• Sport
  • Super Bowl, Pestanya Iklan

Super Bowl, Pestanya Iklan

Wed, 10 February 2016

Sudah masuk bulan Februari nih, Urbaners. Artinya, di Amerika Serikat sana sudah mulai terasa euforia Super Bowl, tahun ini yang ke- 50! Lebih dari 100 juta orang di dunia akan duduk di depan TV untuk nonton liga football nasional di Super Bowl. Lo sendiri gimana, Urbaners? Ikut ngerasain euforia Super Bowl, atau sekalian terbang ke Amerika Serikat buat menikmati langsung acaranya?

 

70 Miliar Buat Nampang

Satu hal yang nggak kalah penting dari pertandingan di Super Bowl adalah iklannya. Super Bowl punya catatan sejarah sendiri soal iklan-iklan yang ditampilkannya selama ini. Buat nampilin iklan di Super Bowl, lo perlu keluar biaya sampai 5 juta dollar Amerika per 30 detik. Lebih dari 70 miliar kalau dikonversi ke rupiah sekarang! Tapi, dengan jumlah audiens yang luar biasa besar, bahkan sering banget jadi acara televisi yang paling banyak ditonton, wajar sih Super Bowl masang harga tinggi banget.

Super Bowl, Pestanya Iklan

Kalau diperhatikan ya, Urbaners, memang iklan Super Bowl itu punya kekuatan uniknya sendiri. Soalnya, iklan Super Bowl menampilkan kualitas sinematografi yang bagus banget, nggak bisa diprediksi, lucu, dan pakai spesial efek yang keren. Ditambah lagi, iklan Super Bowl menampilkan selebriti yang berperan sebagai cameo. Serunya iklan Super Bowl, bahkan dianggap sebagai suatu fenomena budaya di Amerika Serikat, loh.

 

Trik Iklan Super Bowl

Ada penelitian yang pernah ngebahas soal trik iklan Super Bowl. Setelah menganalisa seluruh iklan Super Bowl yang punya durasi total mencapai dua tahun, Michael Coolsen dan Keith A. Quesenberry menemukan bahwa iklan Super Bowl punya kekuatan besar lewat caranya bercerita penuh dari awal hingga akhir. Gampangnya, iklan Super Bowl itu seperti dongeng yang jalan ceritanya mudah dipahami, menghibur, dan tentunya—keren.

Super Bowl, Pestanya Iklan

 

Coba perhatikan deh, Urbaners. Iklan Super Bowl yang paling memorable buat penontonnya itu selalu punya plot sendiri. Karakter, setting, dan latar belakangnya jelas. Ada aksi yang menimbulkan klimaks, ada anti klimaksnya, lalu ditutup dengan resolusi yang menjelaskan hal-hal janggal (biasanya ini bagian iklannya promosi). Super Bowl memakai triknya William Shakespeare dalam membuat cerita. Dan hal-hal itu bisa divisualisasikan oleh Super Bowl dalam waktu satu menit, bahkan kurang!

Jadi nggak heran ya, kenapa iklan Super Bowl itu bisa menarik (dan mahal) banget? Buat lo sendiri, iklan Super Bowl mana yang paling favorit, Urbaners?

 

Sumber:

http://time.com

http://forbes.com,

http://ifc.com

Tips Memilih Sepeda Bagi Pemula

Tue, 07 July 2020
Beberapa pesepeda terlihat berkendara di jalan raya

Pandemi COVID-19 ini justru membuat masyarakat kembali menggemari hobi bersepeda. Mulai dari usia dewasa hingga anak-anak, semua pergi bersepeda. Nah, kalau lo termasuk orang yang baru mulai mencintai hobi bersepeda, ini beberapa tips supaya lo nggak salah dalam memilih sepeda. Biar nggak rugi waktu dan rugi duit juga, Bro!

 

Sesuaikan Jenis Sepeda

Seorang pria sedang melihat beberapa pilihan sepeda

Sepeda itu memiliki banyak jenisnya, jadi pilih yang paling sesuai dengan kondisi lo. Salah satu jenis sepeda yang paling populer adalah mountain bike (sepeda gunung). Sepeda jenis ini dirancang untuk medan berat yang jalannya terbuat dari tanah atau batu-batu alam, termasuk jalur-jalur yang curam dan berbahaya.

Ada juga sepeda jenis lainnya seperti road bike yang cocok dipakai untuk berkendara di jalan-jalan beraspal kota besar, atau hybrid bike yang levelnya berada di antara mountain bike dan road bike; nggak lebih cepat dari road bike dan nggak lebih tangguh dari mountain bike. Hybrid bike biasanya dipakai hanya untuk olahraga ringan saja.

 

Cek Budget

Seseorang sedang memegang kartu kredit

Harga sepeda nggak bisa dibilang murah, apalagi kalau lo berniat membeli sepeda dengan merk-merk seperti Giant, GT Bikes, atau Santa Cruz Harga sepeda juga tergantung dengan jenis sepedanya. Sepeda gunung atau mountain bike tadi misalnya, harganya jauh lebih mahal daripada road bike.

Ini sebabnya setelah lo tahu mau cari sepeda seperti apa untuk tujuan seperti apa, lo harus cek budget lo. Pertimbangkan kelebihan dari beberapa pilihan sepeda. Lo juga bisa mempertimbangkan untuk membeli sepeda merek lokal dengan harga yang jauh lebih terjangkau, beberapa di antaranya adalah Wimcycle, Polygon, United, atau Pacific Avenger.

 

Pilih Ukuran yang Pas

Seorang pria sedang mengendarai sepeda

Kalau lo “anak baru” yang baru mau membeli sepeda, disarankan untuk datang langsung ke tokonya. Sepeda juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, jadi lo bisa mengukur mana yang paling pas dengan postur tubuh lo. Dengan begini, lo bakal lebih nyaman selama bersepeda dengan sepeda baru lo nanti. Bersepeda dengan ukuran yang nggak pas justru akan membuat badan pegal-pegal setelah selesai bersepeda. Tujuan awalnya yang ingin punya aktivitas olahraga yang bikin tubuh bugar malah jadi bikin badan kesakitan.

 

Siapkan Ruang Penyimpanan

Sebuah garasi di rumah lengkap dengan set penyimpanan sepeda

Hal ini juga sering banget dilupakan pemula, padahal ini salah satu yang terpenting: sudahkah lo menyiapkan ruangan untuk menyimpan sepeda lo nantinya? Sepeda harus lo simpan di tempat yang nggak berpotensi membuat sepeda lo berkarat, apalagi kalau lo nggak setiap hari memakai sepeda.

Kalau lo ada garasi, akan lebih baik. Tapi kalau lo nggak punya garasi atau ruangan yang luas untuk penyimpanan, lo bisa mempertimbangkan untuk memilih sepeda lipat. Intinya ruang yang bagus untuk menyimpan sepeda adalah yang kering, lembap, dan cukup luas untuk bodi sepeda itu sendiri.

Terakhir, saat lo akhirnya sudah punya sepeda sendiri, pastikan lo paham etika bersepeda di jalan. Tetap patuhi rambu lalu lintas, termasuk juga menghargai sesama pengendara lain. Saat bersepeda di jalan raya, ambil sisi tepian jalan untuk bersepeda. Kalau lo lagi bersepeda beramai-ramai dengan teman-teman lo, sebaiknya berkendara dengan sistem berbaris ke belakang, nggak ke samping. Jadi masih ada ruang tersisa untuk pengendara kendaraan bermotor yang bergerak lebih cepat.

 

 

Sources: TirtoID, Rodalink, CNN Indonesia