• News
  • Pemuda Sinarmas, Bersinar Menjadi Cassette Jockey

Pemuda Sinarmas, Bersinar Menjadi Cassette Jockey

Mon, 06 May 2019
Pemuda Sinarmas, Bersinar Menjadi Cassette Jockey

Urbaners, masih ingat sama benda berbentuk kotak dengan gulungan pita yang menyimpan musik? Apalagi kalau bukan kaset? Di era 80 sampai 90-an, mungkin lo pernah ngalamin harus muter pita kaset untuk mendengarkan lagu favorit. Namun, memasuki tahun 2000, kaset perlahan mulai hilang digantikan dengan CD dan media penyimpanan lain yang sifatnya digital, lebih mudah, dan praktis.

Karena punya nilai nostalgia dan sejarah yang kuat, Muhammad Fajrintio nggak mau kaset punah begitu saja di era digital. Dengan nama panggung “Pemuda Sinarmas”, ia menggagas aliran musik baru dengan aransemen unik bermodalkan kaset sebagai bahan utamanya. Kalau biasanya disc jockey (DJ) memainkan musik ala electronic dance music (EDM), Pemuda Sinarmas justru menawarkan musik disko dan mendapatkan sebutan cassette jockey.

Bagaimana perjalanan Pemuda Sinarmas dalam membuat aransemen musik berbahan kaset? Bagaimana ia mendapatkan stok kaset yang kini makin langka ditemui? Yuk, simak bahasan lengkapnya!

 

Berawal Dari Menumpuk Koleksi Kaset

Berawal Dari Menumpuk Koleksi Kaset

Muhammad Fajrintio, atau yang akrab dipanggil Ajis, adalah pionir dari lahirnya profesi cassette jockey (CJ) di Indonesia. Sebelumnya, CJ juga banyak dipopulerkan para seniman musik di luar negeri. Ajis mulai tertarik dengan dunia cassette jockey sejak tahun 2015. Karena koleksi kaset yang semakin menumpuk di rumah, Ajis berpikir bagaimana cara memperdengarkan isi kaset kepada masyarakat luas, sehingga nggak terbuang sia-sia.

“Waktu itu, koleksi kaset di rumah udah banyak banget, tapi cuma numpuk jadi pajangan. Sayang banget kan, makanya gue melakukan riset, kira-kira apa yang bisa gue lakukan dengan koleksi kaset ini. Akhirnya, pilihan gue jatuh pada menjadi cassette jockey, karena belum ada sama sekali di Indonesia,” tutur Ajis. Idenya ternyata manjur, karena sejak tahun 2015, karir musiknya sebagai seorang CJ terus meroket. Bisa dibilang, Ajis merupakan pionir kelahiran CJ di Indonesia sekaligus salah satu yang paling aktif berkarya.

Profesi CJ mungkin memang belum terkenal seperti disc jockey yang banyak digandrungi anak-anak muda saat ini. Tapi, Ajis yang menggunakan nama panggung Pemuda Sinarmas nggak pernah patah semangat buat mempopulerkan aransemen kaset yang unik dan autentik. Ia berharap, di masa depan, generasi muda di Indonesia bisa menikmati playlist lagu kaset dengan asyik, nggak kalah dari musik elektronik yang biasa dimainkan DJ. Karena, pada dasarnya, nggak ada perbedaan signifikan antara CJ dan DJ. Yang membedakan hanyalah media dan alat yang digunakan untuk perform.

Mungkin lo bertanya-tanya, mengapa Ajis memilih nama panggung Pemuda Sinarmas? Nggak usah khawatir Urbaners, nggak ada filosofi atau arti khusus kok dari nama tersebut. Ia mengaku terinspirasi dari nama toko bangunan yang sering ditemui di sepanjang jalan! Keunikan nama panggungnya yang catchy bikin orang-orang lebih mudah mengingat Pemuda Sinarmas.

 

Proses Aransemen Lagu dengan Kaset

Proses Aransemen Lagu dengan Kaset

Berbeda dari musik digital yang sudah canggih, proses aransemen musik dengan kaset sangat menantang, karena alat-alat yang digunakan masih manual. Ajis menceritakan, untuk membuat lagu, ia harus mentransfer data dari kaset analog ke digital. Pengolahan musik ia lakukan lewat software digital audio workstation (DAW), sebelum akhirnya dikembalikan dalam format kaset. “Di tahap terakhir ini, gue harus hati-hati banget untuk memastikan kualitas sound tetap tinggi, karena kualitas kaset berbeda-beda,” kata pria kelahiran Jakarta ini.

Menekuni dunia cassette jockey bisa dibilang susah-susah gampang. Tantangan utamanya adalah alat-alat yang dipakai banyak yang sudah tidak diproduksi. Apalagi, Pemuda Sinarmas banyak mengaransemen lagu dengan kaset produksi sebelum tahun 2000-an, Ajis harus ekstra sabar dan teliti ketika ingin upgrade alat atau mencari spare parts yang dibutuhkan.

