• Sport
  • 4 Jenis Sepeda dan Kegunaannya yang Berbeda

4 Jenis Sepeda dan Kegunaannya yang Berbeda

Wed, 29 July 2020
Dua orang pesepeda terlihat mengendarai sepeda balap

Jenis sepeda itu nggak cuma satu. Ada banyak jenis sekaligus kegunaan sepeda yang disesuaikan dengan fungsinya. Karenanya, penting buat lo untuk mengetahui apa saja jenis sepeda yang ada supaya lo tahu mana yang paling cocok dengan kebutuhan lo saat ini. Kalau sudah tahu jenis sepeda yang lo butuhkan, perkara menentukan merek sepeda mana yang akan lo beli bakal jadi lebih mudah, Bro!

 

Sepeda Gunung

Seorang pria mengendarai sepeda gunung di rute jalan berbatu

Jenis sepeda yang pertama adalah sepeda gunung atau mountain bike (MTB). Sepeda gunung termasuk jenis yang populer di Indonesia karena cocok dengan jenis medan jalan di Indonesia, yaitu jalan berbatu yang belum diaspal atau jalan dengan banyak tanjakan.

Berkendara dengan sepeda gunung cenderung lebih nyaman di rute-rute yang sulit karena desain sepeda yang menyertakan sistem suspensi. Sistem suspensi ini memungkinkan sepeda meredam banyaknya guncangan yang mungkin terjadi saat melintasi jalan rusak atau berbatu. Dengan begini, lo jadi bisa lebih mudah mengontrol keseimbangan tubuh dan nggak mudah terjatuh dari sepeda.

Bodi rangka sepeda gunung yang kokoh juga semakin menambah potensinya untuk dipakai bersepeda di medan-medan yang berat.

 

Sepeda Lipat

Seorang pria terlihat mengendarai sepeda lipat di dalam kota

Seperti namanya, sepeda yang satu ini bisa lo lipat sebelum lo simpan. Sepeda lipat cenderung populer di negara-negara maju karena sepeda ini memungkinkan para pesepeda membawa masuk sepeda ke bus atau kereta tanpa mengganggu ruang gerak penumpang lain. Sepeda lipat juga fleksibel buat lo bawa-bawa saat sedang traveling.

Berbeda dari sepeda gunung, sepeda lipat nggak setangguh sepeda gunung. Sepeda lipat dirancang untuk pemakaian di rute-rute yang lebih halus, jalanan yang sudah diaspal, dan jalur-jalur yang cenderung datar dengan sedikit tanjakan dan turunan. Nggak heran makanya, kalau lo bakal lebih sering menemui sepeda lipat di dalam kota.

 

Sepeda Balap

Seorang pria mengendarai sepeda balap

Jenis sepeda yang berikutnya adalah sepeda balap, sepeda yang memang didesain khusus untuk turnamen atau lomba balap sepeda. Sepeda balap bisa jadi jenis sepeda yang harga jualnya cukup tinggi karena umumnya dibuat dari bahan-bahan dengan kualitas yang sangat tinggi untuk menghasilkan sepeda yang ringan, cepat, sekaligus kokoh.

Salah satu ciri khas dari sepeda balap adalah bagian stem dan setang atau kemudi sepeda yang berbentuk melengkung ke bawah. Posisi kemudi yang seperti ini memungkinkan para pesepeda untuk menekuk tubuhnya saat melaju. Dengan posisi tubuh ditekuk inilah pesepeda bisa melaju dengan lebih cepat lagi.

 

Sepeda Trendy

Seseorang mengendarai sepeda fixie

Terakhir, ada jenis-jenis sepeda trendy, yakni sepeda yang mengutamakan style pemakaian. Contohnya seperti sepeda fixie dan sepeda BMX. Sepeda fixie adalah sepeda fixed yang dibuat tanpa rem tangan. Brake tools di sepeda fixie menggunakan pedal. Jadi untuk berhenti, lo harus berhenti mengayuh dan menahan pedal.

