Home Scoop Menikmati Kopi Tepi Sawah di Coffee by Mountain Merch Jogja

Menikmati Kopi Tepi Sawah di Coffee by Mountain Merch Jogja

Sunday, September 29, 2019 - 16:36
Bagikan
Facebook Twitter Email

Hi, Urbaners! Bosan dengan suasana kota yang sibuk dan penuh kemacetan setiap hari? Butuh refreshing sejenak dan menepi dari rutinitas kota yang serba cepat? Buat lo yang tinggal di Jogja atau sedang berlibur dan bosan main ke tempat yang itu-itu aja, lo bisa menepi ke The Mountain Merch Co. yang terletak di Jalan Umbul Permai, Sleman, Yogyakarta.

Tempat nongkrong yang cozy dan sangat menyatu dengan alam ini bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor, hanya sekitar 25 menit dari Stasiun Yogyakarta. Perjalanan lo akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan hamparan sawah sekaligus kehangatan suasana camping. Ini dia ulasan menarik dari Coffee by Mountain Merch, Urbaners!

 

Suasana Ngopi Tepi Sawah

Iyan, pemilik kafe mungil ini mengatakan bahwa dirinya menemukan lokasi untuk offline store The Mountain Merch Co. ini secara kebetulan. Brand The Mountain Merch Co. yang menyediakan merchandise untuk pecinta alam sebenarnya sudah dipasarkan secara online sejak tahun 2015. Setelah berjalan beberapa tahun, muncul keinginan dari pemilik brand ini untuk mengembangkan bisnisnya dengan menghadirkan toko fisik.

 ig @c.x.m.m)

Semula, ia hanya ingin membuat offline store berbentuk mountain cabin sederhana sesuai dengan tema alam dan pendaki gunung. Dengan bantuan dari temannya, terwujudlah mountain cabin mungil yang jarang ditemukan di Indonesia, disertai dengan bar kopi kecil di sampingnya. Akhirnya, di bulan Oktober 2018, Iyan dan Fata resmi membuka offline store baju dan perlengkapan mendaki dari The Mountain Merch Co., sekaligus tempat ngopi yang diberi nama Coffee by Mountain Merch (C.X.M.M).

Suasana nongkrong di C.X.M.M terbilang cukup unik dibanding dengan kafe atau kedai kopi lainnya. Tempat yang nggak terlalu besar, desain homey, serta pemandangan langsung ke sawah memberikan C.X.M.M daya tarik tersendiri. Awalnya, tempat ini diperkirakan akan diramaikan oleh pendaki gunung yang berkumpul. Namun, dalam perjalanannya, cukup banyak kalangan umum yang merindukan suasana alam yang datang untuk mengabadikan gambar atau sekadar menikmati suasana alam yang menenangkan.

Kalau lo menyukai suasana alam bebas, lo pasti happy banget sejak pertama menginjakkan kaki di C.X.M.M. Tempat ngopi yang buka dari jam 4 sore sampai 11 malam ini menawarkan keindahan pemandangan senja sore dan sawah. Lo bisa mampir kapan aja lo merasa lelah dengan pekerjaan kantor, kemacetan kota, atau rutinitas harian yang membosankan.

Setelah menikmati matahari tenggelam, lo bakal menemukan nuansa camping di alam terbuka. Nggak hanya itu aja, keberadaan mountain cabin yang adalah offline store dari The Mountain Merch Co. di belakang bar kopi juga bakal menarik lo masuk ke suasana hutan atau pegunungan. Ditambah dengan bendera ala pendaki gunung, tempat yang satu ini benar-benar pas buat lo dan teman-teman pecinta alam untuk sedikit melepaskan kerinduan dan merasakan atmosfer saat berkumpul di gunung.

 

Melestarikan Alam dengan Zero Waste

Sebagai pecinta alam, Iyan mengaku prihatin dengan krisis perubahan iklim serta kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini. Berawal dari keprihatinan tersebut, ia memutuskan untuk meminimalisir penggunaan plastik dan mendukung gerakan zero waste di The Mountain Merch Co. dan C.X.M.M. Cara yang diterapkan oleh Iyan dkk pun cukup sederhana, seperti nggak menyediakan sedotan plastik dan gelas sekali pakai yang menambah limbah plastik di Indonesia.

Botol minum dari The Mountain Merch Co. ini bisa lo gunakan untuk kopi take-away dan bisa menjadi botol minum saat berpergian

Jadi, kalau lo mau take-away minuman dari sini, lo harus membawa botol minum sendiri. Bagi lo yang nggak bawa botol, The Mountain Merch Co. menyediakan tumbler yang bisa lo gunakan untuk take-away dan setelah itu bisa digunakan lagi untuk dibawa berpergian.

 

Dari Gunung di Jepang Hingga Gunung Asing di Kosta Rika

C.X.M.M menyediakan pilihan kopi manual brew dari beberapa wilayah yang bisa disajikan panas maupun dingin. Lo bisa memilih kopi panas diseduh dengan tubruk, V60, vietnam drip, aeropress, atau kalita. Sementara untuk ice coffee, C.X.M.M menawarkan dua racikan spesial khas C.X.M.M yang ditawarkan dengan nama gunung.

Ice Japanese Fuji yang dibuat dari campuran kopi hitam dengan proses V60, irisan lemon, dan es cocok buat lo yang suka kopi dengan sensasi rasa segar

Gunung Fuji di Jepang menjadi salah satu nama gunung yang digunakan sebagai nama menu minuman spesial C.X.M.M. Buat lo yang suka dengan rasa menyegarkan dari lemon atau ingin mencoba menikmati kopi yang nggak biasa, cicipi minuman yang bernama Ice Japanese Fuji. Pertama-tama, lo bisa memilih biji kopi kesukaan, yang akan diproses dengan manual brew V60. Tetesan air dari seduhan kopi hitam V60 bakal ditampung di gelas berisi es dan irisan lemon. Hasilnya, es kopi dengan sensasi rasa lemon yang unik dan menyegarkan ini bakal bikin lo ketagihan!

Kalau Ice Japanese Fuji terlalu asing buat lo, ada juga menu bernama Ice Arenal Coffee Milk yang bisa jadi alternatif. Nggak banyak yang tahu bahwa Arenal sendiri merupakan nama sebuah gunung yang ada di Kosta Rika. Ice Arenal Coffee Milk ini sebenarnya nggak jauh berbeda dengan es kopi susu. Bedanya, C.X.M.M menambahkan gula aren untuk menggantikan gula biasa.

 ig @c.x.m.m)

Nggak suka kopi, tapi pengen nongkrong sama teman di C.X.M.M? Tenang, lo bisa menikmati teh tubruk panas atau teh rasa vanila dan leci yang disajikan dingin. Selain kopi dan teh, Urbaners juga bisa menjadikan minuman coklat sebagai pilihan. C.X.M.M juga menyediakan siomay dan brownies yang bisa dijadikan pilihan untuk teman ngopi.

Selain ngobrol dan ngopi, Urbaners juga bisa menjadikan tempat ini untuk pemotretan loh! Kalau nggak percaya, coba kunjungi Instagram @c.x.m.m untuk melihat hasil jepretan keren berlatar alam. Atau, buat lo yang berniat naik gunung, lo bisa datang langsung ke sini untuk hunting perlengkapan naik gunung yang lo butuhkan.

Yuk, kembali ke alam dan nikmati kopi tepi sawah di Coffee by Mountain Merch!