Uji Adrenalin di Gunung Berapi - MLDSPOT
  • Sport
  • Uji Adrenalin di Gunung Berapi

Uji Adrenalin di Gunung Berapi

Thu, 11 September 2014

Surfing identik dengan pantai, air laut, dan ombak, tapi apa yang terjadi jika surfing dilakukan di atas gunung? Yap, namanya volcano surfing, salah satu olahraga ekstrem yang lagi booming. Sesuai namanya, volcano surfing dilakukan di gunung berapi lho.

Volcano surfing pertama kali dilakukan di Gunung Berapi Cerro Negro, Nikaragua, pada tahun 2005. Untuk melakukan olahraga ini lo butuh usaha ekstra karena harus mendaki ke puncak gunung terlebih dahulu, baru setelah itu bisa berselancar dengan bebas.

Kalau melihat olahraga ini di YouTube, sepertinya olahraga ini cukup mudah dilakukan, tapi setelah mencobanya, lo akan tahu sulitnya olahraga ini. Selain butuh tenaga yang lebih untuk mendaki, lo juga harus menjaga keseimbangan tubuh lo pada saat bermain volcano surfing ini. Surfing di laut lo hanya membutuhkan celana pantai atau swimsuit, tidak dengan volcano surfing, olahraga ini membutuhkan pengamanan extra, selain harus menggunakan outfit khusus, harus menggunakan pengaman lainnya, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Dalam volcano surfing, peralatan lengkap juga nggak cukup, karena keberanian lo juga hal penting dalam olahraga ini. Di samping harus menjaga keseimbangan pada saat meluncur, lo juga harus inget, lo meluncur di gunung berapi yang masih aktif! Dengan kemiringan pasir sekitar 40-50 derajat, membuat kecepatan lo meluncur kenceng banget, jika tidak berhati-hati dan berkonsentrasi untuk terus seimbang, bisa-bisa lo akan terpental dari papan lo.

Ada dua cara yang untuk melakukan olahraga ini, lo bisa berdiri di papan seperti yang dilakukan pada saat surfing di laut, tetapi bagi yang belum yakin dengan keseimbangannya, lo bisa melakukannya sambil duduk di papan dan berpegangan, lo akan merasakan roller coaster secara nyata dan pastinya menyenangkan.

Papan seluncur volcano surfing juga sangat berbeda dari papan yang digunakan di ombak. Dan salah satu hal yang paling penting lo gunakan adalah kacamata, lo akan berseluncur di antara pasir vulkanik, jangan sampai keseimbangan lo hilang karena mata kelilipan debu, Urbaners!

Kalau lo mau mencoba volcano surfing nggak usah jauh-jauh ke Nikaragua, karena di Indonesia juga ada olahraga yang mirip dengan volcano surfing namanya sandboarding yang terletak di Gumuk Pasir. Sekali nyoba, dijamin lo bakal ketagihan deh Urbaners!
 

Darryn Webb, Si Pencipta Volcano surfing
Darryn Webb adalah seorang snowboarder yang berasal dari Australia. Dia mengelola The BigFoot Hostel miliknya di Leon, suatu kota di daerah pegunungan Nikaragua. Melihat Gunung Berapi Cerro Negro yang memiliki tempat landai, dia pun ingin mengadaptasi keahliannya dalam meluncur. Hingga akhirnya, Darryn mulai belajar meluncur di permukaan gunung berapi dengan menggunakan meja piknik sampai matras.

Perlengkapan Olahraga Volcano surfing
Biasanya, kereta luncur yang digunakan untuk Volcano surfing terbuat dari kayu, yang dilengkapi dengan tali untuk pegangan, serta lapisan logam dan plastik formika di bagian dasar untuk mengurangi gesekan. Untuk keselamatan, seseorang yang melakukan Volcano surfing wajib menggunakan jumpsuit khusus, googles, dan sarung tangan kulit sebagai pelindung dari abu, maupun kerikil vulkanik.

Tentang Cerro Negro
Cerro Negro adalah salah satu gunung berapi yang ada di barisan gunung Cordillera de los Maribios di Nikaragua. Nama “Cerro Negro” berarti “bukit hitam” karena puncaknya yang terlihat gelap akibat basal. Gunung ini merupakan gunung termuda di Amerika Tengah, karena baru lahir pada bulan April 1850. Walau demikian, Cerro Negro sudah meletus sekitar 23 kali, menjadikannya sebagai gunung teraktif di Nikaragua.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com