Trending
Rabu, 11 Februari 2015

Berlomba bersama hewan kesayangan

  • Share
  • fb-share
Berlomba bersama hewan kesayangan

Suka sama olahraga yang menantang? Kalau iya, mungkin lo perlu cobain olahraga yang satu ini. Namanya Skijoring, ini adalah salah satu olahraga favorit di musim dingin ; ski bersama anjing kesayangan!

Namanya mungkin agak asing di telinga orang-orang timur seperti kita, ya tentu saja, kita kan jarang ketemu sama musim dingin, paling-paling Cuma musim hujan. Tapi perlu kalian tahu, bahwa olahraga Skijoring ini sudah sangat populer di Skandinavia dan Alaska selama bertahun-tahun, dan popularitasnya cepat menyebar ke wilayah lain di dunia.

Persebaran Skijoring salah satunya disebabkan oleh banyaknya perusahaan penyedia alat perlengkapan Skijoring yang membuat tour dunia, dan hal itu membuat para penggemar anjing mengenali Skijoring sebagai sebuah kegiatan yang bisa mereka lakukan bersama dengan anjing kesayangan mereka.

Peraturan dalam Skijoring ini tidak sulit. Kita hanya perlu ditemani 1 atau beberapa anjing (bisa milik kita sendiri, bisa juga milik orang lain, asal jangan milik negara) untuk menarik kita seperti sedang menarik kereta luncur. Dengan jarak tempuh kurang-lebih 10 mil; di atas salju. Skijoring adalah perlombaan yang memang biasanya dilakukan di atas salju. Apa bisa dilakukan di Indonesia? Bisa, silakan coba di pegunungan Jayawijaya.

Di Indonesia mungkin kita sulit untuk bisa bermain Skijoring, tapi tenang, di sini kita juga punya permainan yang mirip dengan itu, namanya Karapan Sapi. Itu merupakan istilah untuk perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur, Indonesia.

Nah, untuk Urbaners yang nggak bisa ngerasain serunya nonton perlombaan Skijoring, langsung aja ke Pulau Madura untuk nonton Karapan Sapi. Meskipun sedikit berbeda tapi sama-sama seru kok!

 

 

Comments
asrul firmansyah
Olahraga yang sangat ekstrim...belom tentu orang lain bisa melakukan ya
Muntakhimah
Terlalu keren