Sementara sepeda BMX adalah jenis sepeda yang dipakai untuk olahraga atraksi sepeda. Sepeda ini dirancang khusus untuk melakukan trik-trik pada rintangan-rintangan ekstrim, mulai dari melakukan lompatan dengan sepeda, memutar kemudi, juga menunjukkan manuver-manuver sesuai medan rintangan.

 

 

 

Sources: Liputan6, Brilio.net, Tokopedia

Ini Dia Alasan Kenapa Sepeda Bisa Jadi Pilihan Cardio Workout

Thu, 13 August 2020
Seorang pria sedang bersepeda mengenakan helm di tengah padang rumput

Setiap orang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Selain dengan diet, cardio workout jadi solusi untuk menurunkan berat badan. Ada banyak macam cardio workout yang bisa lo coba, mulai dari berenang hingga lari. Tetapi salah satu olahraga cardio yang paling mudah adalah bersepeda.

Olahraga sepeda merupakan olahraga low impact yang bisa dilakukan oleh siapa saja dalam berbagai usia. Baik muda maupun tua, olahraga sepeda juga bisa jadi hobi. Lo juga bisa bersepeda #MauLagiDimanapun, baik di sekitar kompleks rumah atau ke jalanan sekitar Jakarta dengan jalur khusus sepeda. Banyak manfaatnya dan aman untuk dilakukan sehari-hari. Yuk sepedaan, Bro!

 

Bagian Tubuh yang Aktif Ketika Bersepeda

Seorang pria mengenakan helm sedang bersepeda dengan sepeda lipat di jalanan kota

Ketika bersepeda, lo bisa membakar sekitar 400 kalori per jamnya. Selain itu, olahraga bersepeda juga aktif menggerakkan bagian bawah tubuh, termasuk kaki, pinggang, dan area pantat. Bersepeda masuk ke dalam kategori olahraga dengan intensitas tinggi, artinya mempercepat detak jantung dan membakar kalori sama banyaknya dengan olahraga berat seperti lari.

Kelebihan lainnya adalah bersepeda cocok bagi lo yang punya masalah persendian atau pernah cedera lutut. Nggak hanya bagian kaki saja, sebetulnya bersepeda juga memfokuskan pergerakan area perut, dan lengan. Lo bisa coba bersepeda off-road dengan sepeda gunung untuk melatih upper body lo. Terlebih lagi, olahraga sepeda juga memperkuat jaringan otot di bagian bawah tubuh. Cocok banget nih untuk leg workout supaya proporsi tubuh lo lebih seimbang.

 

Cara Bersepeda Sebagai Cardio Workout

Tampak sepasang tangan memegang handlebar sepeda ketika bersepeda di area pegunungan

Nggak perlu langsung bersepeda dengan sepeda gunung, lo bisa menggunakan berbagai jenis sepeda seperti fixie atau city bike untuk memulai cardio workout. Pastikan lo bersepeda antara 30 sampai 60 menit setiap 3 atau 5 kali dalam seminggu. Kalau lo cukup sibuk, lo bisa saja menggunakan sepeda lipat sebagai media transportasi alternatif.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum bersepeda. Lo bisa mulai dengan stretching atau mengayuh sepeda dengan santai selama 5 sampai 10 menit. Saat lo sudah siap untuk mengakhiri cardio workout lo, ambil waktu sekitar 5 menit untuk cooling down dengan bersepeda dalam kecepatan rendah.

 

Manfaat Kesehatan dari Bersepeda

Seorang wanita sedang bersepeda dengan sepeda statis di dalam gym

Selain dijadikan sebagai olahraga untuk menguatkan stamina, otot, dan tulang, bersepeda juga membawa banyak manfaat kesehatan. Dalam segi mental, olahraga sepeda dapat mengurangi rasa stres dan penat setelah beraktivitas seharian. Olahraga sepeda ini juga dinilai efektif dalam memperbaiki postur tubuh.

Pastinya ketika bekerja, lo menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk di depan layar komputer. Ini nggak baik untuk keseimbangan dan postur tubuh lo. Dengan bersepeda, tubuh bisa lebih terbiasa membentuk postur yang ideal. Manfaat yang paling penting adalah kemampuan olahraga sepeda dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi.

 

 

 

Sources: Healthline, WebMD, Harvard Health Letter