Trending
Jumat, 29 Januari 2016

Ini Beda American Football dan Rugby

  • Share
  • fb-share
Ini Beda American Football dan Rugby

Sekilas, olahraga American football dan rugby terlihat begitu mirip. Sebenernya, jika lo perhatikan lagi, keduanya memiliki aspek-aspek khusus yang membuat mereka berbeda. Kalau meminjam salah satu istilah dalam Bahasa Indonesia, American football dan rugby bagaikan pinang dibelah dua. Serupa, tetapi tidak sama. Daripada terus menerka-nerka, lebih baik lo langsung cari tahu perbedaannya di bawah ini.

 

Jumlah Pemain

Dari aspek pemain, udah terlihat perbedaan antara American football dan rugby. Jika American football dimainkan antara dua tim dengan masing-masing sebelas pemain, maka tiap tim dalam rugby terdiri dari lima belas orang. Dalam American football, lo diperbolehkan untuk mengganti pemain sebanyak apapun yang tim lo mau. Hal tersebut berbeda dari rugby yang cuma memperbolehkan setiap tim untuk melakukan pergantian pemain sebanyak tujuh kali.

 

Pakaian Pelindung Khusus

Berbicara tentang pakaian pelindung, dapat dikatakan bahwa American football mengharuskan lo untuk menggunakan protective gears yang lengkap, mulai dari helm, shoulder/chest pad, upper leg padding, dan pelindung mulut. Sedangkan, pemain rugby cuma diminta untuk mengenakan padding sederhana pada kepala, bahu, dan tulang selangka. Tapi, lo wajib untuk menggunakan pelindung mulut. Kostum American football dan rugby dikenakan untuk melindungi para pemain dari benturan fisik.

 

Ukuran Lapangan

Meski pada dasarnya American football dan rugby sama-sama mengharuskan pemain untuk merebut bola, lapangan yang digunakan ternyata berbeda. Rugby memiliki ukuran lapangan yang lebih kecil dari American football, yakni 100x70 meter. Sedangkan, lapangan yang digunakan dalam olahraga American football berukuran 109,7x48,8 meter. Tetapi, panjang yang digunakan cuma sekitar 91,4 meter dengan dua end zones sepanjang 9.14 meter.

 

Teknik Pelaksanaan

Tujuan dari olahraga rugby adalah membawa bola dan menempatkannya pada touch line milik tim lawan, atau disebut juga dengan “try”. Lo juga bisa mencetak skor dengan menendang bola hingga melalui goal posts. Agak mirip dengan rugby, tujuan dari olahraga American football adalah untuk mencetak poin dengan membawa bola melalui touch line tim lawan. Setiap usaha yang berhasil disebut dengan touch down. Menendang bola melalui goal post, yang disebut sebagai juga bisa memberi lo poin tambahan.

 

Cukup tricky juga, ya, untuk membedakan kedua olahraga tersebut? Sesuai namanya, American football biasanya dimainkan di USA. Sedangkan, lo bisa lebih sering menemui permainan rugby di negara manapun. Turnamen rugby disebut dengan Rugby World Cup, berbeda dari American football yang turnamennya bernama NFL Playoffs. Sekarang, lo udah bisa membedakan olahraga American football dan rugby, kan, Urbaners?

 

Source: diffen.com, loop.co.id

Comments
Heni Oen
Pakaian Pelindung Khusus
John Hutabarat
nice info bro