Terinspirasi Musik Hip Hop, Stereoflow Hadirkan Beragam Karya Street Art - MLDSPOT
  • News
  • Terinspirasi Musik Hip Hop, Stereoflow Hadirkan Beragam Karya Street Art

Terinspirasi Musik Hip Hop, Stereoflow Hadirkan Beragam Karya Street Art

Sun, 29 September 2019
Seni mural Stereoflow banyak terinspirasi dari musik hip hop

Punya hobi bermusik dan melukis, bukan berarti lo harus memilih salah satunya saja, Urbaners. Dengan kombinasi yang tepat, lo bisa menyatukan dua jenis seni ini menjadi karya seni baru. Setidaknya, hal ini lah yang terlihat dari beragam karya seni ciptaan Adi Dharma, atau yang akrab dengan nama panggung Stereoflow.

Adi yang gemar mendengarkan lagu hip hop dan rap, mencoba menuangkannya ke dalam karya seni mural, grafiti, bahkan instalasi. Hampir semua karyanya punya sentuhan musik hip hop, baik secara eksplisit maupun implisit. Lalu, bagaimana ya proses pembuatan karya Stereoflow? Apa saja tantangannya mengembangkan street art di Indonesia? Simak hasil obrolan MLDSPOT di sini!

 

Stereoflow dan Identitas Diri

Adi Dharma menciptakan karya muralnya sebagai wujud identitas diri

Di kalangan seniman mural dan grafiti, sosok Adi Dharma terkenal sebagai sosok yang pendiam. Pria kelahiran Sukabumi ini mengakui bahwa dirinya memang seorang introvert. Namun, di balik sosok pendiam tersebut, Adi memiliki banyak ide dan gagasan untuk memeriahkan street art.

Stereoflow sendiri awalnya ia pilih bukan untuk menjadi nama panggung di dunia street art, nama ini dipilih terinspirasi dari album hip hop kegemaran Adi. Sebelum album tersebut rilis, Adi banyak melakukan promosi Stereoflow lewat karya seni di jalan. Walaupun album lagu tersebut akhirnya urung dirilis, namun Adi banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai lukisan muralnya.

Sejak saat itu, Adi menggunakan Stereoflow sebagai nama panggungnya di dunia kesenian. “Stereoflow bukan hanya sebuah nama bagi saya, tapi juga menandakan proses perjalanan menemukan jati diri,” katanya.

 

Belajar Street Art Secara Otodidak

Tak pernah terbayang sebelumnya oleh Adi untuk menjadi seorang seniman mural, grafiti, dan membuat karya instalasi. Apalagi saat menempuh studi di jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Parahyangan Bandung. Tapi ia sering mengisi waktu luangnya dengan menggambar. Memang, keahlian menggambar itu diturunkan sang ayah yang juga pernah menjadi dosen jurusan seni rupa di salah satu perguruan tinggi.

Meski tidak secara khusus diarahkan menjadi seniman lukis oleh ayahnya, namun keinginan dan passion di dunia seni lukis sudah tidak bisa dibendung. Alhasil, di tahun 1997 Adi beralih dan memutuskan untuk terjun total di bidang seni lukis. Sejak memutuskan untuk serius menekuni dunia seni lukis, ia terus mengasah kemampuannya secara otodidak. Tak heran bila kemudian Adi memilih seni mural dan grafiti sebagai media utama untuk berkarya.

Proses gambar Adi sebelum menuangkannya ke medium yang lebih besar

“Kalau dulu, gue masih idealis banget membuat karya. Gue banyak membuat karya mural di jalanan. Tapi kalau saat ini, gue mulai mengurangi menggambar street art dan memperbanyak project indoor, seperti menggambar di dinding rumah, kafe, atau hotel,” ungkap seniman berkacamata ini. Beberapa brand ternama yang pernah mengajak Stereoflow berkolaborasi adalah Samsung, Nike, Hush Puppies, dan juga Yello Hotel. Bahkan, salah satu mural raksasa Stereoflow juga sempat dipamerkan di Gedung Kementerian Keuangan RI dan kantor pusat World Bank di Washington DC, lho. Salut banget, ya!

Selain mural, Stereoflow juga menghasilkan karya lukis beraliran realis dan menekuni aliran seni lukis abstrak dan minimal art. Beberapa kali, Adi diundang untuk mengikuti pameran seni kontemporer. Penikmat karyanya kebanyakan berasal dari segmen kalangan penggemar urban art.

