Menutup Rangkaian Tur di Rumah Sendiri - MLDSPOT
  • News
  • Menutup Rangkaian Tur di Rumah Sendiri

Menutup Rangkaian Tur di Rumah Sendiri

Thu, 02 May 2019
Menutup Rangkaian  Tur di Rumah Sendiri

Balai Resital Kertanegara di pusat kota Jakarta, tidak banyak membuka ruang untuk musik jazz. Kali ini, pintu dibuka untuk MLDSPOT Intimate Sound yang menghadirkan MonitaTahalea, Gerald Situmorang dan Sri Hanuraga.

Dari seluruh pertunjukan yang berlangsung di tur ini, Jakarta bisa jadi merupakan pertunjukan yang paling padat. Tiket terjual habis dan ruang pertunjukan terpaksa mengakomodir jumlah penonton yang melebihi kapasitas gedung. Nyaris tiga ratu orang datang menghadiri pertunjukan di rumah sendiri ini. “Ya, hari ini tiket sold out,” kata Gerald dari panggung. Segera saja riuh penonton menyambutnya.

Ketiganya masih menampilkan repertoir yang sama dengan lima kota lainnya. Penampilan di Jakarta ini, punya jeda dua hari dengan Bandung yang jadi kota sebelumnya. Raut wajah ketiganya nampak lebih segar. Bahkan Gerald Situmorang yang harus bermain di dua hari jeda tur bersama Barasuara –bandnya yang lain— pun punya kondisi yang terlihat fit. Bisa jadi, kondisi itu terjadi merespon energi yang dikirim penonton.

Reaksi penonton menjadi faktor penting yang terus menerus jadi bagian tersendiri di masing-masing kota yang disinggahi. Antusiasme yang konstan, terjadi terus menerus. Pengalaman menyaksikan pertunjukan di rangkaian tur ini, memang spesial. Ketiga musisi yang sering main bersama ini, jarang sekali melebur karya mereka masing-masing menjadi satu set kolektif yang dimainkan bersama-sama. Biasanya, mereka dipersatukan oleh set Monita Tahalea. Baik Gerald maupun Aga, memang kerapkali terlibat dalam The Nightingtale, band pendukung panggung Monita.

Menutup Rangkaian  Tur di Rumah SendiriDi setiap kota kayak ada hal baru yang didapat,” ujar Gerald tentang pengalaman bertemu dengan banyak penonton di Malang, Surabaya, Jogjakarta, Semarang dan Bandung. Di Jakarta, suasana nampak lebih rileks. Akhir tur ditutup dengan baik di rumah sendiri.

Rayakan International Jazz Day, MLDJAZZPROJECT Season 4 Tampil di Jazz Auditoria Online!

Fri, 30 April 2021
MLDJAZZProject Season 4

Para penggemar musik pastinya nggak pengen kelewatan event musik yang udah diadakan setiap tahunnya. Namun,  karena kondisi yang tidak memungkinkan , banyak event-event musik yang harus ditunda kehadirannya.

Sebagai partisipan – MLDSPOT pastinya merasakan kekecewaan yang lo rasakan nih, bro. Apalagi kehadiran MLDJAZZPROJECT yang selalu dinantikan sebagai penampil di event-event musik Jazz setiap tahunnya. Pasti lo semua juga udah kangen liat mereka manggung, kan?

Untuk mengobati kekecewaan kalian, di International Jazz Day 2021 yang jatuh di 30 April ini, MLDSPOT bakal hadirkan penampilan menarik buat lo – MLDJAZZPROJECT Season 4 bakal tampil di JAZZ AUDITORIA ONLINE 2021 bersama musisi-musisi jazz ternama dunia, bro!

Pasti udah nggak sabar banget pengen lihat performance mereka kan? Langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Tentang MLDJAZZPROJECT Season 4

MLDJAZZPROJECT Season 4

Dalam kompetisi pencarian musisi jazz muda dari berbagai daerah di Indonesia, beberapa tahun lalu MLDSPOT mengadakan event tahunan bertajuk MLDARE2PERFORM. Setiap finalis yang memenangkan event ini berhasil membentuk MLDJAZZPROJECT – hadir dari Season 1 hingga 4.

