• Sport
  • Pelatih Manchester City Bernilai 2 Triliun

Pelatih Manchester City Bernilai 2 Triliun

Tue, 16 February 2016

Manchester City baru saja kalah dari Leicester City dengan skor 1-3 dan kalah 1-2 dari Tottenham Hotspurs. Karena dua kekalahan itu, Manchester City turun peringkat dari kedua jadi keempat. Terus, Manchester City jadi makin berat perjuangannya buat menangin Liga Inggris musim ini. Biar pun gitu, ada kabar baik nih buat para pendukungnya Manchester City. Soalnya, salah satu pelatih terbaik saat ini bakal ngurusin Manchester City di musim depan. Pep Guardiola resmi jadi pelatih Manchester City mulai sekitar bulan Juli nanti.

 

Direbutin Klub Liga Inggris, Pep Pilih Manchester City

Pep Guardiola memang dijadikan rebutan oleh berbagai klub besar di Liga Inggris, setelah dirinya bilang nggak bakal memperpanjang kontraknya di Bayern Munchen. Malah, Pep juga nambahin kalau dia berminat ngelatih klub di Liga Inggris. Makanya, habis berita itu keluar, klub-klub besar di Liga Inggris jadi heboh dan berlomba-lomba dapetin Pep sebagai pelatih. Ternyata, Manchester City yang akhirnya dapat kesempatan buat dilatih sama mantan pemain legendaris Barcelona ini.

Pep pertama kali jadi pelatih di tahun 2007. Pas itu, dia ngelatih tim Barcelona B, yang dilanjutin ke tim utamanya Barcelona. Di bawah pelatihannya Pep, Barcelona berhasil dapetin banyak piala. Mulai dari juara Liga Spanyol yaitu Copadelrey, Super Spanyol, Liga Champion, Piala Super Eropa, sampai Piala Dunia Antar Klub.

 

Manchester United Respon Santai Kedatangan Pep

Tahun lalu, Manchester City diberitain bakal ngeluarin hampir 2 triliun untuk dapetin Pep sebagai pelatih. Saat sekarang Pep memastikan masuk ke Manchester City, ada kabar yang bilang kalau keputusan itu didukung sama kedekatan Pep dengan Roberto Soriano, salah satu petinggi di Manchester City. Apa pun alasannya, Pep sudah merencanakan keluar setidaknya hampir 3 triliun buat pemain Manchester City, selepas dia ngegantiin Manuel Pellegrini nanti.

Macam-macam komentar muncul karena pindahnya Pep ke Manchester City. Kalau menurut saingan utama Manchester City, yaitu Manchester United, mereka nggak peduli dengan keputusan Pep itu karena nantinya nggak berpengaruh apa-apa ke Manchester United. Pernyataan itu keluar dari Chriss Smalling, pemain bek dari Manchester United. Meski ngomong gitu, bisa jadi Manchester United sebenarnya ngerasa ketar-ketir juga ya, Urbaners?

Pendukung Manchester City pastinya senang banget dengan kedatangan Pep jadi bagian dari tim, selain gaya berpakaiannya yang menarik, Pep diharapkan bisa ngebawa Manchester City buat menangin Liga Champion untuk pertama kalinya ya, Urbaners? Lumayan, nggak cuma sampai 16 besar saja. Kita lihat nanti musim depan, Urbaners!

 

Sumber: www.dailystar.co.uk, www.theguardian.com

Ketahui 4 Bagian Sepeda dan Fungsinya Ini

Thu, 30 July 2020
Seseorang tampak sedang melakukan perbaikan pada sepedanya

Setelah akhirnya punya sepeda sendiri, lo harus mengenali fungsi dari bagian-bagian sepeda. Pemahaman ini akan membantu untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan sepeda dengan benar, sekaligus memahami cara menjelaskan kepada ahli reparasi seandainya ada bagian sepeda yang membutuhkan perawatan khusus.