 

Bentuk Abstrak dan Warna Bold Jadi Ikon Unik Stereoflow

Bentuk abstrak dan pemilihan warna terang jadi ciri khas karya Stereoflow

Adi adalah seniman grafiti yang terkenal karena menggunakan elemen-elemen berbentuk mengalir dan warna-warna cerah yang kontras. Ia mengaku banyak mendapatkan inspirasi dari musik hip hop dan punk di era tahun 80-an.

Stereoflow banyak membuat karya dengan menggunakan intuisi sebagai dorongan utamanya. Mimpi, imajinasi, dan identitas adalah tema yang seringkali tergambar pada karya-karya Stereoflow, dengan balutan visual yang mengingatkan lo pada bentuk bentuk kubisme di era seni rupa modern dari Barat. Terdapat pola berulang pada keseluruhan bidang, dengan tabrakan warna yang terlihat harmonis. Ciri khas ini menjadi salah satu ikon spesial dari semua hasil karya Stereoflow.

"Menurut gue, keunikan setiap karya itu tergantung karakter senimannya. Kalau gue sendiri punya misi ingin menyampaikan keceriaan di setiap karya yang dibuat. Selama gue tinggal di Jakarta, gue banyak melihat orang yang stres dengan pekerjaan dan rutinitasnya. Biar yang ngeliat karya gue nggak terbebani, gue banyak main warna-warna bold di setiap mural yang gue buat,” jelasnya. 

Sejak awal berkecimpung di dunia seni lukis, Stereoflow banyak melakukan pameran di beberapa tempat. Nggak cuma di Indonesia, karya-karya Stereoflow pernah menjajaki pameran seni di Amerika Serikat, Hong Kong, Thailand, Australia, hingga Kanada. Untuk menghindari kebosanan, Adi mengaku kerap bereksperimen dengan media-media lain, termasuk wheatpaste, stencil, kuas dan cat semprot.

Penasaran mau kepoin hasil karyanya? Cus aja langsung ke @Stereoflow_id, Urbaners!

YellowFit, Catering Sehat Bergaransi Berat Badan Turun

Mon, 12 April 2021
catering sehat

Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Hal itu bisa didapatkan melalui olahraga atau mengonsumsi makanan bergizi. Nah, kondisi ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis makanan sehat untuk mengembangkan usahanya.

Berangkat dari situasi tersebut, Christopher Aldo membangun bisnis catering sehat, bernama YellowFit Kitchen. Diet and healthy catering nomor satu di Indonesia dan satu-satunya yang berani memberikan jaminan 100% uang kembali, jika makanan di rasa nggak lezat atau berat badan konsumen nggak menurun.

Mau tau cerita lengkap dari Christopher Aldo dalam mendirikan usahanya dan bagaimana bisa tetap konsisten di sektor bisnis ini? Yuk, simak ulasannya di sini, bro.

Merintis Bisnis Katering Sehat Sejak Kuliah

Semasa kuliah, Christopher Aldo senang fitness dan ikut program diet di waktu bersamaan. Disisi lain, ia pun sering menghadapi masalah keuangan, terutama untuk bayar kamar kos, serta biaya kuliah. Pada tahun 2017, ia pun memutuskan untuk mendirikan bisnis katering sehat, YellowFit Kitchen bersama temannya.

Pastinya lo setuju kalo membangun bisnis dari nol memang nggak mudah dan tentu ada rintangan dalam prosesnya. Seperti yang dirasakan Aldo saat awal mengembangkan usahanya, rata-rata per harinya ia hanya bisa menjual 5 kotak aja ke teman-teman kampusnya selama 8 bulan.

Aldo berpikir untuk menutup YellowFit Kitchen, lantaran masih fokus dengan kuliahnya. Ditambah lagi, ia harus menjaga makanannya supaya tetap fresh. Kurirnya pun terkadang masih terpencar di daerah yang berbeda dan mahalnya biaya ongkos kirim. Selain itu, banyak konsumennya yang mengeluh dan meminta refund.

Namun, setelah berhasil melewati masa sulit itu, bisnisnya semakin berkembang, ia bisa menjual rata-rata 30 kotak per hari. Yang awalnya hanya berjualan di Depok, lalu diperluas ke Jakarta dan berhasil menjual hingga 100 kotak per hari. Bahkan, di tahun 2019, pesanannya meningkat sebanyak 2.000 kotak per hari. Wow keren banget ya, bro?

