Stay Stylish with Batik Modern - MLDSPOT
  • News
  • Stay Stylish with Batik Modern

Stay Stylish with Batik Modern

Mon, 09 October 2017

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui di industri mode internasional. Motifnya yang unik membuat batik ini dicintai oleh berbagai kalangan. Nggak hanya orang asli Indonesia yang suka dengan batik, wisatawan asing juga tertarik dengan batik, mungkin ada yang sampai sengaja membeli batik di Indonesia untuk dijadikan oleh-oleh saat mereka kembali ke negara asalnya.

Beberapa tamu kehormatan negara juga kerap memakai batik bila ada kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Selain itu, selebriti luar negeri yang bertandang ke Indonesia juga kerap mengenakan batik saat berkunjung, mereka seperti menghargai apa yang menjadi warisan budaya Indonesia.

Indonesia memiliki beberapa batik terbaik yang berasal dari beberapa daerah, salah satu motif batik terbaik Indonesia dari zaman dulu hingga sekarang ini adalah batik Solo. Terkenal dengan sungainya yang bernama “Bengawan Solo”, membuat batiknya memiliki motif khas yang menyerupai gelombang sungai Bengawan Solo.

Kemudian ada batik Banyuwangi, motif dari batik Banyuwangi ini merupakan perwujudan nilai estetika ragam hias khas Banyuwangi, nggak hanya itu, motif pada batik Banyuwangi ini juga memiliki nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat Banyuwangi. Salah satu batik Banyuwangi adalah batik Gajah Oling, motif batik ini bisa dibilang yang paling tua, filosofisnya sendiri merupakan penggambaran dari kekuatan gajah yang diwakili oleh corak menyerupai belalai yang miring alias oling. Pada saat Indonesia Fashion Week 2017, sebanyak 71 koleksi batik Banyuwangi dipamerkan oleh perancang busana Irma Lumiga.

Batik terkadang dianggap sebagai fashion yang “kaku” dan hanya digemari oleh orang tua saja atau hanya dipakai pada saat acara-acara formal saja. Namun, seiring berjalannya waktu, batik modern pun muncul dan generasi muda sekarang juga banyak yang menggunakan batik dalam kesehariannya, batik bisa menjadi fashion yang keren dikalangan anak muda Indonesia. Motifnya yang semakin modern dan cocok untuk anak muda membuat para generasi muda nggak canggung untuk menggunakan batik.

Batik modern biasanya nggak punya makna khusus dalam setiap motifnya, berbeda dengan batik tradisional yang memang memilki makna dan filosofinya tersendiri. Perbedaan lain antara batik tradisional dan batik modern adalah dalam teknik pembuatannya. Batik tradisional dibuat dengak teknik lukis atau tulis, sedangkan batik modern biasanya dibuat dengan teknik cetak atau cap. Jenis kain yang digunakan juga beragam, nggak terpaku pada satu jenis kain saja.

Batik modern juga hadir dengan model yang bervariasi, nggak hanya jadi kemeja atau kain biasa, batik modern juga hadir dalam bentuk jaket, scarf, topi, tas, dan bentuk lainnya yang membuat anak muda semakin nyaman memakainya. Bisa dibilang juga, batik sudah mulai digandrungi generasi muda karena motif atau desainnya yang kekinian dan “anak muda” banget.

“Menurut gue karena fashion items makin banyak, bahan batik jadi seru banget buat dipakai, seperti scarf, headscarf dan perintilan fashion pendukung lainnya. Apalagi makin ke sini banyak brand-brand yang mulai berani mengeksplor bahan batik jadi baju yang design-nya kekinian, bikin kita makin percaya diri buat pakai batik karena modelnya nggak itu-itu aja”, tutur Atjil Aynna yang merupakan seorang fashion blogger.

Salah satu musisi ternama Indonesia, Iga Massardi (vokalis band Barasuara) juga nggak canggung untuk selalu menggunakan batik dalam setiap performnya, bahkan batik sudah menjadi ciri khas dari Iga Massardi kalau lagi di atas panggung. Secara nggak langsung, Iga seperti memberitahukan bahwa batik bukanlah fashion yang “kaku lagi”, batik akan terlihat menarik ketika kita percaya diri memakainya.

Congrats, Bro! Ini Deretan Pemenang Video Competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE !

Wed, 30 September 2020
pemenang dari video competition MLDSPOTNEWNORMALRIDE

Gue sudah bilang berulang kali bro sama lo kalau @mldspot pastinya nggak pernah main-main soal video competition. Seperti video competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE – sekarang gue sudah punya tiga pemenangnya.

Sebelumnya, congrats buat lo semua yang bakal gue mention di bawah ini – lo berhasil membuktikan kalau keadaan seperti ini, tidak membuat lo semua berhenti untuk menjadi kreatif dan produktif. Terbukti dari berbagai video yang begitu menarik, lo semua benar-benar kreatif, bro!

#MLDSPOTNEWNORMALRIDE – memang menjadi ajang buat lo semua yang sedang menggeluti tren gowes, untuk membuat cerita yang begitu menarik dan disubmit ke @mldspot – sekali lagi bro, ini jadi acuan kalau diri lo bisa selalu kreatif dan produktif #MauLagiDimanapun dan kondisi seperti apapun.

Respect buat lo semua yang sudah submit videonya ke gue. Buat lo yang belum menang – tenang, sans saja bro – karena @mldspot nggak berhenti sampai #MLDSPOTNEWNORMALRIDE saja. Masih ada tantangan-tantangan seru, terkait video competition lainnya yang bakal digelar sebentar lagi.

Buat lo yang belum menang – lo bisa ikutan video competition berikutnya ini. Kalau lo penasaran apa video competition selanjutnya – jangan lupa terus ikuti @mldspot biar lo tahu update terbaru dari gue.

Tanpa panjang lebar lagi, gue respect sama lo semua yang sudah submit – sekali lagi, karya-karya lo luar biasa. Tapi tiga orang ini yang benar-benar memenuhi kriteria para juri buat #MLDSPOTNEWNORMALRIDE ini.

Congratulation buat:

  • @maulanarawks
  • @dr_7ey
  • @karismodityo

 

Tiga orang di atas adalah pemenang dari #MLDSPOTNEWNORMALRIDE kali ini – respect buat semuanya ya! Sekali lagi, selamat bro-bro yang sudah gue mention di atas – lo menang video competition dari @mldspot #MLDSPOTNEWNORMALRIDE kali ini!

Nah, buat lo yang belum menang – seperti yang sudah gue bilang di atas – sans saja bro. Karena bakal ada video competition dengan tema lainnya yang nggak kalah seru, yang nggak kalah memacu lo untuk terus kreatif dan produktif.

Lo bisa terus update semuanya di website ini, atau langsung gas saja ke @mldspot – buat tahu update terbaru dari gue. Bro, biar makin semangat lagi buat ikutan video competition yang akan datang, gue ingetin lagi kalau masih banyak hadiah menarik sampai voucher blilbli.com yang bernilai JUTAAN RUPIAH!

Bro, jangan lupa buat ikutan lagi ya!