Home Scoop MLDSPOT Urban Jurnal: Greeny-Ecotourism-Vibes Kota Bogor
MLDSPOT Urban Jurnal: Greeny-Ecotourism-Vibes Kota Bogor

MLDSPOT Urban Jurnal: Greeny-Ecotourism-Vibes Kota Bogor

Wednesday, October 16, 2019 - 15:54
Bagikan
Facebook Twitter Email

Lo nggak akan menyangka kalau Bogor seseru itu, Urbaners! Edo salah satu pemenang Content Hunt Season 2 baru-baru ini ekplorasi si Kota Hujan dengan cara yang berbeda. Bogor memang seringkali jadi tujuan short getaway warga ibukota di akhir pekan untuk sekedar menyegarkan kembali pikiran yang penat. Itu karena katanya Bogor merupakan kota hijau, di mana masih gampang lo temuin pohon-pohon masih rindang, banyak juga keindahan alam dan tempat nongkrong yang berkolaborasi dengan alam.

Nah, kali ini Edo mengajak lo merasakan greeny vibes kota Bogor. Feel the experience and speaking on it’s truth.

 

Riding Santai Di Kebun Raya Bogor

Riding Santai Di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan salah satu ikon kota Bogor yang masih menjadi favorit, nggak hanya pepohonan rindang yang cocok untuk piknik kecil bersama teman-teman, lo juga bisa melihat langsung koleksi jenis-jenis tumbuhan dari Nusantara maupun luar negeri.

Lokasinya yang ada di pusat Kota Bogor dan aksesnya cukup mudah untuk bisa sampai ke KRB ini. Flashback sedikit, Kebun Raya Bogor ini sebuah kebun raya pada tahun 1817, berarti kalo dihitung-hitung umurnya sekarang udah tua banget, 202 tahun! Nggak heran kalo bangunan-bangunan yang ada di dalam KRB ini bergaya kolonial dan taman yang dibuat bergaya Inggris klasik. Itu karena dulu yang punya ide adalah Stamford Raffles yang sempat menjadi Gubernur Jenderal dan suka banget sama tumbuh-tumbuhan. Lo nggak akan bisa menjelajahi Kebun Raya Bogor ini dengan berjalan kaki, Urbaners. Bayangkan saja, luasnya mencapai 87 hektar! Nah, jika lo ingin berkeliling dengan santai dan nyaman, juga disediakan penyewaan sepeda atau riding dengan skateboard seperti Edo juga ide yang sangat seru.

 

The Lake House: Menyantap Pizza Di Tengah Hutan

 Menyantap Pizza Di Tengah Hutan

Lelah berkeliling Kebun Raya Bogor, waktunya lo bersantai di The Lake House. Restoran yang sedang hype di daerah Cisarua ini berkonsep semi-outdoor, bagian luarnya ada semacam kolam yang cukup luas mirip danau dan bersih banget airnya. The Lake House akan membuat lo lupa akan hiruk-pikuk kota besar, pohon-pohon rindang yang mengelilingi resto ditambah udara yang sejuk membuat seluruh pengunjung betah berlama-lama nongkrong di restoran satu ini.

Sambil menikmati udara sejuk dari The Lake House, lo juga harus mencoba salah satu signature dish mereka, yakni Margarita Pizza. Rasa tomat yang segar dan ketebalan pizza yang pas, membuat lo akan senyum-senyum sendiri setiap gigitannya. Selain itu yang lebih spesial lagi bahan sayur-sayuran yang dipake sama resto ini tuh hasil berkebun sendiri loh, jadi dijamin fresh!

The Lake House sendiri adalah salah satu bagian dari Pesona Alam Sedayu, nggak hanya Lake House, di sekitar daerah terjebuk lo juga bisa mengeksplorasi coffee shop, bermain ATV, Glamping --Glamour Camping--, menyewa hammock, bahkan spa!

 

Kemah Tanpa Ribet Di Glamping Pondok Rasamala

Kemah Tanpa Ribet Di Glamping Pondok Rasamala

Kalau berencana untuk bermalam di Bogor, lo bisa mencoba serunya glamping di Pondok Rasamala. Tanpa menghilangkan suasana berkemah, penginapan ini memiliki fasilitas yang mumpuni. Cocok banget buat lo yang ingin berkemah tanpa ribet.

