• News
  • Indonesia adalah inspirasi terbesar Seorang Marischka Prudence

Indonesia adalah inspirasi terbesar Seorang Marischka Prudence

Mon, 23 April 2018
Indonesia adalah inspirasi terbesar Seorang Marischka Prudence

'Traveling membantu mempererat komunitas dan membuat jaringan baru', itulah yang dirasakan Marischka Prudence saat mengeksplorasi destinasi baru, khususnya di Indonesia. Bagi wanita yang akrab dipanggil Pru ini, traveling bukan hanya menghilangkan penat, tapi bagaimana pola pikir dan sudut pandang dapat berubah menjadi lebih baik. Itulah salah satu alasan mengapa ia nekat melepas pekerjaan 'pasti'-nya dan fokus menjadi seorang Travel Blogger.

 

Keluar dari dunia perkantoran dan fokus nge-Blog

Sejak awal Marischka Prudence bekerja dibidang tulis menulis. Bekerja pada salah satu stasiun TV swasta sebagai produser dan juga script writer, membuatnya tidak fokus pada Blog pribadinya yang sudah ada sejak 2010. Pada saat itu, Marischka Prudence memang bekerja di program jalan-jalan. Sempat menjadi host pada acara tersebut membuatnya memiliki banyak kesempatan ke destinasi menarik bahkan mendapatkan diving license. Liputan kesana-kemari Marischka Prudence sering dimintai tolong oleh teman-temannya sesama media untuk mengisi slot artikel tentang scuba diving ataupun seputar traveling di majalah-majalah. Saat itulah Pru merasa ada sensasi dan kepuasan tersendiri saat sharing pengalamannya through writing.

Mulai aktif update Blog-nya lagi pada tahun 2011, setahun berikutnya, Pru memutuskan untuk resign untuk fokus menjadi full-time blogger dan sharing pengalaman-pengalamannya menakjubkannya dengan orang banyak. Dan benar saja, sejak keluar dari dunia perkantoran ia malah memiliki kesempatan diving dan jalan-jalan lebih banyak.

 

Because sharing is caring

Saat itu travel blogger bukanlah sebuah profesi yang diakui, bahkan belum banyak yang terjun dibidang ini. beruntungnya, Pru yang memiliki background bekerja di media sangat membantu profesinya saat itu. Nama Pru mulai dikenal oleh masyarakat dan tulisannya selalu menjadi referensi para traveler untuk membuat itinerary jalan-jalannya. Tapi achievment yang membanggakan bagi dirinya adalah, saat tulisannya mengubah sesuatu menjadi lebih baik bagi masyarakat sekitar.

Salah satu contohnya adalah saat ia ke Pulau Weh, Pru menorehkan pengalamannya di pulau kecil tersebut pada thread blog-nya secara detail, mulai dari budget, destinasi, penginapan sampai nomor kamar yang ditinggalinya. Setelah beberapa saat, anak dari pemilik penginapan menghubungi Pru untuk mengucapkan terima kasih. Karena sejak Pru memuat penginapan tersebut di Blog-nya, penginapan tersebut selalu ramai pengunjung, dan kamar yang ditinggali Pru tidak pernah kosong.

"Dari apa yang kita tulis membuat orang yang membaca senang dan juga berpengaruh pada pelaku usaha di pelosok daerah", Ujar Pru.

 

Arti traveling bagi Marischka Prudence

Trend traveling di Indonesia itu berpengaruh banget bagaimana komunitas daerah terbentuk sehingga orang saling terkoneksi. Maksudnya adalah, kalau dulu jalan-jalan kita hanya mendatangi suatu daerah yang dianggap unik, selesai, lalu kembali ke kota asal. Kalau sekarang, mau trip ke suatu tempat, pasti mencari orang lokal sana sehingga bertemu komunitas baru disana. Seperti Pru yang sekarang juga menggemari free-diving, ia akan mencari komunitas free-dive yang ada di daerah tersebut.

Tidak hanya itu saja, banyak banget yang Pru temukan saat traveling khususnya di Indonesia yang dapat mengubah pola pikir dan cara pandang terhadap lingkungan sekitar baik itu alam, ataupun sosial antar masyarakat menjadi lebih positif lagi. Serta menaikkan level toleransi yang sudah menipis khususnya bagi masyarakat kota besar.

 

Arti Indonesia bagi seorang Marischka Prudence

Saat berbicara tentang inspirasi, menurut Pru, sebuah inspirasi adalah suatu elemen yang membuat manusia lebih 'hidup'. Bayangin kalau tidak memiliki inspirasi, kita akan menjadi manusia yang ‘kosong’. Inspirasi memiliki arti yang luas, tapi bukan berarti harus besar. Sekecil apapun yang dilakukan pasti harus memiliki inspirasi, lebih ke dorongan yang membuat manusia memiliki semangat dalam melakukan sesuatu.

