Home Sport Apa Enaknya Sih Ikutan Cardio Boxing?

Apa Enaknya Sih Ikutan Cardio Boxing?

Tuesday, November 1, 2016 - 17:39
Bagikan
Facebook Twitter Email

Cardio boxing sekarang menjadi salah satu olahraga pilihan bagi sebagian orang di kota-kota besar. Di Jakarta sendiri, sangat mudah menemukan cardio boxing di beberapa tempat gym. Bagi yang nggak mengetahui apa itu cardio boxing, sekarang akan dijelaskan apa itu cardio boxing apakah olahraga yang bisa dikatakan baru ini cocok untuk lo?

 

Beda dengan kickboxing atau boxing

Ada yang mengatakan bahwa nggak ada bedanya antara kickboxing dan juga boxing/tinju. Yang membedakan antara cardio boxing dengan kickboxing ataupun tinju adalah fokusnya. Fokus di kickboxing tentu body contact dengan fokus di kaki dan sedangkan tinju lebih fokus ke tangan. Tetapi cardio boxing ini fokus ke dalam penguatan sistem daya tahan tubuh, kecepatan, kekuatan serta pelancaran denyut nadi.

Ketika lo memutuskan untuk mengikuti cardio boxing, lo akan melihat latihan layaknya seorang petinju. Lo memakai sarung tangan tinju yang cukup kecil, nggak besar seperti petinju. Lalu lo akan menjalani 3 proses latihan cardio boxing selama 2 jam penuh. Pertama ada pemanasan, lalu dilanjut workout dan terakhir pendinginan. Menariknya adalah Urbaners, 2 jam penuh ini tubuh lo nggak boleh berhenti bergerak, bahkan ketika istirahat pun lo diharuskan berjalan-jalan atau hanya sekedar mengurangi porsi latihan.

 

Lebih kepada disiplin

Bayangkan lo latihan cardio boxing selama 2 jam penuh dan hanya sesekali berhenti? Tentu ini ada alasannya Urbaners, cardio boxing ternyata nggak hanya mengajarkan lo berolahraga, tetapi belajar disiplin. Para trainer akan mendampingi dari awal sampai akhir. Hal menarik lain dari olahraga cardio boxing adalah lo akan dihitung denyut nadi oleh trainer. Tujuannya untuk menjaga apakah stamina lo bisa kuat mengikut cardio boxing dari awal sampai akhir.

Ketika sudah beberapa kali mengikuti cardio boxing, nantinya ketahanan fisik, stamina dan juga aliran darah keseluruh tubuh akan lebih tertata. Selain itu, cardio boxing juga mengajarkan bagaimana pentingnya disipilin walau hanya olahraga.

 

Source: gulalives.com