Trending
Senin, 11 April 2016

Villanova Kalahkan North Carolina di MarchMadness

  • Share
  • fb-share
Villanova Kalahkan North Carolina di MarchMadness

NBA bukan menjadi satu-satunya turnamen basket yang kehadirannya ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Ada pula ajang March Madness, yang pesertanya terdiri dari tim basket terkenal dari kampus-kampus di Amerika. Tahun ini, March Madness diselenggarakan sejak tanggal 15 Maret 2016, ditutup dengan babak final pada tanggal 4 April 2016. Tim Villanova berhasil keluar sebagai juara dengan ending super epic yang membuat arena pertandingan meledak karena rasa excitement.

 

Berkat Buzzer Beater dari Kris Jenkins

Kemenangan Villanova memang tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim, namun mereka harus memberi penghargaan lebih kepada Kris Jenkins. Dengan sisa waktu sepuluh detik, Villanova sebenarnya sudah unggul tiga poin dari North Carolina. Namun, Marcus Paige selaku guard berhasil menyamakan kedudukan, menyisakan waktu empat detik bagi kedua tim untuk mengubah keadaan. Terdengar sangat nggak mungkin, memang, tapi siapa sangka Villanova berhasil memanfaatkan waktu tersebut?

Salah satu anggota Villanova yang bernama Ryan Arcidiacono mengoper bola kepada Jenkins, yang dengan tenang langsung melakukan three point shot ke arah net. Sebenarnya, waktu pertandingan telah habis ketika bola sedang melayang, namun karena Jenkins melemparkannya sebelum peluit berbunyi, tembakan tersebut masuk pada kategori buzz-beater. Nilai yang didapatkan Villanova melalui tembakan Jenkins pun masih dihitung sah, membuat mereka unggul dengan skor 77-74.

 

Tim Pertama yang Menang Berkat Buzzer Beater

Ketika diwawancarai setelah pertandingan berakhir, Jenkins bilang bahwa dirinya selalu percaya dapat memasukkan setiap bola yang ditembakkannya. Kepercayaan diri itulah yang membuat ia tetap fokus dan tenang ketika melakukan three point shot meskipun saat itu waktu yang tersisa cuma tinggal beberapa detik. Tembakan epic Jenkins tersebut bahkan digadang-gadang menjadi salah satu momen terbaik dalam sejarah turnamen March Madness.

Pujian tersebut nggak berlebihan, sih, Urbaners, mengingat bahwa ternyata tembakan Jenkins tersebut merupakan buzzer beater bernilai tiga poin pertama dalam sejarah final March Madness. Villanova juga sukses menjadi tim pertama yang memenangkan kejuaraan nasional berkat buzzer-beater sejak tim N.C. State mengalahkan Housten dengan skor 54-52 di Albuquerque, New Mexico, pada tahun 1983. Ini adalah kemenangan March Madness kedua yang pernah diraih Villanova setelah tahun 1985.

 

What a shot, Urbaners. Sepertinya karir tim Villanova bakal makin terang setelah memenangkan March Madness, nih. Jangan kecewa terlalu lama jika tim andalan lo di March Madness kemarin nggak menang, ya. Mungkin ini saatnya lo ikutan membela Jenkins dan kawan-kawannya di Villanova!

 

 

Sources: hollywoodlife.com, sbnation.com, edition.cnn.com

Comments
John Hutabarat
mantap bro
Ahdan Maulana Muhammad
Mantap banget