• News
  • MLDJAZZPROJECT Season 3, the Next "Inspiring People"

MLDJAZZPROJECT Season 3, the Next "Inspiring People"

Wed, 07 February 2018
MLDJAZZPROJECT Season 3, the Next "Inspiring People"

Setelah terbentuk sebagai band, tantangan akan semakin besar. Inilah yang harus dihadapi MLDJAZZPROJECT Season 3.

Bayang-bayang ketenaran, manggung dari kota ke kota, sorotan media, serta fans yang kian bertambah, adalah segelintir dari sekian banyak tantangan yang tidak bisa dihindari oleh seorang musisi ataupun band.

Karena itu, band MLDJAZZPROJECT Season 3 yang terdiri atas Hansen Arief (Drum), Muhammad Rizky Abdullah (Bass), Erick Giri (Saksofon), Windy Haryadi (Vocal), Yosua (Piano), dan Hezky Joe (Gitar) harus memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi itu semua. Ini yang melatar belakangi MLDSPOT mangadakan workshop di Ecology, Senin, 29 Januari 2018.

Terdiri atas 3 sesi dengan pembicara berbeda yang ahli di bidangnya masing-masing, garis besar workshop adalah sebagai berikut:

 

The Power of Social Media

Siapa sih yang bisa lepas dari media sosial? Nggak ada! Untuk seorang musisi atau band bahkan media sosial sangat penting. Pasalnya, dengan daya share-nya yang cepat dan tak terbatas, media sosial akan menjangkau khalayak yang sangat luas.

Karena itu, hal ini dapat dimanfaatkan untuk branding band itu sendiri. Membuat konten-konten kreatif, seperti tips bermain musik, jamming, proses latihan, update manggung, hingga cover lagu di media sosial, bisa menjadikan musisi semakin dikenal dengan image yang positif.

Dengan sendirinya, “Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan fans”, ujar Ardian Atmaka, pakar digital branding yang mengisi workshop sesi pertama.

“Musisi itu ibarat Startup, jadi lo merintis diri lo supaya besar dan media sosial memungkinkan hal itu terwujud karena di sana, selain branding lo sekaligus memasarkan diri dan karya lo  ke audiens yang lebih luas.” Jadi penting banget sebuah band dan anggota-anggotanya memiliki dan aktif di media sosial. 

 

Musisi Juga Harus Bisa Akting!

Nervous dan tidak maksimal di atas panggung adalah momok menakutkan bagi seorang musisi. Tidak terbatas pada yang baru berkarier, bahkan yang sudah berpengalaman pun masih sering mengalami hal ini. Untuk menyiasatinya, menurut Frida, performing art trainer dari Prequent Production di workshop sesi kedua, seorang musisi juga harus sudah memiliki elemen-elemen seorang superstar, meski mereka masih merintis menuju ke sana.

“Seorang musisi harus bisa akting, belajar public speaking, dan interact with people”, ujarnya.

Sebagai seorang entertainer yang setiap saat harus siap menghibur orang banyak, akting sangat diperlukan untuk memperlihatkan kita baik-baik saja. “Penonton tak akan mau tahu kita sedang sakit, sedang gak mood atau gak fit, mereka maunya, dalam konteks musik, lo main bagus, mereka terhibur”

Oke, memang demam panggung akan berkurang seiring jam terbang yang bertambah. Tapi ada kalanya, banyaknya fans yang datang dan antusiasme mereka yang sangat tinggi membuat seorang musisi gemeteran di atas panggung. Imbasnya, penampilan yang tak maksimal dan ekspresi yang tertahan.

“Ini bisa disiasati dengan berinteraksi dengan mereka. Ajak mereka ngobrol, ini ampuh untuk mengurangi ketegangan yang datang tiba-tiba, seperi saat penonton yang datang di luar ekspektasi kita”

 

Jadilah Kesayangan Media!

Workshop sesi ketiga menghadirkan Ryan Kapuari atau dikenal sebagai Ryan Gaul, seorang wartawan musik senior dan pakar media. Di sesi ini, sang pembicara melontarkan berbagai pertanyaan yang biasanya sering dilontarkan wartawan musik kepada para peserta.

