Trending
Rabu, 11 Maret 2015

Video Game? No, Inilah Bentuk Kemudi F1!

  • Share
  • fb-share
Video Game? No, Inilah Bentuk Kemudi F1!

Apa yang ada di pikiran lo ketika melihat benda ini? Kalau lo nebak kalau ini adalah video game terbaru, lo salah, karena ini adalah bentuk kemudi F1. Mobil formula 1 memang mesin paling keren yang pernah dibuat. Ketika lo berlomba dengan pembalap kelas dunia, seperti Sebastian Vettel yang menjuarai kejuaraan dunia sebanyak 4 kali, lo harus konsentrasi dan tangan lo harus berada di setir terus. Karena setiap informasi yang lo perlukan untuk memenangkan balapan ada di jari-jari yang berada di kemudi. Kemudi formula 1 memang bisa diibaratkan sebagai pusat saraf dari mobil.

Mobil F1 punya puluhan parameter yang dapat disesuaikan hanya dengan kemudi dan oleh pengemudi. Meskipun data selama balapan disediakan oleh tim, tetapi tetap pembalap yang punya kontrol penuh atas pengaturan-pengaturan selama pertandingan. Semua pengaturan dapat diubah beberapa kali selama balapan, atau bahkan dalam satu kali putaran. Penyesuaian dan pengaturan dapat dilakukan dengan kedua tangan di kemudi dan mata tetap lurus ke depan. Kemudi F1 ini punya 35 tombol bahkan lebih, dan diapit juga oleh layar LCD kecil. Pembalap juga menggunakan pedal kecil di belakang kemudi untuk bergeser ke atas dan ke bawah. Lalu, ada pedal ketiga sebagai kopling.

Layar LCD kecil dibuat oleh McLaren Electronics, layar sebesar 4,3 inci ini dapat menampilkan 100 halaman informasi dan data, mulai dari mesin RPM sampai temperatur oli. Mungkin lo juga bertanya-tanya, apa aja sih fungsi tombol yang ada di kemudi. Inilah beberapa fungsi tombol di kemudi F1:

Tombol N berwarna kuning: Pilihan netral dari 1 atau 2 gigi
BRKBAL saklar putar: Mengatur keseimbangan rem depan dan belakang
Tombol Box berwarna hitam: Konfirmasi niat pengemudi untuk datang ke pit
Tombol S1 & S2 berwarna biru dan oranye: Tombol ini dapat diprogram untuk beberapa fungsi
IGN (Ignition) saklar putar: Mengontrol waktu pengapian
Tombol Oil berwarna merah: Transfer minyak dari tangki tambahan ke tangki utama
Fuel saklar putar: Mengontrol tingkat konsumsi bahan bakar
Tombol Red PL (Pit Lane): Membatasi kecepatan mobil ke batas kecepatan yang diarahkan pit lane (biasanya 100km/jam)

Selain ini, masih banyak tombol lainnya dan berbagai fungsi yang dapat diatur dalam kemudi F1. Kebayang kan, gimana kalau lo jadi pembalap F1? Lo harus hapalin setiap tombol, kalau salah pencet balapan lo bisa berantakan!

 

 

Comments
PUTRI PUSTIKA SARI
mantap infonya
Ahmad cepi
Artikelnya bagus