Trending
Kamis, 27 Oktober 2016

4 Mitos tentang Fitness yang Nggak Boleh Lo Percaya

  • Share
  • fb-share
4 Mitos tentang Fitness yang Nggak Boleh Lo Percaya

Setiap orang memiliki alasan berbeda untuk melakukan fitness di gym. Ada yang ingin membesarkan otot, membentuk tubuh, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya. Gimana dengan lo, Urbaners? Apa pun alasan atau motivasi yang melatarbelakangi, jangan sampai rutinitas fitness lo sia-sia karena termakan dengan beberapa mitos yang salah di bawah ini.

 

Menghilangkan Lemak di Area Tubuh Spesifik

Lo bisa menambah massa otot tubuh, tapi membakar lemak membutuhkan proses yang lebih menyeluruh. Jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise menyatakan bahwa orang yang berolahraga dengan fokus pada satu bagian tubuh justru mengalami pembakaran lemak yang nggak sempurna. Pengurangan berat badan merupakan hasil dari pembakaran kalori. Artinya, lo harus fokus pada otot-otot besar, yang paling banyak terdapat pada tubuh bagian bawah.

 

Sering Lari Berakibat Buruk pada Lutut

Pernah mendengar mitos yang mengatakan bahwa berlari bisa mengurangi kinerja lutut lo? Salah besar, Urbaners. Para peneliti dari Stanford University justru menemukan fakta bahwa orang-orang yang rutin berlari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena artritis pada sendi mereka. Masalah terbesar yang kerap menyebabkan masalah pada lutut adalah kelebihan berat badan. Lo bisa melakukan cardio secara rutin untuk mengatasi hal tersebut.

 

Sit Up untuk Melangsingkan Perut Buncit

Mitos satu ini sepertinya paling sering beredar, nih. Lo mungkin bertanya-tanya kenapa perut nggak kunjung langsing meskipun sudah beratus-ratus kali situ up. Nyatanya, sit up merupakan jenis olahraga untuk melatih otot perut, bukannya membakar lemak di perut. Bukan berarti lo harus menghentikan rutinitas sit up lo, Urbaners. Imbangi aja dengan pola makan tinggi protein dan rendah kalori. Kombinasikan olahraga sit up dengan latihan beban dan cardio untuk membantu lo membakar lemak.

 

Semakin Sering Fitness, Semakin Baik

Kalau lo ingin membangun otot, lo justru harus menerapkan konsep less is more. Jangan sampai lo berlebihan fitness karena bisa menimbulkan stres pada tubuh dan mengganggu pertumbuhan otot. Ambil waktu istirahat untuk memulihkan tubuh lo yang bekerja keras selama fitness. Istirahat juga bakal membantu tubuh lo untuk kembali menumbuhkan otot sehingga kondisinya bisa lebih besar dan kuat. Waktu seminggu sepertinya pas untuk beristirahat sejenak dari rutinitas fitness lo di gym.

 

Nah, sekarang lo bisa berolahraga fitness dengan lebih maksimal. Perhatikan juga makanan dan minuman yang lo konsumsi setelah berolahraga agar nutrisi dan tenaga yang hilang bisa segera pulih. Selamat berolahraga, Urbaners!

 

 

Sources: Fashionbeans.com, Duniafitnes.com, Men-id.com

Comments
John Hutabarat
nice info bro
Agung Sutrisno
mitos yang mengatakan bahwa berlari bisa mengurangi kinerja lutut