Home Scoop Naufal Abshar "The World Of Entertaiment": Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan
Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan

Naufal Abshar "The World Of Entertaiment": Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan

Wednesday, May 2, 2018 - 10:54
Bagikan
Facebook Twitter Email

Karya-karya yang terkesan humoris namun cukup menyentil masyarakat. Itulah yang akan lo rasakan jika datang ke pameran karya Naufal Abshar yang bertema "The World of Entertaiment". Terletak dibilangan Jakarta Selatan, tepatnya di d'Gallerie Jalan Barito 1, seniman muda satu ini memamerkan karya-karya terbarunya, yang tentunya unik dan bercerita. MLDSPOT berkesempatan untuk datang saat pembukaan pameran tersebut. Selain para seniman, kolektor, terlihat sejumlah selebriti juga hadir saat itu.

Lukisan puzzle ciri khas Naufal Abshar

Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan

Lebih dari 20 karya Naufal Abshar dipamerkan dengan berbagai ukuran. Inilah yang membuat Naufal berbeda dari seniman lainnya. Naufal selalu mempersembahkan lukisan berbentuk puzzle yang bisa diganti-ganti dengan lukisan lain. Hal ini membuat lukisan Naufal tidak memiliki bentuk yang pasti tidak seperti lukisan lain yang berbentuk mostly persegi ataupun persegi panjang.  

Kolaborasi lukisan dan instalasi

Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan

Nah, selain lukisan yang berbentuk puzzle, pada pameran ini lo juga akan melihat karya yang benar-benar unik. Perpaduan antara lukisan dan instalasi, membuat karya Naufal satu ini sukses menjadi pusat perhatian. Pada instalasi ini, terlihat lukisan Naufal yang terbaring di ranjang rumah sakit, dengan gambar smartphone mati pada bagian tangannya. Serta kertas bills yang panjang yang keluar dari mesin. Ranjang ini juga dapat bergerak naik dan turun seperti benar-benar hidup. Tidak hanya itu, pada bagian dinding tepat dibelakang instalasi ini terdapat tulisan "PLEASE TAKE A PHOTO OF ME and post it". Ini jelas sekali menyindir keadaan yang terjadi sejak media sosial mewabah. Tapi Naufal berhasil mengemasnya dengan sesuatu yang entertain dan artistik.

Menyindir keadaan dunia saat ini

Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan

Kalau lo melihat karya Naufal Abshar, selain banyak tulisan ‘HAHAHAHA’ seperti tertawa, ada juga tulisan-tulisan kecil yang membuat karyanya seperi 'berbicara'. Dibalik lukisannya yang humoris, ternyata terdapat makna yang menggambarkan keadaan dunia saat ini. Dan yang paling signifikan adalah terdapat price tag berbagai macam harga di setiap lukisan imajiner tersebut. Price tag yang ada dilukisan tersebut mengartikan bahwa sekarang ini everything has a price, everything must be branded and expensive yang secara tidak langsung adalah suatu 'tuntutan' sosial. Dan menyambung dengan tema besar pameran ini, "The World Of Entertaiment", sekarang ini sebuah entertaiment tidak hanya datang dari televisi atau radio, melainkan sudah perseorangan dan lebih personal. Semua orang berlomba-lomba men-entertain lingkungannya lewat media sosial dengan mengupload apapun yang terjadi didalam kehidupannya. Apakah lo sepakat dengan pemikiran seniman satu ini, Urbaners?

Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan

Tamu undangan berbagai kalangan

Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan

Malam itu, Naufal Abshar disibukkan dengan tamu-tamu undangan yang hadir. Mulai dari keluarga, media, kolektor lukisan sampai selebriti. Terlihat Naufal tidak sungkan untuk menceritakan karya-karya terbarunya tersebut. Ditengah-tengah crowd yang sibuk selfie di depan karya Naufal, terdapat beberapa artis yang sudah tidak asing lagi, seperti Rianti Cartwright, dan juga Diah Permatasari. Mereka terlihat amazed dengan karya-karya seniman muda ini.

Mengekspresikan Keadaan Dunia Saat Ini Melalui Lukisan

 

Buat lo yang penasaran, seperti apa sih karya terbaru dari Naufal Abshar ini, langsung aja datang ke d'Gallerie yang terletak di Jalan Barito 1. Pameran ini akan diselenggarakan selama satu bulan penuh, Urbaners!