Home Scoop Art Merchandise Kian Berkembang di Indonesia
Art Merchandise Kian Berkembang di Indonesia

Art Merchandise Kian Berkembang di Indonesia

Wednesday, September 4, 2019 - 16:38
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kini para seniman tidak lagi berlomba-lomba untuk berkarya melalui medium lain, salah satunya art merchandise. Dimana karya seni mereka dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk branding karya seni seseorang ataupun studio seni itu sendiri. Inilah yang dibahas pada MLDSPOT TV x NET Season 4 Episode 8 yang mengangkat tema "Art To Wear", dimana lo bisa mendapatkan rekomendasi mulai dari produk sampai tempat yang bisa lo kunjungi untuk hunting art merchandise! Check this out!

 

Wulang Sunu: Keluar Untuk Menjadi Yang Baru

 Keluar Untuk Menjadi Yang Baru

Meninggalkan sesuatu yang sudah biasa, untuk melangkah ke hal baru tanpa tahu ada apa di depan, itulah yang dilakukan oleh Wulang Sunu. Seniman asal Yogyakarta ini berani meninggalkan dunia Papermoon Puppet Theater yang sudah menjadi keluarganya selama kurang lebih 7 tahun untuk menemukan banyak kemungkinan baru dan berkarir secara mandiri. Benar saja, kini ia join dengan Studio Batu, Wulang tidak hanya produksi sesuatu bersama seniman yang tergabung lainnya, tetapi juga menuangkan sisi idealisme saat menjadi art merchandiser Milof & Milord™. Jenis-jenis merchandise yang dihasilkan meliputi T-Shirt, picture book, tote bag, dan masih banyak lagi. Berbagai item itu nggak semata-mata hasil karya Wulang bersama Studio Batu, tapi ada pula yang turut melibatkan pihak lain. Seperti Wulang yang berkolaborasi dengan Greenhost untuk perayaan 4 tahun berdirinya hotel.  Nggak bisa dipungkiri, apa yang dilakukan Wulang sekarang jelas dapat mengarahkannya menuju karir yang menjanjikan.

 

Nasi Goreng Diplomacy: Tempatnya Para Seniman Memperkenalkan Karyanya

 Tempatnya Para Seniman Memperkenalkan Karyanya

Satu lagi dari Yogyakarta yakni Nasi Goreng Diplomacy (NGD) yang merupakan sebuah kolektif seni unik untuk membantu para seniman dalam membuat dan memasarkan art merchandise dengan menggunakan desain mereka.Terkait pemilihan nama “Nasi Goreng”, menurut Dicto alasannya karena nasi goreng telah menjadi makanan khas Indonesia yang memiliki banyak variasi namun tetap bisa dinikmati oleh siapapun dari berbagai kalangan. Sama seperti filosofi mereka yang ingin seni bisa dinikmati oleh semua orang. Sejauh ini, ada empat seniman yang secara khusus diwakili oleh NGD. Mereka adalah Eddi Hara, Heri Dono, Roby Dwi Antono, dan Ronald Manullang. Untuk jenis produknya, NGD antara lain menyediakan berbagai pilihan fashion items, household items, toys, literatures, dan F&B souvenirs. Nggak hanya produk, NGD tempat bersantai untuk mengobrol dan membaca buku seni. Tertarik untuk kesini, Urbaners?

 

Lit Necessary: Mewujudkan Sneakers Impian Lo

 Mewujudkan Sneakers Impian Lo

Jenis art merchandise apa yang paling lo suka, Urbaners? Salah satu produk yang favorit adalah sneakers. Selain dapat digunakan sehari-hari, gambar customade akan membuat lo percaya diri dalam melangkah. Nah, lo bisa berkenalan dengan Lit Necessary yang merupakan penyedia jasa custom painting asal Magelang yang berdiri pada 2018. Untuk produk yang ditawarkan, bisa dibilang Lit Necessary lebih condong ke custom painted sneakers. Salah satu karyanya yang paling mencuri perhatian adalah Basic Vans Slip On Japan Market dengan artwork bertema “Culture and Vibes”. Nggak hanya sneakers, Lit Necessary juga dapat custom produk lain seperti helm, denim jacket, bucket hat, hingga skateboard. Kira-kira produk apa yang lo mau custom, Urbaners?

 

Nah, kalau lo tertarik dengan content inspiring lainnya jangan lupa menontonnya di NET. setiap hari Minggu pukul 22.00 WIB. Nantinya juga akan ada performance dari musisi-musisi Indonesia, dan kuis yang berhadiah total jutaan rupiah! Stay tuned and get yourself inspired!