisnisnya dari nol. Dimulai dengan menjadi MC di berbagai acara ulang tahun dan acara musik, Yasa pun mulai menekuni dunia bisnis dengan membuka beberapa bisnis yang banyak mengalami kerugian dan tantangan. Namun, kegigihan Yasa membuatnya terus berjuang untuk membangun bisnisnya sendiri. Dia pun membangun brand fashion Mens Republic yang dimulai dari bisnis online dan kini telah berhasil dan meraih banyak kesuksesan. Berkat perjuangannya ini, namanya kini terpampang dalam daftar 30 Under 30 Asia Forbes. Dari bisnisnya, Yasa bisa meraih keuntungan hingga miliaran Rupiah setiap bulannya.

Nicholas Kurniawan

Upaya Nicholas berangkat dari kondisi keluarganya yang selalu mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Saat masih duduk di bangku sekolah, dia pernah tidak naik kelas dan beberapa bisnis yang dia bangun mengalami kegagalan. Upayanya tidak berhenti sampai di situ, dan dia membangun bisnis ikan hias. Bisnis ini kemudian menjadi titik balik dan meraih kesuksesan besar. Bisnis ikan hiasnya kini menembus hingga ke luar negeri. Dengan penghasilan yang besar, Nicholas mampu membiayai sendiri kuliahnya dari bisnis yang dia geluti. Dia pun pernah memenangkan UGM National Business Case Competition.

Theresia Deka Putri

Theresia merupakan salah satu pengusaha muda perempuan yang sukses saat ini. Dia memulai bisnisnya dalam industri kopi dan teh yang dibangun ketika dia bahkan belum menginjak usia 20 tahun. Berkat perjuangan dan kejeliannya, usaha kopi luwak yang dia geluti meraih sukses besar. Perempuan yang pernah meraih penghargaa Wirausaha Muda Mandiri tahun 2012 ini kini dapat meraih keuntungan hingga miliaran Rupiah setiap tahunnya.

Riezka Rahmatiana

Pemilik usaha Justmine Pisang Ijo ini telah melalui banyak rintangan dalam membangun bisnisnya. Beberapa bisnis yang dia coba bangun sebelum memulai Justmine Pisang Ijo mengalami kerugian hingga tutup. Pada akhirnya, dengan modal hanya Rp 150.000, dia memutuskan untuk membangun bisnis Pisang Ijo. Keputusannya ini menjadi titik balik yang membuatnya meraih kesuksesan dan penghasilan yang besar. Kiprah Riezka dalam bisnisnya membuat dia pernah meraih penghargaan The Young Entrepreneur Award dan Ernst & Young Entrepreneurial Wining Women 2012.

Hamzah Izzulhaq

Pria kelahiran 26 April 1993 ini telah memiliki jiwa bisnis sejak masih kecil. Dia pernah berjualan kelereng, gambaran, koran dan bahkan menjadi tukang parkir dan tukang ojek payung. Bisnisnya saat dimulai saat Hamzah duduk di kelas 2 SMA. Ketika itu dia bertemu dengan mitra bisnisnya yang menawarkannya usaha franchise bimbingan belajar. Hamzah pun melakukan take over salah satu cabang bimbingan belajar di daerah Johar Baru dengan harga jual sebesar Rp 175 juta. Dia melakukan take over dengan modal Rp 5 juta yang dia miliki ditambah dengan Rp 70 juta pinjaman dari ayahnya dan sisa Rp 100 juta dicicil dari penghasilan setiap semester. Kini bisnisnya telah berkembang pesat.

Carline Darjanto

Carline merupakan pengusaha muda Indonesia yang sukses di bidang usaha retail dengan brand Cotton Ink. Didirikan bersama teman baiknya pada tahun 2008, Cotton Ink kini telah meraih sukses dan keuntungan yang besar dengan total produksi hingga puluhan ribu dengan keuntungan hingga ratusan juta Rupiah setiap bulannya.

Hafiza Elfira

Hafiza merupakan seorang socialpreneur yang adalah pengusaha dengan memberikan dampak sosial di sekitarnya. Bisnisnya turut memberdayakan ibu-ibu penderita kusta di Sitanala di bawah naungan Nalacity Foundation. Hafiza memberikan bekal yang positif bagi ibu-ibu tersebut dengan memberikan pelatihan dalam menjahit manik-manik pada jilbab yang ternyata hasilnya memiliki nilai jual yang bagus dan laku di pasaran. Alhasil, Nafiza mampu mendapatkan omzet hingga ratusan juta setiap bulannya.

Chasan Muhammad

Namanya mengemuka berkat kesuksesannya dalam membangun sekolah musik yang bernama Jogja Music School yang kini menjadi sekolah musik terbesar di Yogyakarta. Jogja Musik School didirikan pada tahun 2009. Seperti namanya, usaha ini bergerak di bidang pendidikan musik. Ternyata,  pendidikan kursus musik ini sangat diminati dan muridnya setiap bulan mencapai lebih dari 200 siswa. Omset pertahun yang bisa ia dapatkan dari sekolah musik ini sekitar 750 juta. Studionya ini semakin banyak dikenal oleh banyak orang.

Nama-nama pengusaha muda di atas merupakan contoh buat urbaners yang ingin membangun bisnisnya dan menjadi pengusaha di usia muda. Setiap pengusaha muda di atas tentu telah mengalami banyak rintangan dan kegagalan. Namun, langkah mereka tidak pernah berhenti untuk membangun bisnisnya hingga akhirnya dapat meraih kesuksesan. Oleh karena itu, setiap kisah perjuangan mereka bisa menjadi inspirasi buat urbaners untuk menjadi pengusaha muda Indonesia.


Sources:
cermati.com/artikel/7-profil-pengusaha-muda-dan-sukses-di-indonesia
idntrepreneur.com/7-pengusaha-muda-indonesia-sukses-memulai-bisnis-dari-nol
bisnis.liputan6.com/read/2369052/5-anak-muda-indonesia-yang-sukses-jadi-pengusaha
Access time: 28 Agustus 2017