Home Scoop MLDJAZZPROJECT: Gerbang Awal Berkarir Di Dunia Musik
MLDJAZZPROJECT: Gerbang Awal Berkarir Di Dunia Musik

MLDJAZZPROJECT: Gerbang Awal Berkarir Di Dunia Musik

Wednesday, February 20, 2019 - 14:25
Bagikan
Facebook Twitter Email

Menjadi pemenang MLDare2PERFORM dan menjadi MLDJAZZPROJECT seperti pijakan pertama di dunia musik. Karena tidak hanya soal menang kompetisi, tetapi ajang ini juga memberikan fasilitas untuk berkembang bahkan jalan untuk mulai dikenal oleh musisi lainnya. Mulai dari manggung di banyak kota, kolaborasi, sampai berkesempatan manggung di event musik internasional. Inilah yang dirasakan oleh para personel MLDJAZZPROJECT Season 1, 2, dan 3. Mereka seperti dibukakan gerbang ke dunia yang diimpikannya selama ini sampai Michael Setiawan dari MLDJAZZPROJECT Season 1 mengibaratkan "seperti naik derajat di dunia musik."

 

Pengalaman pertama manggung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival

Mixed feeling, deg-degan, excited, bingung sampai hampir lupa lirik dirasakan oleh MLDJAZZPROJECT Season 1, 2, dan 3 saat manggung di Jakarta International Java Jazz Festival. Hal ini merupakan salah satu hadiah besarnya saat memenangkan MLDare2PERFORM kala itu. Bagaimana tidak, pertama kalinya berada di panggung besar, dengan ratusan mata menuju kearah panggung dan menunggu sebuah penampilan terbaik. Karel dari MLDJAZZPROJECT Season 1 mengaku bahwa di detik-detik terakhir tersebut, nervous baru muncul, padahal sebelumnya dibelakang panggung masih santai saja.

Pengalaman pertama manggung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival

Berbeda dengan Almira sang vokalis MLDJAZZPROJECT Season 1, saat manggung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2017, moment melihat penonton yang membeludak, sontak langsung berkata "oh shit, this is happening," sampai detik tersebut ia masih tidak percaya ada di panggung tersebut. Karena Almira mengaku bahwa ia newbie di big stage, apalagi sejauh mata memandang hanya terlihat barisan penonton. "one of the scariest moment in my life nor the most amazing feeling," ucapnya. Kejadian yang sama juga dialami oleh Hezky, saat lampu sorot menghadap ke penonton, Hezky seperti tidak percaya, dan berkata dalam hati "Akhirnya gue sampai pada titik ini," rasa tidak percaya campur senang semua menjadi satu. Kira-kira apa yang akan lo rasakan kalau ada di posisi mereka, Urbaners?

 

Unforgetable moment selama di MLDJAZZPROJECT

Selain manggung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival, banyak juga moment dan kolaborasi yang tak terlupakan bagi personel MLDJAZZPROJECT. Mulai dari manggung di Stage Bus Jazz Tour, festival jazz di berbagai kota, sampai acara-acara musik lainnya. Fauzan yang merupakan personel MLDJAZZPROJECT Season 1 mengaku kolaborasi yang tak terlupakan olehnya saat bersama Endah N Rhesa di Jazzphoria 2018. Karena menurut Fauzan, sebagai musisi yang lebih senior Endah N Rhesa cukup mengayomi dan membuat panggung terasa sangat hangat. Bahkan secara mendadak, Fauzan diberikan part solo ditengah-tengah padahal saat latihan tidak ada rencana sama sekali.

Unforgetable moment selama di MLDJAZZPROJECT

Karel juga bercerita tentang moment saat MLDJAZZPROJECT Season 1 manggung di Jazz Atas Awan di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Manggung di atas gunung dengan cuaca yang sangat dingin. Tetapi meskipun begitu, antusiasme penonton sangat tinggi, memberikan energi tersendiri bagi Karel. Hal ini membuat moment tersebut tidak bisa dilupakan hingga sekarang.

Unforgetable moment selama di MLDJAZZPROJECT

Hansen dari MLDJAZZPROJECT Season 3 juga memiliki moment favoritnya. Yakni saat manggung di Ubud Village Jazz Festival. Sebelumnya, festival tersebut memang merupakan salah satu acara jazz favorit Hansen, dan saat menjadi MLDJAZZPROJECT ia diberikan kesempatan untuk berpartispasi di acara tersebut. Vibe yang sangat mendukung membuat Hansen nggak bisa move on dari acara tersebut.

 

Dikenal musisi terkenal dengan label MLDJAZZPROJECT

Kiprah MLDSPOT mendukung jazz Indonesia, ditambah talenta luar biasa personel MLDJAZZPROJECT seperti koneksi yang terhubung dan saling menguntungkan. Sejak menjadi MLDJAZZPROJECT, mereka bertemu atau bahkan berkolaborasi dengan banyak musisi. Baik musisi jazz maupun non-jazz. Bahkan Karel sempat sharing, setelah menjadi MLDJAZZPROJECT, banyak musisi jazz yang mengenalinya dan berkata "Kamu yang personel MLDJAZZPROJECT itu kan?,". Dan hal tersebut sangat bedampak di pekerjaannya kini. Sekarang Karel pun langganan menjadi penamping para musisi Indonesia seperti Andien, Rossa, Petra Sihombing, dan masih banyak lagi.

Dikenal musisi terkenal dengan label MLDJAZZPROJECT

Michael yang juga personel MLDJAZZPROJECT Season 1 juga sepakat, karena perjalananya dari awal MLDare2PERFORM Season 1 seperti tangga, terus naik. Seperti saat menjadi MLDJAZZPROJECT Season 1, mereka berkesempatan bermain bersama musisi jazz senior Cendi Luntungan, nah, sejak saat itu, Michael ikut dalam komunitas jazz dari Cendi Luntungan, long short story, di komunitas tersebut ia ditawarkan bermain bersama Elfa's Singers di TP Jazz Bandung 2018 lalu. Terbukti meskipun beberapa tahun silam ia memenangkan MLDare2PERFORM Season 1, tetapi dampaknya masih terasa dan saling terkoneksi hingga kini bagi Michael. Ia juga mengakui menjadi MLDJAZZPROJECT Season 1 selain dikenal, juga lebih di 'pandang'. Yang tadinya dianggap anak kecil yang baru belajar musik, seiring berjalannya waktu dan pengalaman manggungnya sana-sini eksistensinya mulai diakui bahkan di cari.