Nah, bagi Pru pribadi, inspirasinya selama ini adalah Indonesia. Mungkin terdengar naif, tapi memang benar adanya. Meskipun Pru memang lahir dan tinggal di Indonesia, tapi ia merasa perubahan hidupnya setiap detik sangat ditentukan dengan apa yang dimiliki oleh Indonesia. Dalam arti kata keseluruhan mulai dari keindahan alamnya, culture-nya dan juga orang-orang yang ditemui saat bepergian. Itulah hal yang selalu berhasil menginspirasi seorang Marischka Prudence.

 

Bantu Marischka Prudence mencari destinasi baru

Destinasi di Indonesia tidak ada habisnya, meskipun bepergian sudah jadi makanan sehari-hari Pru, ia mengaku masih banyak banget destinasi khususnya Indonesia yang belum terjamah olehnya seperti Biak, Nabire ataupun pulau-pulau di pelosok lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini, Pru yang merupakan salah satu kurator MLDSPOT Content Hunt Season 2 ingin meminta bantuan Urbaners untuk memberitahukan destinasi yang menurut lo oke banget untuk di eksplorasi. Tidak harus yang benar-benar baru ataupun mahal, finding the other site of the place sehingga menimbulkan mind-blowing baik bagi yang belum pernah kesana ataupun sudah. Dan buat lo yang terpilih berkesempatan untuk jalan-jalan bersama Pru dan Kurator lainnya ke Raja Ampat!

Melihat Lebih Luas Dunia Menyelam yang Tidak Hanya Itu-itu Saja

Wednesday, February 12, 2020 - 13:44
Dua penyelam sedang sweeping di bawah laut untuk mengumpulkan sampah

Tidak ada yang menandingi keindahan bawah laut Indonesia. Setuju nggak, Urbaners? Namun salah satu objek wisata utama tersebut juga mengundang efek negatif, yakni sampah. Tidak hanya di tepi pantai, tetapi juga dasar laut. Melihat kondisi tersebut, para divers di Indonesia tidak tinggal diam. Seperti Divers Clean Action yang kerap sweeping kebersihan bawah laut Indonesia. Inilah salah satu yang digali lebih dalam di MLDSPOT TV Season 5 Episode 13. Dengan tema "Beyond Diving". Lo akan menemukan banyak fakta dibalik olahraga selam tersebut. Ssst.. ada juga ulasan tentang mermaid cantik yang menekuni dunia freediving, lho!

 

Divers Clean Action: Solusi Para Penyelam Akan Sampah Laut

Divers Clean Action: Solusi Para Penyelam Akan Sampah Laut

Sampah merupakan salah satu masalah utama di Indonesia. Nggak hanya di darat, tetapi juga dasar laut. Menanggapi hal ini, para divers tidak mau berdiam diri. Seperti aksi nyata Divers Clean Action, sebuah LSM dan komunitas anak muda yang berfokus pada masalah sampah laut. Kepedulian mereka terhadap laut membuat diving nggak terbatas pada kegiatan hiburan dan olahraga saja.

Secara aktif, mereka mengajak warga lokal pesisir beserta masyarakat umum untuk memerangi sampah lautan. Kegiatan pembersihan rutin yang dilakukan juga tidak hanya satu tempat, Urbaners, Divers Clean Action juga menyeleksi 70 volunteers per tahunnya dengan memberikan dana untuk mengembangkan program pembersihan laut di daerah masing-masing. Organisasi satu ini juga rajin 'bersuara' diberbagai seminar, workshop & konferensi seperti Youth Marine Debris Summit (IYMDS) 2017, YSEALI Marine Debris Expedition 2018, dan Our Ocean Youth Leadership Summit 2018 untuk menyampaikan visi misi mereka ke masyarakat luas.

 

Nikita Fima: Freediving Mengajarkan untuk Melepaskan Yang Tidak Perlu

Nikita Fima menggunakan t-shirt merah mertuliskan "Freediving Society"

Mermaid doesn't exist! Sepertinya kalimat sudah tidak valid lagi. Karena Nikita Fima seorang freediver wanita Indonesia ini memiliki keseharian menjadi mermaid atau freediver. Wanita cantik satu ini tidak menyangka akan menghabiskan hidupnya under the sea. Sebelum fokus di freediving, Nikita sebenarnya sudah sempat mencoba peruntungan di berbagai bidang lainnya, tetapi ia mengaku, dunia freedive membuat hidupnya lebih simpel dan menantang secara bersamaan. Nikita mengakui kalau bukan hanya kesehatannya saja, tapi cara pandang hidupnya juga ikut berubah karena pengajaran dan teknik pernapasan freediving. Nikita juga kerap mengikuti kompetisi seperti Indonesia Apnea Competition (IAC) dan Sabang International Freedive. Ajang IAC menjadi yang paling berkesan baginya, soalnya kenekatannya kala itu justru membuatnya menyabet gelar juara untuk 6 kategori. Dan sekarang, ia menekuni dunia tersebut dengan menjadi professional mermaid di Jakarta Aquarium, Neo Soho Mall dan juga membuka Jakarta Mermaid School yang merupakan sekolah mermaid berlisensi pertama di Indonesia.