Home Food Mau Belanja dengan Zero Waste? Yuk kunjungi Naked Inc Jakarta!
Mau Belanja dengan Zero Waste? Yuk kunjungi Naked Inc Jakarta!

Mau Belanja dengan Zero Waste? Yuk kunjungi Naked Inc Jakarta!

Monday, May 6, 2019 - 12:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Wacana tentang pelestarian lingkungan dan pengurangan pemakaian plastik belakangan ini sedang digaungkan banget nih, Urbaners. Semua orang berusaha untuk meminimalisir penggunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari dengan mengganti plastik dengan bahan dasar lainnya, seperti bambu, stainless steel, dan kertas.

Nah, belum lama ini, ada salah satu toko ramah lingkungan yang sedang diperbincangkan di media sosial, khususnya Twitter, karena keunikannya. Toko ini bernama Naked Inc yang berlokasi di Kemang, Jakarta. Menjadi pelopor toko zero waste, lo bisa belanja puas tanpa menghasilkan limbah lingkungan. Yuk cek ulasan lengkapnya!

 

Awareness terhadap Lingkungan dan Food Waste

Awareness terhadap Lingkungan dan Food Waste

Bagi yang masih asing dengan istilah toko zero waste, konsep ini adalah wujud komitmen suatu toko untuk meminimalisir sampah dan mengurangi kemungkinan terbuangnya makanan. Toko zero waste menggunakan alternatif kemasan lain untuk menggantikan plastik. Toko ini juga memperbolehkan customer untuk membeli barang dengan jumlah sedikit dan sesuai kebutuhan, lain halnya dengan supermarket atau gerai ritel lain, dimana konsumen harus membeli sesuai pilihan kemasan yang tersedia.

Berawal dari pengalaman pribadi, Kiana Lee membuka Naked Inc, toko zero waste pertama di Jakarta pada awal Mei lalu. “Waktu itu saya pergi ke hutan di Kalimantan, banyak banget sampah di mana-mana, lalu kalau kita belanja kan pasti pakai plastik, sudah terlalu banyak bingung mau diapakan.”

Keperluan berbelanja barang kebutuhan sehari-hari dalam jumlah sedikit juga melatarbelakangi berdirinya Naked Inc. “Biasanya yang tinggal sendiri, ngekos, atau yang punya small family, mereka cuma butuh bahan makanan sedikit. Biasanya kalau mau masak harus beli ingredients (dalam jumlah) yang banyak, nggak jarang sisanya dibuang. Di Naked Inc, kita mau sediakan dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa meminimalisir sampah yang kita hasilkan dari kehidupan sehari-hari,” tambah Kiana.

 

Pilihan Barang yang Cukup Lengkap

Pilihan Barang yang Cukup Lengkap

Meskipun letak toko agak tersembunyi dan nggak terlalu besar, barang yang disediakan Naked Inc cukup lengkap lho, Urbaners! Lo bisa belanja kebutuhan sehari-hari seperti snack, pasta, bumbu dapur, kacang-kacangan, hingga berbagai macam minyak, seperti canola oil, olive oil, sampai madu alami.

Menariknya, mereka juga menyediakan beberapa essentials yang diproduksi secara homemade, seperti sabun mandi, shampoo, laundry soap, dan deodorant. Dari segi kesehatan, lo nggak perlu khawatir karena semua barang yang dijual di Naked Inc dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, pewarna, dan perasa buatan. So healthy!

Kalau lo baru saja memulai gaya hidup yang ramah lingkungan, Naked Inc juga menyediakan starter pack-nya. Di sini lo bisa beli berbagai kebutuhan sehari-hari yang biasanya berbahan dasar plastik, seperti sedotan, gosok gigi, hingga alat cukur. Mereka mengganti bahan plastik dengan stainless steel dan bambu.  Tersedia pula tote bag ramah lingkungan, sampai kapas wajah yang tentunya juga bisa digunakan berulang-ulang (reusable).

Pernah dengar istilah “*support local business*”? Di Naked Inc, semua barang berasal dari produsen lokal yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Urbaners. Naked Inc juga menyediakan ruang khusus bagi produsen lokal untuk mempromosikan barangnya. Keren banget kan?

 

Cara Berbelanja Anti Mainstream

Cara Berbelanja Anti Mainstream

Jangan bingung kalau lo pertama kali berbelanja di zero waste store seperti Naked Inc. Meskipun menggunakan sistem self-service, staf Naked Inc siap untuk membantu.

Sebelum mengunjungi Naked Inc, jangan lupa siapkan wadah kosong dari rumah. Siapkan juga daftar kebutuhan yang akan lo beli, beserta dengan perkiraan jumlahnya. Tiba di Naked Inc, lo bisa langsung memilih barang-barang dibutuhkan. Staf Naked Inc akan menimbang berat wadah yang lo bawa dan akan diisi dengan item yang lo inginkan.

Setelah itu, wadah akan ditimbang kembali. Berat wadah setelah diisi akan dikurangi berat wadah sebelum diisi dengan item pilihan lo. Hasilnya menunjukkan berat item yang lo beli dan akan dikalikan sebesar harga per gramnya. Sesuai konsepnya yang zero waste, semua bahan yang dijual di Naked Inc dijual dengan hitungan per gram.

Nggak punya wadah untuk belanja? Nggak usah khawatir! Naked Inc menyediakan wadah kaca dengan harga yang terjangkau untuk menampung belanjaan lo. Mereka juga ada program adoption untuk wadah-wadah nggak terpakai yang disumbangkan oleh customer. “Customer bisa datang dengan membawa wadah kaca untuk didonasikan kepada Naked Inc. Nanti kita akan open adoption sebesar Rp5.000 aja. Hasil penjualannya akan disumbangkan ke shelter hewan, yayasan lingkungan, dan lembaga lainnya yang berganti setiap bulannya,” ujar Kiana.

 

Mulai Zero Waste dari Hal Kecil

Menyelamatkan lingkungan bisa dimulai dari hal kecil, Urbaners. Kiana menyarankan untuk sebisa mungkin mengurangi penggunaan barang-barang berbahan dasar plastik. Saat membeli minuman favorit, lo bisa membawa tempat minum dan sedotan sendiri. Selain ramah lingkungan, beberapa tempat memberikan special price kalau lo membawa wadah sendiri, lho.

Begitupun saat lo berbelanja. Penggunaan kantong belanja dari kain sangat disarankan untuk menggantikan pemakaian kantong plastik. Lo bisa memakai tas belanja tersebut berulang-ulang, dan tentu saja lebih fashionable dari kantong plastik biasa.

Buat lo yang penasaran, lo bisa langsung datang ke Como Park di Jalan Kemang Timur Nomor 998, Jakarta Selatan. Naked Inc buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 20.00 Intip juga updatenya di Instagram @nakedincjkt, ya!