Home Sport Super Bowl, Pestanya Iklan

Super Bowl, Pestanya Iklan

Wednesday, February 10, 2016 - 16:31
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sudah masuk bulan Februari nih, Urbaners. Artinya, di Amerika Serikat sana sudah mulai terasa euforia Super Bowl, tahun ini yang ke- 50! Lebih dari 100 juta orang di dunia akan duduk di depan TV untuk nonton liga football nasional di Super Bowl. Lo sendiri gimana, Urbaners? Ikut ngerasain euforia Super Bowl, atau sekalian terbang ke Amerika Serikat buat menikmati langsung acaranya?

 

70 Miliar Buat Nampang

Satu hal yang nggak kalah penting dari pertandingan di Super Bowl adalah iklannya. Super Bowl punya catatan sejarah sendiri soal iklan-iklan yang ditampilkannya selama ini. Buat nampilin iklan di Super Bowl, lo perlu keluar biaya sampai 5 juta dollar Amerika per 30 detik. Lebih dari 70 miliar kalau dikonversi ke rupiah sekarang! Tapi, dengan jumlah audiens yang luar biasa besar, bahkan sering banget jadi acara televisi yang paling banyak ditonton, wajar sih Super Bowl masang harga tinggi banget.

Super Bowl, Pestanya Iklan

Kalau diperhatikan ya, Urbaners, memang iklan Super Bowl itu punya kekuatan uniknya sendiri. Soalnya, iklan Super Bowl menampilkan kualitas sinematografi yang bagus banget, nggak bisa diprediksi, lucu, dan pakai spesial efek yang keren. Ditambah lagi, iklan Super Bowl menampilkan selebriti yang berperan sebagai cameo. Serunya iklan Super Bowl, bahkan dianggap sebagai suatu fenomena budaya di Amerika Serikat, loh.

 

Trik Iklan Super Bowl

Ada penelitian yang pernah ngebahas soal trik iklan Super Bowl. Setelah menganalisa seluruh iklan Super Bowl yang punya durasi total mencapai dua tahun, Michael Coolsen dan Keith A. Quesenberry menemukan bahwa iklan Super Bowl punya kekuatan besar lewat caranya bercerita penuh dari awal hingga akhir. Gampangnya, iklan Super Bowl itu seperti dongeng yang jalan ceritanya mudah dipahami, menghibur, dan tentunya—keren.

Super Bowl, Pestanya Iklan

 

Coba perhatikan deh, Urbaners. Iklan Super Bowl yang paling memorable buat penontonnya itu selalu punya plot sendiri. Karakter, setting, dan latar belakangnya jelas. Ada aksi yang menimbulkan klimaks, ada anti klimaksnya, lalu ditutup dengan resolusi yang menjelaskan hal-hal janggal (biasanya ini bagian iklannya promosi). Super Bowl memakai triknya William Shakespeare dalam membuat cerita. Dan hal-hal itu bisa divisualisasikan oleh Super Bowl dalam waktu satu menit, bahkan kurang!

Jadi nggak heran ya, kenapa iklan Super Bowl itu bisa menarik (dan mahal) banget? Buat lo sendiri, iklan Super Bowl mana yang paling favorit, Urbaners?

 

Sumber:

http://time.com

http://forbes.com,

http://ifc.com