 

Banyak Mainkan Lagu Lagu Lawas

Banyak Mainkan Lagu Lagu Lawas

Sebagai seorang CJ, ciri khas Pemuda Sinarmas adalah lagu-lagunya yang lawas dan kental dengan nostalgia. Ia ingin penonton sungguh-sungguh merasakan hawa jadul yang sinkron dengan kaset-kasetnya. Bahkan, Ajis sering berpenampilan dengan jaket parasut warna neon yang identik dengan era fashion disko tahun 80 dan 90-an.

Lagu favorit yang paling sering dimainkan oleh Pemuda Sinarmas adalah lagu dari penyanyi Gombloh yang berjudul “Kugadaikan Cintaku”. Lagu ini juga menjadi kesukaan banyak penonton karena easy listening. Ketika di-aransemen dengan konsep house music, dijamin penonton ikut bergoyang dengan asyik.

Menurut Ajis, Pemuda Sinarmas disukai oleh berbagai kalangan karena lagu-lagu yang catchy dan asyik. Walaupun mengusung aliran musik utama Indonesia house and disco, ia mengaku banyak penonton yang meminta Pemuda Sinarmas untuk mengkombinasikan aliran musik dangdut juga, lho!

 

Menyebarkan Aransemen Musik ala Kaset Seluas-luasnya

Tantangan masa depan di dunia CJ adalah bagaimana melestarikan kaset agar tidak sepenuhnya punah, apalagi kaset musik Indonesia merupakan aset budaya yang cukup penting. Untungnya, kehadiran musisi-musisi seperti Pemuda Sinarmas membuat semakin banyak anak-anak muda familiar dengan kaset atau walkman. Ajis juga membuktikan bahwa kualitas musik kaset masih bisa bersaing dengan aransemen musik mainstream.

Ke depannya, ia berharap bisa segera meluncurkan single baru. “Gue juga pingin membuat Cassette Jockey World Championship di Indonesia. Seinget gue, CJ world championship terakhir itu di tahun 2007 di Spanyol, abis itu ngga ada lagi. Rencananya gue ingin mengadakan lagi, supaya makin banyak yang tahu dan tertarik menjadi CJ,” ungkap pria yang hobi badminton dan fotografi ini.

Congrats, Bro! Ini Deretan Pemenang Video Competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE !

Wed, 30 September 2020
pemenang dari video competition MLDSPOTNEWNORMALRIDE

Gue sudah bilang berulang kali bro sama lo kalau @mldspot pastinya nggak pernah main-main soal video competition. Seperti video competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE – sekarang gue sudah punya tiga pemenangnya.

Sebelumnya, congrats buat lo semua yang bakal gue mention di bawah ini – lo berhasil membuktikan kalau keadaan seperti ini, tidak membuat lo semua berhenti untuk menjadi kreatif dan produktif. Terbukti dari berbagai video yang begitu menarik, lo semua benar-benar kreatif, bro!

#MLDSPOTNEWNORMALRIDE – memang menjadi ajang buat lo semua yang sedang menggeluti tren gowes, untuk membuat cerita yang begitu menarik dan disubmit ke @mldspot – sekali lagi bro, ini jadi acuan kalau diri lo bisa selalu kreatif dan produktif #MauLagiDimanapun dan kondisi seperti apapun.

Respect buat lo semua yang sudah submit videonya ke gue. Buat lo yang belum menang – tenang, sans saja bro – karena @mldspot nggak berhenti sampai #MLDSPOTNEWNORMALRIDE saja. Masih ada tantangan-tantangan seru, terkait video competition lainnya yang bakal digelar sebentar lagi.

Buat lo yang belum menang – lo bisa ikutan video competition berikutnya ini. Kalau lo penasaran apa video competition selanjutnya – jangan lupa terus ikuti @mldspot biar lo tahu update terbaru dari gue.

Tanpa panjang lebar lagi, gue respect sama lo semua yang sudah submit – sekali lagi, karya-karya lo luar biasa. Tapi tiga orang ini yang benar-benar memenuhi kriteria para juri buat #MLDSPOTNEWNORMALRIDE ini.

Congratulation buat:

  • @maulanarawks
  • @dr_7ey
  • @karismodityo

 

Tiga orang di atas adalah pemenang dari #MLDSPOTNEWNORMALRIDE kali ini – respect buat semuanya ya! Sekali lagi, selamat bro-bro yang sudah gue mention di atas – lo menang video competition dari @mldspot #MLDSPOTNEWNORMALRIDE kali ini!

Nah, buat lo yang belum menang – seperti yang sudah gue bilang di atas – sans saja bro. Karena bakal ada video competition dengan tema lainnya yang nggak kalah seru, yang nggak kalah memacu lo untuk terus kreatif dan produktif.

Lo bisa terus update semuanya di website ini, atau langsung gas saja ke @mldspot – buat tahu update terbaru dari gue. Bro, biar makin semangat lagi buat ikutan video competition yang akan datang, gue ingetin lagi kalau masih banyak hadiah menarik sampai voucher blilbli.com yang bernilai JUTAAN RUPIAH!

Bro, jangan lupa buat ikutan lagi ya!