Apa yang Bisa Kita Ciptakan dari Limbah Kayu? - MLDSPOT
  • News
  • Apa yang Bisa Kita Ciptakan dari Limbah Kayu?

Apa yang Bisa Kita Ciptakan dari Limbah Kayu?

Sat, 03 August 2019
Apa yang Bisa Kita Ciptakan dari Limbah Kayu?

Ada banyak pilihan aksesoris di luar sana yang bisa menunjang penampilan keren lo, Urbaners! Tapi sesekali memilih produk yang ramah lingkungan, boleh lho. Salah satunya dengan membeli aksesoris yang terbuat dari bahan daur ulang, seperti karya Mad_WoodLtd. Apa saja keunggulan dari aksesoris Mad_WoodLtd yang terbuat dari kayu bekas ini? Langsung aja cek kisahnya di sini!

 

Tertarik dengan Kacamata Kayu

Dimulai dari ketertarikannya pada aksesoris kayu, Sumardi pun menciptakan Mad_WoodLtd

Ide untuk membuka usaha ini terlintas di pikiran Sumardi, owner dari Mad_WoodLtd, setelah melihat berbagai aksesoris kayu di internet. Saat itu Sumardi ingin membeli aksesoris kayu tersebut, tapi sayang harganya sangat mahal. Akhirnya di tahun 2016, Sumardi pun mulai mendirikan Mad_WoodLtd yang fokus membuat berbagai aksesoris berbahan kayu.

Nama Mad_WoodLtd diambil dari kata plesetan dari made (membuat) dan wood (kayu). “Jadi, artinya ini adalah usaha membuat kayu. Sedangkan Ltd adalah singkatan dari Limited karena barang yang aku produksi masih terbatas,” jelas Sumardi.

Salah satu keunggulan Mad_WoodLtd adalah bahan dasar produknya yang berasal dari kayu daur ulang. So, semua aksesoris yang dibuat brand ini sudah pasti produk ramah lingkungan, Urbaners! “Ada beberapa alasan yang membuat aku memilih menggunakan bahan daur ulang. Pertama, bahannya mudah dicari. Kedua, kita juga mengurangi limbah industri sehingga bisa ikut melestarikan alam,” lanjutnya.   

 

Memproduksi Semuanya Sendiri

Semua aksesoris dari Mad_WoodLtd dipilih dan dibuat secara seksama oleh Sumardi

Modal utama Sumardi untuk memulai bisnis Mad_WoodLtd ini adalah kreativitas, Urbaners. Soalnya semua aksesoris di sini merupakan hasil karyanya sendiri. Mulai dari desain hingga proses pembuatannya, semua dilakukan sendiri oleh pria berusia 23 tahun ini.

Bahan-bahan dasar pembuatnya berasal dari kayu bekas skateboard serta kayu solid lokal berjenis sonokeling, jati, dan sawo. Kayu dari papan bekas skateboard ini didapat Sumardi dari anak-anak komunitas skaters. Cara mendapatkannya bukan cuman dibeli, tapi bisa juga dengan cara menukarnya dengan produk Mad_WoodLtd. Lumayan kan,  para skateboarder ini bisa ikut daur ulang sambil dapat aksesoris keren!

Untuk kayu solid lokal didapat Sumardi dari perusahaan penggergajian kayu atau sisa produksi pabrik usaha kayu. Terbukti deh, kalau lo bisa dengan mudah mendapatkan bahan untuk bikin produk daur ulang. Bahkan bahan daur ulang ini bisa menekan biaya produksi karena biasanya harganya lebih murah.  

Kayu solid jenis sonokeling, jati, dan sawo sebagai bahan dasar pun bukan sembarangan dipilih Sumardi. Menurutnya, kayu jati dipilih karena mudah didapat, sedangkan sonokeling dan sawo karena teksturnya bisa disesuaikan dengan gaya customer. Kayu sonokeling ini cocok untuk lo yang suka nuansa kalem, tapi tetap bold. Kalau kayu sawo, lebih tepat buat lo yang suka warna lebih soft.

 

Limited Edition Product

Karena keunikannya, kacamata dari Mad_WoodLtd dicari oleh banyak orang

Selain eco-friendly, keunggulan dari produk Mad_WoodLtd adalah limited edition, alias jarang ada yang punya. Artinya, aksesoris ini nggak pasaran dan lo nggak perlu khawatir ada banyak orang pakai barang yang sama dengan punya lo. “Aksesoris Mad_WoodLtd adalah produk handmade dan dikerjakan based on request, jadi sudah pasti diproduksi terbatas di setiap desainnya,” kata Sumardi.

Aksesoris Mad_WoodLtd terdiri dari kacamata, jam tangan, cincin, keychain, dan pernak-pernik customized berdasarkan permintaan customer. “Produk yang paling laris sih, kacamata. Mungkin karena bahannya kayu jadi terkesan unik dan berseni kalau dipakai. Selain itu, bahan kayu juga gampang dibersihkan dan awet,” ujar Sumardi.

