Home Sport 3 Kontroversi di Bidang Olahraga Paling Besar Sepanjang 2016

3 Kontroversi di Bidang Olahraga Paling Besar Sepanjang 2016

Thursday, January 26, 2017 - 11:44
Bagikan
Facebook Twitter Email

Tahun 2016 memang sudah berlalu beberapa hari. Namun hingga kini, kejadian serta cerita yang terjadi sepanjang tahun 2016 masih terngiang hingga saat ini. Salah satu yang menarik adalah kisah-kisah di bidang olahraga. Banyak cerita dan kejadian terjadi di bidang olahraga yang bisa dibilang cukup kontroversial. Apa saja kontroversi yang terjadi di bidang olahraga selama tahun 2016 lalu?

 

Russia di-ban di Rio

Olahraga mengajarkan tentang sportivitas, kerja keras, serta kompetisi yang tinggi. Inilah mengapa pengawas olahraga berusaha keras untuk menghilangkan doping dari setiap cabang olahraga. Rusia adalah salah satu negara dengan atlet yang paling banyak terbukti menggunakan doping. Akibatnya, International Association of Athletics Federations (IAAF) mencekal Rusia untuk turut andil dalam setiap kompetisi di Olimpiade Rio, tak terkecuali mereka yang nggak ada hubungannya dengan doping hingga setiap atlet yang berlaga di Paralympics.

 

Sharapova dan meldonium

Meldonium adalah sejenis bahan doping yang awal tahun 2016 lalu disahkan oleh World Anti-Doping Agency (WADA). Tak butuh waktu lama, banyak atlet yang terjaring tes doping meldonium ini. Pengesahan tersebut terkait temuan penggunaan obat tersebut oleh Maria Sharapova. Petenis cantik asal Rusia tersebut menggunakannya untuk mengatasi masalah jantung dan aliran darah. Sayangnya, obat ini mempengaruhi performa atlet saat berlaga. Akibatnya, Sharapova dicekal dari kompetisi setelah positif terbukti mengonsumsi meldonium di Australian Open dan sekaligus melewatkan Olimpiade sebagai konsekuensinya.

 

Cerita bohong perampokan atlet Olimpiade

Empat perenang asal Amerika Serikat, termasuk peraih juara Olimpiade 12 kali Ryan Lochte, mengklaim bahwa mereka kecurian barang di hotel ketika ditinggal pesta. Lochte bercerita bahwa seseorang yang menyamar sebagai polisi merampoknya dan kawan-kawan. Sayangnya, cerita tersebut nggak didukung sama teman-teman yang lain. Lochte pun mengaku bahwa dia membesar-besarkan cerita tersebut. Akibatnya, Lochte dicekal dari perlombaan apapun selama 10 bulan.

 

Nah, menurut lo, mana cerita yang paling kontroversial? Semoga hal-hal tersebut nggak akan terjadi di tahun-tahun yang akan datang.

 

Source: rt.com