Home Scoop Ini Dia Konsep Out Of The Box MLDSPOT Art & Sound Experience Di JJF 2019

Ini Dia Konsep Out Of The Box MLDSPOT Art & Sound Experience Di JJF 2019

Thursday, February 21, 2019 - 18:47
Bagikan
Facebook Twitter Email

Suka bingung nggak sih, mau ngapain ya kalau sedang menunggu schedule musisi tampil? Nah, hal ini nggak akan terjadi di Jakarta International Java Jazz Festival 2019, Urbaners! Karena banyak banget aktivitas yang menarik dan tentunya jadi spot instagramable! Salah satunya adalah MLDSPOT Art & Sound Experience yang sudah langganan meramaikan Jakarta International BNI Java Jazz Festival setiap tahunnya. Kira-kira art instalasi seperti apa ya yang akan dibuat tahun ini?

 

Art Instalasi Penuh Makna

MLDSPOT Art & Sound Experience adalah sebuah instalasi yang menggabungkan visual, musik dan juga teknologi. Nggak cuma bisa dinimakti dengan indra pengelihatan, tetapi yang datang juga bisa berpartisipasi dalam art instalasi tersebut. MLDSPOT Art & Sound Experience ini bisa memberikan pengalaman ruang yang unik untuk para pengunjung. Nggak cuma itu saja, setiap elemen pada art instalasi ini juga punya makna tersendiri. Sehingga tanpa disadari, dengan art instalasi ini, pengunjung juga diberikan asupan pengetahuan baik seni rupa, musik ataupun masa kejayaan Indonesia pada dunia seni zaman dahulu.

 

Hasil Kolaborasi Handoko Hendroyono Dan Seniman Indonesia

Flashback sedikit, buat lo yang belum tahu, ini adalah tahun ke-4 MLDSPOT Art & Sound Experience meramaikan Jakarta International BNI Java Jazz Festival. Art instalasi ini selalu membuat konsep yang out of the box. Bagaimana tidak, Handoko Hendroyono yang merupakan konseptor dari MLDSPOT Art & Sound Experience ini selalu menggandeng seniman-seniman luar biasa. Pada tahun 2016, Handoko berkolaborasi dengan Darbotz dan seniman lainnya membuat instalasi interaktif sekaligus happening art dimana para visual artist-nya akan mendemonstrasikan secara langsung proses mural di bilah-bilah labirin. Mural tersebut dikerjakan bersama tanpa diskusi, hal ini sengaja untuk menggambarkan karakteristik jazz yang bebas, tanpa aturan baku, penuh improvisasi namun tetap harmonis.

Pada 2017, Handoko Hendroyono juga membuat geger dengan adanya robot gurita raksasa di tengah Jakarta International BNI Java Jazz Festival. Bersama Saftari Robotic, ia membuat inovasi robot raksasa yang dapat bergerak sesuai dengan irama lagu. Ini tentunya menjadi bahan perbincangan pengunjung yang datang dan tentunya menjadi spot favorit untuk berfoto. Nggak cuma robot raksasa, ada juga interactive proximity wall yang seru banget, Urbaners!

Lompat ke 2018, bersama Keris Kwan, dan Gardu House seniman satu ini membuat art instalasi berbentuk pool dengan karet warna-warni sebagai dindingnya. Jika lo masuk ke art instalasi tersebut, seperti masuk ke dalam lorong waktu dan memasuki dunia yang berbeda. Nggak cuma itu, di dalamnya

terdapat silent disco bersama David Tarigan sebagai music selector yang memberikan pengunjung lagu-lagu kejayaan di masa lampau bahkan ada suara siaran RRI yang millenials belum tentu pernah mendengarnya.

 

Membuat Sesuatu Dengan Rotan

Kira-kira art instalasi seperti apa ya yang akan dibuat tahun ini? Nah, ada sedikit bocoran nih, Urbaners. Pada Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019 nanti, Handoko Hendroyono masih bersama Keris Kwan akan membuat sesuatu yang berbahan dasar rotan. Dan yang lebih spesial lagi, pencetus ide konsep yang bernama Hela Rotane ini datang dari Glenn Fredly lho, Urbaners! Instalasi sebesar 10x20 ini akan dibantu oleh Abie Abdillah yang merupakan designer furniture rattan yang pastinya akan membuat art instalasi ini keren banget! Eits, belum selesai, bukan MLDSPOT Art & Sound Experience namanya kalau tidak ada unsur musiknya, bersama Dua Sejoli sebagai music selector, lo akan mendengarkan musik classic era 1950-an sampai kurun waktu 1980-an.

 

Kalau lo penasaran bagaimana bentuk Hela Rotane ini nantinya, langsung saja datang ke MLDSPOT Art & Sound Experience di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019 nanti! Ssstt.. akan ada banyak hadiah yang bisa lo dapatkan mulai dari merchandise eksklusif, voucher belanja sampai jam tangan dari Lima! See you there, Urbaners!