Home Sport Lakukan Bench Press dengan Benar

Lakukan Bench Press dengan Benar

Monday, August 31, 2015 - 13:42
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bench press adalah salah satu bentuk workout yang tepat untuk memperkuat otot dada, pundak, serta trisep. Jangan anggap workout ini hanya sekedar untuk “memperbaiki” penampilan tubuh aja karena hasil dari latihan bench press yang rutin juga bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari. Penguatan pada tubuh bagian atas tersebut bakal memudahkan lo untuk mengangkat beban yang berat atau melakukan berbagai jenis olahraga yang lainnya. Kabar baiknya, bench press ini relatif mudah dilakukan. Lo cuma membutuhkan tiga kunci penting, yaitu niat, komitmen, dan kesabaran.

Dalam melakukan bench press, posisi tubuh yang benar lebih penting dari bobot beban yang lo angkat. Jadi, sebelum mulai mengangkat beban, pastikan kalau kepala, bahu, punggung, dan pantat tetap menempel di atas bangku, sementara kedua kaki terbuka lebar dan menapak langsung dengan lantai. Pemilihan bangku yang digunakan pun harus disesuaikan dengan lebar tubuh agar kedua lengan dapat bergerak dengan leluasa.

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, lo harus memperhatikan teknik bench press yang benar. Jika lo melakukan bench press secara sembarang, maka semua tenaga dan waktu lo bakal terbuang sia-sia. Bahkan, bukan nggak mungkin, kesalahan dalam melakukan bench press justru bisa mencederai diri lo sendiri. Nah, untuk meminimalisir kemungkinan buruk itu, terapkan full range of motion. Dengan kata lain, saat lo menurunkan beban, turunkanlah sampai benar-benar menyentuh dada, baru kemudian lo angkat kembali.

Selain melakukan full range of motion, tarikan nafas dan arah pergelangan tangan juga wajib untuk diperhitungkan. Saat terbaik untuk mengambil nafas adalah saat lengan lo terkunci, sedangkan arah pergelangan tangan yang benar adalah tetap lurus ke atas. Hal ini sangat baik bagi kekuatan dan tekanan dalam tubuh lo. Dan yang terpenting, fokuslah pada bagian dada. Tekan dada di setiap repetisi yang lo lakukan agar otot dada benar-benar terlatih melalui bench press ini.

Walau bench press terbukti efektif dalam menguatkan otot dada, pundak, dan trisep, namun bukan berarti bench press langsung membuahkan hasil dalam sekejap. Bench press tetap memerlukan waktu dan konsistensi sampai hasilnya bisa terlihat. Makanya, jangan sampai berhenti di tengah-tengah latihan bench press, ya, Urbaners!

 

Source : www.mensjournal.com, confitdent.com, www.muscleandfitness.com