Trending
Rabu, 29 Juli 2020

4 Jenis Sepeda dan Kegunaannya yang Berbeda

  • Share
  • fb-share
4 Jenis Sepeda dan Kegunaannya yang Berbeda

Jenis sepeda itu nggak cuma satu. Ada banyak jenis sekaligus kegunaan sepeda yang disesuaikan dengan fungsinya. Karenanya, penting buat lo untuk mengetahui apa saja jenis sepeda yang ada supaya lo tahu mana yang paling cocok dengan kebutuhan lo saat ini. Kalau sudah tahu jenis sepeda yang lo butuhkan, perkara menentukan merek sepeda mana yang akan lo beli bakal jadi lebih mudah, Bro!

 

Sepeda Gunung

Seorang pria mengendarai sepeda gunung di rute jalan berbatu

Jenis sepeda yang pertama adalah sepeda gunung atau mountain bike (MTB). Sepeda gunung termasuk jenis yang populer di Indonesia karena cocok dengan jenis medan jalan di Indonesia, yaitu jalan berbatu yang belum diaspal atau jalan dengan banyak tanjakan.

Berkendara dengan sepeda gunung cenderung lebih nyaman di rute-rute yang sulit karena desain sepeda yang menyertakan sistem suspensi. Sistem suspensi ini memungkinkan sepeda meredam banyaknya guncangan yang mungkin terjadi saat melintasi jalan rusak atau berbatu. Dengan begini, lo jadi bisa lebih mudah mengontrol keseimbangan tubuh dan nggak mudah terjatuh dari sepeda.

Bodi rangka sepeda gunung yang kokoh juga semakin menambah potensinya untuk dipakai bersepeda di medan-medan yang berat.

 

Sepeda Lipat

Seorang pria terlihat mengendarai sepeda lipat di dalam kota

Seperti namanya, sepeda yang satu ini bisa lo lipat sebelum lo simpan. Sepeda lipat cenderung populer di negara-negara maju karena sepeda ini memungkinkan para pesepeda membawa masuk sepeda ke bus atau kereta tanpa mengganggu ruang gerak penumpang lain. Sepeda lipat juga fleksibel buat lo bawa-bawa saat sedang traveling.

Berbeda dari sepeda gunung, sepeda lipat nggak setangguh sepeda gunung. Sepeda lipat dirancang untuk pemakaian di rute-rute yang lebih halus, jalanan yang sudah diaspal, dan jalur-jalur yang cenderung datar dengan sedikit tanjakan dan turunan. Nggak heran makanya, kalau lo bakal lebih sering menemui sepeda lipat di dalam kota.

 

Sepeda Balap

Seorang pria mengendarai sepeda balap

Jenis sepeda yang berikutnya adalah sepeda balap, sepeda yang memang didesain khusus untuk turnamen atau lomba balap sepeda. Sepeda balap bisa jadi jenis sepeda yang harga jualnya cukup tinggi karena umumnya dibuat dari bahan-bahan dengan kualitas yang sangat tinggi untuk menghasilkan sepeda yang ringan, cepat, sekaligus kokoh.

Salah satu ciri khas dari sepeda balap adalah bagian stem dan setang atau kemudi sepeda yang berbentuk melengkung ke bawah. Posisi kemudi yang seperti ini memungkinkan para pesepeda untuk menekuk tubuhnya saat melaju. Dengan posisi tubuh ditekuk inilah pesepeda bisa melaju dengan lebih cepat lagi.

 

Sepeda Trendy

Seseorang mengendarai sepeda fixie

Terakhir, ada jenis-jenis sepeda trendy, yakni sepeda yang mengutamakan style pemakaian. Contohnya seperti sepeda fixie dan sepeda BMX. Sepeda fixie adalah sepeda fixed yang dibuat tanpa rem tangan. Brake tools di sepeda fixie menggunakan pedal. Jadi untuk berhenti, lo harus berhenti mengayuh dan menahan pedal.

Sementara sepeda BMX adalah jenis sepeda yang dipakai untuk olahraga atraksi sepeda. Sepeda ini dirancang khusus untuk melakukan trik-trik pada rintangan-rintangan ekstrim, mulai dari melakukan lompatan dengan sepeda, memutar kemudi, juga menunjukkan manuver-manuver sesuai medan rintangan.

 

 

 

Sources: Liputan6, Brilio.net, Tokopedia

Comments
Sadam Husaeni tulloh
Kerennnn bangettt bossss
sumardiyono
Nice articlenya...