Di MLDARE2PERFORM yang diselenggarakan pada tahun 2019, terbentuklah MLDJAZZPROJECT SEASON 4 dengan personil; Puspallia (vocal), Timoti Hutagalung (drum), Yosua Sondakh (gitar), Hafiz Aga (bass), Noah Revevalin (piano) dan Anggi Harahap (wind & brass).

MLDSPOT juga mendukung perilisan album MLDJAZZPROJECT Season 4 pada akhir 2019 lalu, dengan single-nya yang berjudul “Pertama”.  Single ini merupakan aransemen ulang dari lagu Reza Artamevia yg dirilis pada akhir dekade 90-an, yang dibantu pembuatannya oleh Music Director Ronald Steven. Single ini jugalah yang  mengantarkan MLDJAZZPROJECT Season 4 dikenal oleh masyarakat secara luas, bahkan sampai masuk radio playlist, bro!

Kehadiran MLDJAZZPROJECT Season 4 di event-event ternama

Sebagai grup musik yang menjadi representasi dari MLDSPOT, MLDJAZZPROJECT Season 4 seringkali mengisi ruang-ruang musik ternama di Indonesia. Dengan membawa MLDSPOT lebih luas lagi, MLDJAZZPROJECT Season 4 berhasil dikenal oleh masyarakat sebagai grup musik jazz ternama yang ditunggu-tunggu kehadirannya di event-event musik jazz Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran MLDJAZZPROJECT Season 4 di Jazz Traffic Festival-Surabaya, Ijen Jazz Festival-Banyuwangi, Ngayogjazz, International Java Jazz Festival 2020 hingga ke kancah Internasional bekerjasama dengan Blue Note Jepang.

Perayaan Hari Jazz Internasional

Sejak tahun 2012, UNESCO menetapkan kalo 30 April diperingati sebagai Hari Jazz Internasional. Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama Institut Jazz Herbie Hancoc dan Unesco – sebagai lembaga jazz di Amerika Serikat. Perayaan ini juga bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang budaya musik jazz itu sendiri.

Sehubungan dengan hal tersebut, sejak tahun 2013 diadakan acara Watteras Special Stage di Kanda Awajicho, Tokyo. Acara yang diselenggarakan secara gratis ini diadakan sebagai bentuk pengenalan budaya musik jazz dunia.

Karena era new normal yang sudah diterapkan sejak tahun lalu, acara ini diadakan secara online dengan total 80 grup dari Jepang dan luar negeri serta dihadiri oleh 130.000 penonton dari seluruh penjuru dunia.

MLDJAZZPROJECT SEASON 4 di Jazz Auditoria Online 2021

MLDJAZZPROJECT Season 4

Tahun lalu, MLDJAZZPROJECT Season 4 berencana untuk tampil di Jazz Stage Motion Blue, Yokohama, Jepang pada April 2020.  Namun rencana itupun terpaksa ditunda karena kondisi yang tidak memungkinkan. Tapi, harapan MLDSPOT untuk menghadirkan MLDJAZZPROJECT Season 4 di panggung internasional nggak berhenti sampai di situ saja.

Di 2021 ini, MLDJAZZPROJECT Season 4 berkesempatan untuk tampil di Jazz Auditoria Online 2021, bro!

Acara yang diselenggarakan oleh Blue Note Jepang, untuk merayakan Hari Jazz Internasional 2021, merupakan salah satu event bergengsi musik jazz dunia. Jazz Auditoria Online merupakan acara tahunan Blue Note Jepang dengan melibatkan musisi-musisi Jazz ternama dari berbagai negara. Dari Indonesia sendiri, MLDJAZZPROJECT Season 4 berkesempatan untuk tampil sebagai kategori Artist Circle. Event yang diselenggarakan secara online ini bisa dinikmati oleh siapapun – termasuk lo, lewat akun Youtube resmi JAZZAUDITORIA ONLINE 2021 : channel 1 ( https://www.youtube.com/user/iobnt) pada 30 April 2021 pukul 15:30 WIB.

Buat lo yang udah kangen penampilan & dengerin lagu-lagu dari MLDJAZZPROJECT Season 4, lo harus banget nonton ini, bro – catat tanggal mainnya dan tonton performance mereka!