Pertanyaan seperti kapan band terbentuk, bercerita tentang apa single ini, apa target realistis sebagai sebagai seorang musisi, dan bagaimana pendapatmu tentang industri musik Indononesia?, harus sudah lancar dijawab oleh seorang musisi. Jangan sampai, kata dia, jawaban lo saat berhadapan dengan wartawan tidak jelas artikulasinya dan “bersayap” atau kurang jelas.

Kalau hal ini sampai terjadi, siap-siaplah dengan pertanyaan lanjutan yang lebih sulit. Untuk menyiasatinya, buat list pertanyaan sebelum bertemu media lengkap dengan jawabannya berupa poin-poin. Misalnya, untuk pertanyaan standar apa target realistis sebagai sebagai seorang musisi?

Lo bisa menjawab, “Bisa manggung di event internasional, kolaborasi, membuat single dan album sendiri, dan karya diterima oleh orang banyak”

Tidak lupa, ia juga memberi tips etika saat menghadapi wartawan, yaitu bersikap cair dan hangat, ngobrol relevan, hargai pendapat jurnalis, profesional dan antusias.

“Hindari males-malesan, cuek, ngga fokus, jutek, karena hal ini akan berpengaruh pada image lo. Jadilah kesayangan media agar mereka senang hati memberitakan diri lo secara luas, tanpa lo minta, sehingga lo dan karya lo makin terkenal dan bisa menginspirasi banyak orang”, ujarnya.

Selain bisa menghibur, seorang musisi atau band juga harus mampu menginspirasi. Baik secara individu, band, maupun karya yang dihasilkan. Harapan ini sekarang ada dipundak MLDJAZZPROJECT Season 3, termasuk MLDJAZZPROJECT Season 1 dan 2. Hibur dan berikan inspirasi sebanyak mungkin untuk para pendengar atau seluruh pecinta musik Tanah Air!

#MauLagiDimanapun - Join Video Competition Cerita Momen Gowes Lo di #MLDSPOTNEWNORMALRIDE!

Tue, 01 September 2020
join video competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah

 

Fase new normal tidak berarti membuat lo berhenti berinovasi dengan segala keterbatasan dan kebiasaan baru yang mesti lo terapkan. Justru fase new normal adalah sebuah tantangan baru buat lo untuk terus melahirkan karya yang menginspirasi banyak orang.

Bicara soal tantangan dan karya yang menginspirasi, sejauh ini sudah berapa banyak tantangan yang lo hadapi terkait fase new normal ini? Sudah ada karya apa saja yang lo hasilkan dari berbagai keterbatasan dan kebiasaan baru sekarang ini?

Eits, tidak perlu lo jawab sekarang karena sebenarnya, masih ada tantangan yang perlu lo hadapi dari MLDSPOT nih. Seperti yang sudah diberitahu beberapa waktu lalu, adanya peralihan fase dari #MumpungLagiDirumah ke #MauLagiDimanapun, tentu membawa semangat baru buat lo!

 

Fase Baru Dari MLDSPOT: #MauLagiDimanapun

Segala keterbatasan atau kebiasaan baru yang memang mau tidak mau mesti lo hadapi dan lo terapkan, ini tentu tidak jadi halangan buat lo untuk terus produktif, aktif dan tentu terus menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, #MauLagiDimanapun adalah waktunya lo bergerak maju!

Terkait dengan semangat dan tantangan baru dari #MauLagiDimanapun – MLDSPOT menggelar video competition yang akan diadakan di Instagram MLDSPOT. Seperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya, kompetisi video ini akan mengangkat tiga tema yaitu ride, homecooking dan entrepreneur.

Untuk tema pertama yang akan digelar, ride atau sepeda – jadi tantangan pertama yang bisa lo hadapi dalam waktu-waktu ini. Biar lo semakin semangat, lo bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik dan total uang jutaan rupiah! Sudah semakin nggak sabar, kan?

 

#MauLagiDimanapun – #MLDSPOTNEWNORMALRIDE

 

Tren gowes sepeda kembali muncul ke permukaan lagi terkait fase new normal ini. Hal ini berkemungkinan dikarenakan oleh sepedaan adalah salah satu jenis olahraga yang ber-social distancing. Tidak mungkin juga kalau lo gowes sepeda berdempetan dengan yang lainnya, kan?

