Trending
Selasa, 30 Mei 2017

3 Persiapan Mengikuti Trail Run Menantang

  • Share
  • fb-share
3 Persiapan Mengikuti Trail Run Menantang

Jika lo pernah mendengar ada kompetisi lari 5K, 10K, half marathon, sampai maraton, mungkin sudah biasa. Sekarang yang sedang ramai adalah trail run, berlari di perbukitan dan pegunungan. Jadi, lo nggak hanya merasakan sensasi berlari aja Urbaners, tetapi lo juga harus mengatasi tanjakan dan turunan. Nggak semua orang bisa ikut trail run, lho. Tapi, bagi lo yang penasaran gimana persiapan untuk mengikuti trail run, simak tips berikut ini.

 

Persiapan dengan Menggabungkan Olahraga Lain

Untuk trail run, lo nggak harus handal dalam berlari. Karena lo akan berhadapan dengan tanjakan dan turunan, pengaturan napas, pemanasan otot, dan fokus harus sangat tinggi. Untuk mengasah kemampuan tersebut, lo harus berlatih menggabungkan lebih dari satu jenis olahraga. Misalnya seperti berenang dan bersepeda. Atau bisa juga selingi latihan lari lo dengan bersepeda dan berenang.

 

Penguatan Otot-Otot

Ketika berlari, semua bagian tubuh lo akan bergerak, apalagi ketika ikut trail run. Jadi, lo bisa mempersiapkan diri dengan menguatkan otot-otot kaki dan tangan. Terutama kaki, lo bisa melakukan fitness atau pergi ke gym untuk menguatkan otot kaki.

 

Nggak Boleh Pakai Sepatu Lari Biasa

Nggak seperti lari di jalanan biasa, untuk trail run lo harus mempunyai jenis sepatu yang berbeda. Sepatu yang lo gunakan harus mempunyai grip atau cengkraman yang kuat agar tidak terpeleset ketika melewati bebatuan licin sekali pun.

 

Beli Peralatan Tambahan

Untuk lo yang benar-benar serius mengikut trail run, lo bisa membeli peralatan tambahan seperti tas khusus trail run, jaket, dan senter jika lo berlari di malam hari. Peralatan tambahan ini memang opsional, karena biasanya trail run dilaksanakan di siang hari. Tetapi untuk mengurangi risiko jika terjadi hujan, peralatan tambahan tersebut akan sangat berguna.

Itulah beberapa persiapan untuk mengikuti trail run pertama lo. Yang terpenting, kuatkan fisik dan kondisi tubuh terlebih dahulu, baru mempersiapkan peralatan ya. Semoga beruntung, Urbaners!

 

Source: kompas.com

Comments
Iriyandi
Msntap bener nih
Mursidin
Keren bsnget