Lokasi tempat ini ada di kaki Gunung Salak, kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Bogor. Tempat ini cukup diincar para short-escapers karena menawarkan resort yang berada di alam bebas. Di sekitarnya dikelilingi pemandangan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang yang sangat memanjakan mata, menyejukkan pikiran. Suasana hijaunya berasa banget! Selain itu, Pondok Rasamala ini dihimpit deretan air terjun atau curug seperti Curug Seribu, Curug Cigamea, Curug Ngumpet, dan masih banyak lagi.

Di Pondok Rasamala ini Edo sengaja reservasi kamar Pangrango, karena spot kamarnya enak, saat lo membuka pintu  langsung hutan terpapar hutan yang rindang. Pas banget kalo pagi-pagi bisa menyusuri hutan sambil mendengar harmoni alam. Cocok banget buat yang datang dari ibukota buat melepas beban pikiran sejenak. Nah, di malam harinya lo bisa barbeque-an dan bikin api unggun. Nggak perlu khawatir, semuanya udah disediakan pihak Pondok Rasamala-nya. Malam lo bakal menyenangkan apalagi sambil bercengkrama sama teman-teman yang bisa lo ajak.

 

Curug Cikuluwung: Grand Canyon-nya Kota Bogor

 Grand Canyon-nya Kota Bogor

Belum lengkap rasanya jika ke Bogor tidak mencoba salah satu Curug--sebutan untuk air terjun-- yang ada di sana. Coba deh ke Curug Cikuluwung yang disebut-sebut sebagai Grand Canyon-nya Bogor. Bukan tanpa alasan, air terjun ini diapit oleh tebing seperti Grand Canyon.

Untuk bisa sampai di Curug Cikuluwung, lo harus menuju Kampung Suka Asih di Kabupaten Bogor. Nggak begitu jauh dari tempat glamping Pondok Rasamala. Akses ke air terjun ini cukup menantag, lo mesti menyusuri jalan setapak hingga menuruni tebing untuk bisa ke air terjunnya.

Tapi usaha lo nggak akan sia-sia, pemandangannya luar biasa akan membuat lo takjub, Urbaners! Dengan air yang jernih kebiru-biruan, membuat lo tidak bisa nolak untuk berenang. Eits, tapi sebelum itu, perlu diperhatikan di curug ini ada sebanyak tiga undakan air terjun. Untuk undakan yang pertama dari air terjun utamanya nggak boleh dipakai untuk berenang karena arusnya yang cukup deras dan kedalaman yang belum diketahui dasarnya. Kalau lo mau berenang bisa di undakan kedua dan ketiga.

Kalau lo berencana ke Curug Cikuluwung ini, waktu yang pas ke sini tuh sekitar jam 10-an saat curug-nya baru buka, jadinya pengunjung yang datang belum rame dan lo bisa leluasa nyari spot foto yang bagus dan kesan eksklusifnya dapet. It’s a must place to explore!

 

Bersantai Sejenak Di Popolo Coffee

Bersantai Sejenak Di Popolo Coffee

Puas refreshing dengan alam terbuka, sebelum kembali ke ibukota, lo bisa mampir ke Popolo Coffee yang terletak di tengah hutan kota Sentul City. Menikmati secangkir kopi dengan semilir angin di antara pepohonan tuh bikin enggan beranjak.

Arsitektur Popolo Coffee ini didominasi oleh kaca. Kebayang dong pencahayaannya pasti begitu alami dan membuat suasana jadi sejuk. Duduk di luar bangunan nggak kalah asiknya sama di dalam, pohon-pohon yang tumbuh di sekeliling membuat cahaya matahari terhalang dan menjadi adem.

Untuk minuman terfavorit di kafe ini adalah Avocado Coffee, perpaduan jus alpukat kental dengan es krim coklat di atasnya, dan dihidangkan ala affogato. Yang unik lagi di Popolo Coffee ini selain suasana hijaunya berasa banget, terdapat fasilitas nge-doodle loh! So, nggak cuma asal nongkrong dan nyeruput kopi, tapi juga bisa berkreasi dengan mewarnai gambar yang bisa diambil deket kasir.

Tonton cinematic travel documentary MLDSPOT Urban Journal Episode 2 di channel YouTube MLDSPOT, dan tunggu cerita Edo mencari inspirasi ke kota-kota selanjutnya!

MLDSPOT Urban Journal adalah seri perjalanan yang fokus kepada experience dan perjalanan yang dilalui oleh tim MLDSPOT. Seperti halnya sebuah jurnal, seri ini akan menceritakan secara jujur pengalaman menjelajahi berbagai tempat melalui format audio visual.