Home Scoop Sisi Lain dari Dunia Kustom dan Modifikasi Motor

Sisi Lain dari Dunia Kustom dan Modifikasi Motor

Wednesday, August 7, 2019 - 17:18
Bagikan
Facebook Twitter Email

Banyaknya kustom motor yang melintas di jalanan sudah menjadi hal yang biasa. Setuju nggak, Urbaners? Memang salah satu hobi ini bisa dibilang sedang di atas lagit. Bukan hanya kustom dan modifikasi motornya saja, tetapi juga segala aspek yang bersinggungan mulai dari komunitas sampai fashion. Seperti Street Demon, komunitas kustom yang sudah merambah ke berbagai daerah di Indonesia, Sandi Salim Sunardi yang sukses dengan Axietruz Garage, dan salah satu apparel yang kental akan kultur kustom asal Bandung bernama Rawtype Riot. Ini adalah local greatness yang dibahas pada MLDSPOT TV x NET Season 4 Episode 4 dengan tema "New Wave Kustom Culture". Buat lo yang penasaran, check this out!

Street Demon: Bukan 'Jagoan' Jalanan

Nama Street Demon artinya bukan 'setan jalanan', tetapi lebih ke kelompok belajar. Yap, kumpulan para pecinta motor kustom dan modifikasi ini sangat jauh dari kesan ‘jagoan’. Pasalnya komunitas yang awalnya lahir di Bandung ini selalu terbuka untuk siapapun dan nggak ada ospek-ospek yang sering dikenal sebagai ciri khas geng motor. Nggak heran, komunitas yang sudah berdiri selama 15 tahun lalu sangat eksis bahkan banyak anggota yang ada di luar kota. Bukan sekedar anggota, mereka pun cukup solid, saat setiap ada kegiatan, perwakilan dari masing-masing kota pasti ada saja yang berdatangan. Pada kegiatan rutin seperti Lebar-Run misalnya, tahun ini sekitar 2.000-an motor ikut meramaikan acara silaturahmi yang berlangsung di Bandung.

Sandi Salim Sunardi: Sosok Dibalik Kerennya Motor Kustom & Modifikasi Bandung

Buat lo pecinta kustom dan modifikasi motor pasti sudah tidak asing dengan nama Sandi Salim Sunardi. Yap, pria yang sudah menggeluti dunia kustom sejak tahun 2000-an ini memang sangat fokus dengan hobi-nya tersebut. Sandi selalu 'keluar jalur' dalam setiap pengerjaan kustom atau modifikasi. Karena idealisme yang cukup tinggi membuat semua karyanya jauh dari kata pasaran. Tetapi itu lah yang membuat Sandi disegani oleh para pecinta kustom dan modifikasi lainnya.

 

Ia juga memiliki garage yang diberi nama Axietruz Garage, menghasilkan karya-karya unik yang lumayan banyak jumlahnya. Sebut saja beberapa di antaranya adalah Honda GL 100 “The Flammin Dice”, Suzuki GS250X “Daily Racer”, dan Honda CB 100 “Jepara Membara”. Nggak hanya itu saja, Sandi bersama

Axietruz Garage juga berhasil memenangkan Kustomfest 2015 – Zeneos Powerplant Challenge dengan karyanya bernama “Urban Power”, yang memiliki arti “Kekuatan Urang Bandung”.

Rawtype Riot: Apparel yang Wajib Dimiliki Para Pecinta Kustom

Selesai dengan komunitas dan sosok dibalik kustom dan modifikasi motor, belum lengkap rasanya jika tidak berbicara dari segi fashion. Rawtype Riot brand asal Bandung yang cukup dikenal karena salah satu produknya digunakan oleh orang nomor satu di Indonesia. Memiliki desain yang di "luar jalur" membuat Rawtype Riot selalu ditunggu para pecinta kustom ataupun tidak. Decky selaku sang owner yang sangat menyukai typography sekaligus lettering membuat brand ini memiliki nuansa vintage seiring dengan berkembangnya kustom kulture. Meskipun selalu ditunggu Rawtype Riot tetap ingin memberikan yang terbaik, mereka hanya merilis setiap artikelnya secara terbatas, memberikan kesan eksklusif bagi siapapun yang menggunakannya. Brand ini juga kerap kali berkolaborasi seperti salah satu Youtuber bernama buburayamracer alias Den Dimas, sampai pada akhirnya produk Rawtype Riot dilirik oleh Presiden Joko Widodo.