• Sport
  • Exergaming: Fitness Sambil Nge-Game

Exergaming: Fitness Sambil Nge-Game

Sun, 04 January 2015

Para gamers selalu diidentikkan dengan satu paket peralatan game yang membuat mereka males bergerak, apalagi berolahraga. Selain itu, ada juga yang beranggapan kalau gamers itu “anti-sosial” karena lebih senang berhadapan dengan layar monitor daripada berhadapan langsung dengan orang lain. Kalau lo termasuk sebagai salah satu gamer, tapi nggak setuju dengan hal tersebut, lo bisa membantahnya dengan melakukan exergaming. Dengan exergaming, lo bisa membuktikan kalau lo juga mampu fitness dan bersosialisasi, walaupun lagi asik nge-game!

Exergaming adalah video games yang juga merupakan salah satu bentuk latihan fisik. Dengan kata lain, exergaming mengadaptasi dua konsep, yaitu: video games dan fitness. Aktivitas yang dikenal dengan nama “fitness game” ini mengandalkan teknologi yang “menuruti” gerakan atau reaksi tubuh pemainnya. Jadi, para gamers bisa ngedance, menjaga kebugaran tubuh, bersosialisasi dengan orang lain, dan menikmati tantangan yang ada di dalam game sekaligus.

Dua nama paling populer yang akrab dengan exergaming adalah “Wii Fit Plus” dan “Xbox Kinect”. Kedua console game tersebut bersaing cukup ketat dengan keunggulannya masing-masing. Wii Fit Plus hadir dengan lebih dari 40 aktivitas yang berbeda, mulai dari “boxing and skiing” sampai “hula-hooping and strength-training”. Aktivitas-aktivitas tersebut sangat berguna, terutama untuk menguatkan otot dan bahkan, untuk mempertahankan postur tubuh sekalipun. Selain itu, Wii Fit Plus juga dapat mengetes body mass index (BMI) dan mencatat progress lo.

Xbox Kinect terdiri dari Xbox 360 4 GB dan Kinect. Kalau lo udah punya Xbox 360 console, lo bisa membeli Kinect secara terpisah dengan kisaran harga $199.99. Walau nggak memiliki koleksi game sebanyak Wii Fit Plus, tapi Xbox 360 Kinect memiliki paket “Kinect Adventures”, yang terdiri dari enam aktivitas unggulan. Di luar itu, Xbox 360 Kinect masih menyediakan banyak macam aktivitas lainnya. Sebagian pemain Xbox 360 Kinect sendiri menyukai driving games, seperti Joyride, dan beberapa jenis game lainnya yang berfokus pada kekuatan.

Meski terkesan hanya sekedar menggerakkan badan, tapi exergaming terbukti mampu untuk membakar kalori. Exergame boxing bahkan dapat membakar kalori sebanyak 7,2/menit atau 216 kalori/30 menit! Nah, sekarang siapa bilang kalau fitness harus di gym? Di depan video game juga bisa!

 

 

Harus Tetap Olahraga
Menurut Scott G. Owens dari University of Mississippi, exergaming nggak sama dengan olahraga yang bener-bener dilakukan di luar ruangan. Dia menyampaikan kesimpulan tersebut setelah dia meneliti orang-orang yang bermain exergaming selama 6-12 minggu. Jadi, mesti aktif melakukan exergaming, jangan lupa untuk tetap berolahraga ya, Guys!

Berat Badan Turun 10 Kg dengan Exergaming
Pete McCall, jubir The American Council on Exercise mengatakan kalau seseorang bisa menurunkan berat badan sekitar 20 pon atau 10 kg dengan melakukan exergaming. Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan exergaming selama 60-90 menit selama 5 hari per minggunya, dan jangan menambah porsi makan jika kegiatan lo bertambah.

Kekurangan Wii Fit Plus dan Xbox 360 Kinect
Walau populer, tapi Wii Fit Plus dan Xbox 360 Kinect tetap nggak bisa luput dari yang namanya kekurangan. Salah satu kekurangan dari Wii Fit Plus adalah adanya suara penjelasan yang terlalu banyak, sehingga terkesan annoying dan membuang-buang waktu. Sementara, salah satu kekurangan dari Xbox 360 Kinect adalah harganya yang relatif mahal karena sebagian besar game dijual secara terpisah.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com