Home Sport 3 Teknologi yang Dipakai di PyeongChang Olimpiade Musim Dingin
3 Teknologi yang Dipakai di PyeongChang Olimpiade Musim Dingin

3 Teknologi yang Dipakai di PyeongChang Olimpiade Musim Dingin

Wednesday, February 21, 2018 - 11:31
Bagikan
Facebook Twitter Email

Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang, Korea Selatan, sudah berlangsung setengah perjalanan. Untuk sementara nih, Urbaners, Norwegia masih unggul dengan sembilan emas, sembilan perak, dan sembilan perunggu. Nah, kali ini kita nggak akan membahas soal persaingan perebutan medali emas, tetapi soal teknologi. Di Olimpiade Musim Dingin PyeongChang ini ternyata teknologi menjadi daya tarik tersendiri. Penasaran seperti apa?

 

Turnamen ski robot pertama di dunia

Panitia lokal Olimpiade Musim Dingin PyeongChang membuat sesuatu yang spesial. Mereka mengadakan turnamen ski robot pertama di dunia. Dengan nama Edge of Robot: Ski Robot Challenge, delapan tim yang berkompetisi dari kampus, institusi, dan perusahaan swasta merebutkan hadiah sepuluh ribu dolar. Dengan menggunakan baju mirip atlet ski, robot ini ternyata kesusahan untuk melewati bendera-bendera. Walaupun demikian, ini merupakan kemajuan yang sangat pesat dalam dunia teknologi.

 

Rekor drone terbanyak diterbangkan di dunia

Saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 kemarin, Intel yang menjadi sponsor utama membuat kejutan tersendiri. Saat pertengahan pembukaan, sebanyak 1,218 drone terbang untuk membuat logo lima lingkaran logo Olimpiade. Rekor sebelumnya terjadi saat Halftime Show Super Bowl 2017 tahun lalu dengan tiga ratus drone. Kejutan nggak berhenti sampai di situ, Urbaners. Di setiap seremoni penyerahan medali, Intel juga menyiapkan tiga ratus drone yang siap terbang setiap hari.

 

Augmented Reality para atlet

The New York Times mengeluarkan edisi spesial Olimpiade Musim Dingin 2018, yaitu augmented reality para atlet terkenal Amerika Serikat. Program ini ternyata booming di Amerika Serikat lho, Urbaners. Maklum, Olimpiade Musim dingin ini nggak seterkenal Olimpiade Musim Panas. Beberapa atlet yang dapat lo lihat gerakannya secara khusus dengan augmented reality adalah Nathan Chen, JR Celski, dan Alex Rigsby.

Walaupun Olimpiade Musim Dingin PyeongChang ini bukan yang terdepan dalam urusan teknologi, tapi lo tetap bisa menikmati dan melihat beberapa fitur teknologi yang keren seperti di atas.

 

Source: theverge.com