 

Rangka, Bagian Utama Sepeda

Bagian rangka atau frame pada sepeda

Bagian utama dari sepeda adalah rangka atau frame sepeda. Frame adalah pondasi untuk memasang dan menopang elemen-elemen sepeda yang lain hingga membentuk sepeda secara utuh. Frame pada sepeda sangat penting untuk lo perhatikan, terutama soal bobot dan kekuatannya menopang tubuh selama bersepeda.

Material penyusun frame bisa terbuat dari baja, aluminium, hingga serat karbon. Untuk material baja, bobot sepeda biasanya jadi lebih berat, namun sepeda jadi lebih kuat. Harga sepeda dengan frame baja cenderung lebih murah.

Bobot sepeda akan lebih ringan dan tetap kokoh jika menggunakan frame dari aluminium. Sementara jika lo memilih frame dari serat karbon, bobot sepeda akan jauh lebih ringan lagi. Walaupun begitu, sepeda dengan frame serat karbon tetap kokoh dan dapat membuat sepeda melaju lebih cepat. Itu sebabnya sepeda berbahan serat karbon biasanya menjadi yang paling mahal.

 

Stem, Setang, dan Sadel

Bagian stem dan setang pada sepeda

Bagian sepeda yang tidak kalah penting lainnya adalah stem, setang (kemudi sepeda), dan sadel (seat post sepeda). Stem dan setang ini fungsinya untuk menghasilkan sistem kemudi yang seimbang dan mudah untuk dikendalikan. Saat lo sedang membeli sepeda, pilih stem dan setang yang pas dan nyaman di genggaman lo.

Sementara sadel berfungsi sebagai bantalan tempat duduk sepeda. Bantalan tempat duduk ini memiliki ukuran yang berbeda-beda, semua bergantung pada ukuran dan desain dari sepeda itu sendiri. Sadel juga menentukan seberapa nyaman lo akan bersepeda, terutama jika akan bersepeda jarak jauh atau menempuh jalur yang nggak begitu mulus. Jadi, sebaiknya cari sadel yang ukurannya sama besar dengan sambungan bantalan tempat duduk yang akan dipasangkan ya, Bro!

 

Rem, Ban, dan Roda

Bagian ban, roda, dan cakram rem di sepeda 

Bagian penting sepeda berikutnya adalah bagian yang berfungsi untuk mobilisasi sepeda, yaitu rem, ban, dan roda. Untuk rem sepeda sendiri, ada beberapa jenisnya. Ada rim brakes, hub brakes, dan disc brakes. Ketiganya sama-sama berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju sepeda, namun padanan jenis sepedanya berbeda antara satu dengan yang lain.

Rim brakes adalah rem standar yang biasa digunakan untuk road bike, sementara disc brakes adalah rem cakram yang biasa dipasangkan pada mountain bike. Berbeda lagi dengan rim dan disc brakes, hub brakes adalah rem yang didesain agar dapat tahan di berbagai jenis cuaca, termasuk cuaca-cuaca ekstrim.                                                                                                                                                                                                           

Untuk ban dan kerangka roda, semuanya dibuat menyesuaikan dengan jenis sepeda. Jika sepeda gunung, ban dan kerangka akan dibuat lebih kokoh karena akan digunakan pada jalur-jalur sulit dan ekstrem. Sementara untuk ban dan kerangka roda pada road bike, ketebalan ban kerangka roda nggak akan setebal ban sepeda gunung.

 

Bracket dan Crankset

Bracket dan crankset yang jadi penggerak sepeda

Terakhir, ada bracket dan crankset, dua bagian yang berfungsi sebagai penggerak sepeda. Bracket adalah set yang terletak di belakang sepeda, sedangkan cranckset berada di tengah dan terhubung dengan pedal sepeda.

Desain bracket dan crankset pada setiap sepeda akan berbeda. Semuanya tergantung pada jenis dan fungsi sepeda. Bracket dan crankset inilah yang memungkinkan sepeda memiliki teknologi gigi layaknya kendaraan bermotor. Jadi, lo bisa mengontrol tarikan: lebih ringan saat jalan menanjak, dan tarikan lebih berat saat jalan menurun.

 

 

 

Sources: Element, Gowespedia, Review Bukalapak