Tren gowes ini juga diwarnai oleh banyak hal nih, salah satunya adalah sepeda fenomenal yang sempat membuat geger banyak kalangan karena harganya sempat dinilai overprice untuk sebuah sepeda. Apalagi kalau bukan Brompton.

Tapi tren gowes ini bukan hanya untuk mereka yang pakai Brompton saja, lho. Banyak sepeda-sepeda dengan merk lokal yang digunakan banyak orang. Bahkan, banyak merk lokal yang dinilai kualitasnya juga mumpuni dan tidak kalah dengan merk lainnya.

 

By the way, buat lo yang sudah lama menekuni dunia sepeda, pasti lo punya banyak cerita menarik dari hobi seru yang lo jalani ini. Misalnya, transformasi dari apa jenis sepeda lo punya di awal mulai hobi ini, sampai sepeda apa yang sekarang lo punya. Pasti di setiap perubahan itu, ada cerita menarik buat lo ceritain ke banyak orang!

Atau jangan-jangan lo pernah dapat gebetan karena sama-sama berada di toko aksesoris sepeda, nih? Atau bisa jadi lo punya cerita menarik setiap sepedaan jarak jauh, misalnya seperti menemukan hidden gem, atau apapun. Kita percaya lo punya banyak banget cerita menarik soal lo dan sepeda lo ini.

Nah, terkait dengan tren gowes sepeda, MLDSPOT dari #MulaiLagiDimanapun bisa membuat lo semakin produktif, nih. Caranya adalah dengan join video kompetisi dengan tema sepeda! Gampang banget, lho cara buat ikutannya.

Di video yang akan lo buat ini, lo tinggal rekam dan ceritakan hal-hal menarik selama lo sepedaan. Jangan lupa di dalam video tersebut, pastiin visualnya kece ya! Kita percaya sama taste visual video lo, kok! Pasti keren!

Biar makin jelas bagaimana cara buat ikutannya, lo perlu ketahui dulu terms and condition yang ada:

 

1. Peserta wajib follow IG @MLDSPOT untuk mengikuti #MLDSPOTNEWNORMALRIDE.

2. Instagram dalam keadaan tidak diprivate (lock).

3. Peserta hanya boleh submit 1 video.

4. Video submission harus menggunakan hashtag #MauLagiDimanapun dan #MLDSPOTNEWNORMALRIDE pada caption.

5. Video yang diupload wajib mention @MLDSPOT dan 3 orang teman.

6. Video berdurasi maksimal 1 menit.

7. Video submission boleh disertai narasi berupa suara ataupun hanya dengan teks tulisan.

8. Video dapat direkam menggunakan device apapun (kamera handphone ataupun kamera digital).

9. Peserta dibebaskan menggunakan software apapun dalam mengedit video.

10. Penilaian video berdasarkan kreativitas dalam bercerita yang didukung dengan pemilihan visual yang menarik.

11. Periode submission dari tanggal 1 – 15 September 2020. Peserta yang men-submit video lebih awal memiliki kesempatan menang lebih besar.

12. Video submission harus sepenuhnya footage asli milik peserta. Jika tidak dapat membuktikan keaslian footage tersebut, peserta akan didiskualifikasi.

13. Video yang mengandung unsur SARA akan didiskualifikasi secara langsung.

14. Pengumuman pemenang dapat dilihat pada IG @MLDSPOT pada tanggal 30 September 2020.

15. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Nah, dari terms and condition yang sudah ada, tentu lo sudah paham semuanya, ya. Pastikan cerita dan visual yang ada di dalam video lo itu menarik dan tentunya menggelitik para juri nih! Jadi kesempatan lo buat menang tentu semakin besar.

Bicara soal kemenangan, pasti ada hadiah yang sudah lo nanti. Di video kompetisi #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE – lo bisa memenangkan hadiah yang luar biasa menarik:

 

  • Juara 1 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 2 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 2.000.000
  • Juara 3 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 1.000.000

 

Wah bagaimana, benar-benar luar biasa kan hadiahnya? Kalau sudah begini, tidak ada alasan lagi untuk lo tidak ikutan video kompetisi #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE !

Langsung saja cek Instagram @MLDSPOT buat ikutan video kompetisi ini! Good luck, bro!