Home Sport Akhirnya, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2016, Lagi

Akhirnya, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2016, Lagi

Tuesday, December 13, 2016 - 14:31
Bagikan
Facebook Twitter Email

Indonesia di-banned FIFA sejak tahun 2015, mengakibatkan segala aktivitas sepakbola profesional dan resmi berhenti. Setelah dinyatakan lepas dari sangsi FIFA pertengahan tahun 2016 ini, timnas Indonesia langsung menggeber latihan dengan mengambil seluruh pemain terbaik dari seluruh Indonesia. Tujuannya satu, untuk mengembalikan supremasi sepakbola Indonesia. Piala AFF 2016 adalah destinasi pertama. Sempat tampil lumayan di beberapa laga percobaan, Indonesia datang ke Filipina dengan hasrat yang sangat rendah.

Tapi ambisi yang tadinya turun menjadi meningkat setelah timnas Indonesia berhasil lolos semifinal, melawan Vietnam. Bertarung 2 leg, Indonesia berhasil mengatasi Vietnam 2-1 di Stadion Pakansari Bogor. Dan Rabu 7 Desember 2016 kemarin, para pengarak Garuda di dada ini bertarung second leg melawan Vietnam. Hasilnya? Garuda perkasa dengan menahan imbang Vietnam, 2-2. Indonesia pun lolos ke final Piala AFF 2016, lagi untuk kelima kalinya.

 

Tanpa target tapi dibebani

Dengan jumlah penduduk segini banyaknya, dengan jumlah klub sepakbola segini banyaknya dan kompetisi yang sudah berjalan sebegitu lamanya. Tentu wajar jika ada sejumput harapan agar Timnas Indonesia berjaya di kancah dunia. Sebagai informasi, Indonesia ini nggak pernah sekalipun juara Piala AFF.

Walaupun federasi sepakbola Indonesia ini mengatakan bahwa nggak ada target bagi timnas, karena mepetnya persiapan. Tetapi setiap pundak pemain maupun jajaran pelatih terbersit harapan, harus ada perubahan di Indonesia.

 

Jadi setelah lolos final bagaimana?

Di dalam pertandingan olahraga, final adalah pertandingan mental. Taktik dan kemampuan akan menjadi faktor tambahan. Seorang dengan kemampuan tinggi akan menjadi loyo ketika nggak mempunyai mental. Menghadapi Thailand di final, Indonesia tentu kalah segalanya. Di pertandingan grup saja, Indonesia dibantai 4-2 walaupun sempat menahan imbang 2-2.

Sekarang yang terpenting bukan juara atau nggak, yang terpenting adalah sekarang semua orang telah mengetahui bahwa orang Indonesia sangat haus akan hiburan, hiburan 22 orang merebut satu bola di atas lapangan hijau yang luas. Mari berdoa yang terbaik untuk sepakbola Indonesia.