Cocok banget nih, buat Urbaners yang ingin tampil edgy dan nggak mau repot-repot merawat aksesoris. Rentang harga untuk aksesoris kacamata dan jam tangan mulai dari Rp375 ribu sampai Rp450 ribu saja, kok. 

Untuk penjualannya, Sumardi akan membuat katalog dari desain yang disediakan. Nantinya, customer bisa memilih aksesoris dari desain yang sudah ada atau customized sesuai keinginan. Desain dari Mad_WoodLtd juga terinspirasi dari alam, lho. Ada beberapa katalog yang bertema gunung dan pantai, seperti desain tema Sabana, Edelweiss, Alpine, ataupun Ombak. Jadi, semua tergantung pilihan lo, Urbaners. Lo termasuk anak pantai atau anak gunung?

 

Keinginan untuk Memperluas Pemasaran

Aksesoris lain yang juga menarik minat para pelanggan

Saat ini semua produksi Mad_WoodLtd dilakukan Sumardi di kota tempat tinggalnya, Sukoharjo, Jawa Tengah. Namun, pelanggan setia brand ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali, Batam, Aceh, dan Jawa. Pemasaran Mad_WoodLtd baru dilakukan lewat online, yaitu melalui akun Instagram-nya Mad_WoodLtd dan lewat e-commerce.

Makanya, Sumardi ingin banget memperluas pemasaran dengan cara ikut pameran atau buka toko offline supaya brand Mad_WoodLtd makin kuat dan dikenal luas.

“Aku juga ingin mengadakan partnership untuk pemasaran produk Mad_WoodLtd. Karena agar produk kita makin dikenal, harus banyak bergaul sama komunitas, terutama yang sejalur dengan konsep usaha kita,” aku Sumardi. Nah, apakah Urbaners berminat untuk mencoba bisnis produk daur ulang yang eco-friendly?

Congrats, Bro! Ini Deretan Pemenang Video Competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE !

Wed, 30 September 2020
pemenang dari video competition MLDSPOTNEWNORMALRIDE

Gue sudah bilang berulang kali bro sama lo kalau @mldspot pastinya nggak pernah main-main soal video competition. Seperti video competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE – sekarang gue sudah punya tiga pemenangnya.

Sebelumnya, congrats buat lo semua yang bakal gue mention di bawah ini – lo berhasil membuktikan kalau keadaan seperti ini, tidak membuat lo semua berhenti untuk menjadi kreatif dan produktif. Terbukti dari berbagai video yang begitu menarik, lo semua benar-benar kreatif, bro!

#MLDSPOTNEWNORMALRIDE – memang menjadi ajang buat lo semua yang sedang menggeluti tren gowes, untuk membuat cerita yang begitu menarik dan disubmit ke @mldspot – sekali lagi bro, ini jadi acuan kalau diri lo bisa selalu kreatif dan produktif #MauLagiDimanapun dan kondisi seperti apapun.

Respect buat lo semua yang sudah submit videonya ke gue. Buat lo yang belum menang – tenang, sans saja bro – karena @mldspot nggak berhenti sampai #MLDSPOTNEWNORMALRIDE saja. Masih ada tantangan-tantangan seru, terkait video competition lainnya yang bakal digelar sebentar lagi.

Buat lo yang belum menang – lo bisa ikutan video competition berikutnya ini. Kalau lo penasaran apa video competition selanjutnya – jangan lupa terus ikuti @mldspot biar lo tahu update terbaru dari gue.

Tanpa panjang lebar lagi, gue respect sama lo semua yang sudah submit – sekali lagi, karya-karya lo luar biasa. Tapi tiga orang ini yang benar-benar memenuhi kriteria para juri buat #MLDSPOTNEWNORMALRIDE ini.

Congratulation buat:

  • @maulanarawks
  • @dr_7ey
  • @karismodityo

 

Tiga orang di atas adalah pemenang dari #MLDSPOTNEWNORMALRIDE kali ini – respect buat semuanya ya! Sekali lagi, selamat bro-bro yang sudah gue mention di atas – lo menang video competition dari @mldspot #MLDSPOTNEWNORMALRIDE kali ini!

Nah, buat lo yang belum menang – seperti yang sudah gue bilang di atas – sans saja bro. Karena bakal ada video competition dengan tema lainnya yang nggak kalah seru, yang nggak kalah memacu lo untuk terus kreatif dan produktif.

Lo bisa terus update semuanya di website ini, atau langsung gas saja ke @mldspot – buat tahu update terbaru dari gue. Bro, biar makin semangat lagi buat ikutan video competition yang akan datang, gue ingetin lagi kalau masih banyak hadiah menarik sampai voucher blilbli.com yang bernilai JUTAAN RUPIAH!

Bro, jangan lupa buat ikutan lagi ya!