Menghadirkan Menu Makanan Sehat dan Lezat

catering sehat

Credit image - pingpoint

Keistimewaan yang dimiliki YellowFit Kitchen adalah hidangan yang berganti-ganti setiap harinya dan terdapat beberapa menu autentik hasil racikan sendiri. Menurut Christopher Aldo, yang terpenting di setiap makanan harus mengandung rendah kalori, rendah lemak, rendah karbohidrat, dan tinggi protein.

Salah satu menu favorit YellowFit Express adalah Pizza Diet. Biasanya pizza berbahan tepung, namun berbeda dengan yang satu ini menggunakan kembang kol. Adapun, menu McD versi diet digoreng dengan minyak yang sehat, tanpa kulit, dan dibalut tepung gandum. Lo bisa makan junk food tapi tetap rendah kalori, bro. 

Menu YellowFit Kitchen ini dikembangkan oleh tim internalnya sendiri. Jadi setiap minggunya, ia melakukan rapat rutin bersama para koki. “Kami memiliki 6 koki, setiap 2 orang akan bergiliran untuk rapat dengan kami. Di kesempatan itu juga kami bersama-sama melakukan pengukuran zat-zat yang terkandung dalam makanan yang ingin ditawarkan kepada konsumen,” ujar Aldo.

Kebutuhan gizi di setiap porsinya berbeda-beda. Menurut Christopher, kebutuhan untuk wanita kurang lebih 1.000-1.200 kalori, dan untuk pria akan lebih tinggi berkisar 1.200-1.500 kalori. Dengan catatan, semua ukuran itu tergantung dari aktivitas yang dijalankan masing-masing orang.

Buat lo yang mau coba, harga perposinya sekitar Rp50.000 dan bisa lebih mahal kalo lo beli cuma buat makan siang aja. Tapi, kalau beli paket siang dan malam, akan diberikan harga spesial. Nikmatnya lagi, lo bisa memesan catering ini dengan pilihan paket perminggu atau perbulan. Jadi, disesuaikan aja dengan kebutuhan lo, bro.

Melihat Peluang Industri Makanan Sehat

catering sehat

Credit image - goodlife.id

Belum merasa puas diri dengan hasil yang telah dicapai, ia pun tetap melihat adanya tantangan dari kompetitor yang bermunculan setiap harinya. “Dulu saat saya memulai bisnis ini, kompetitornya memang masih sedikit. Berbeda halnya dengan sekarang, mungkin jumlahnya sudah puluhan, bahkan ratusan,” paparnya.

Untuk meningkatkan pelayanannya, Christopher menawarkan free delivery kepada pelanggan-pelanggannya dengan frekuensi pengiriman 2 kali dalam sehari, dan jaminan refund jika makanannya nggak fresh. Layanan ini berlaku untuk daerah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya ya, bro.

“Kebanyakan kompetitor itu hanya sekali kirim aja dalam sehari, jadi kalau udah malam makanannya kurang segar. Kami juga memberikan guarantee refund bilamana makanannya nggak enak, maka kami akan refund uang mereka,” tegasnya.

Selain usaha katering, ia juga berjualan detox tea dengan rasa leci, lemon, dan jasmine untuk menahan nafsu makan. “Banyak teh detox di luar sana yang bilang kalau manfaatnya itu bisa menurunkan berat badan. Itu sebenarnya bohong,” tambah Aldo.

Kini, YellowFit Kitchen udah memiliki jumlah karyawan sebanyak 250 orang, dengan 25 orang untuk urusan kantor, dan sisanya ada di divisi distribusi. Untuk melebarkan sayapnya, YellowFit juga sering mengadakan kolaborasi dengan beberapa influencer ternama.

Menurut Christopher kedepannya bisnis catering sehat memiliki peluang besar karena orang-orang  mulai sadar akan kesehatan mereka, terutama yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta.

Wahhh sangat inspiratif banget ya, bro, perjalanan bisnis dari Christopher Aldo. Untuk memulai usaha, kuncinya ada pada diri lo sendiri. Nggak ada sesuatu yang luar biasa yang didapatkan dengan mudah. Well, kapan giliran lo buat mengembangkan ide bisnis lo, bro?.

 

Featured image - traveling.bisnis.com