• Sport
  • 5 Merek Sepeda dengan Kualitas Terbaik

5 Merek Sepeda dengan Kualitas Terbaik

Thu, 23 July 2020
Tiga orang pesepeda terlihat sedang melintasi rute jalan raya

Bersepeda kembali menjadi tren di masa pandemi COVID-19 ini. Supaya lo nggak ketinggalan, berikut beberapa rekomendasi merek sepeda yang bisa lo beli. Sepeda-sepeda dengan kualitas terbaik ini juga juga cocok buat lo yang masih pemula. Ssst… ada yang produk lokal lho, Bro!

 

Polygon Monarch 2.0 Gent yang Cocok di Banyak Medan

Tampilan sepeda Polygon seri Monarch 2.0 Gent 

Polygon memiliki banyak jenis sepeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bersepeda lo, mulai dari medan yang mulus seperti jalan raya atau medan ekstrim seperti gunung dan jalanan berbatu.

Salah satu seri Polygon yang paling populer adalah Monarch 2.0 Gent. Sepeda ini memiliki frame berbahan steel dan dilengkapi dengan teknologi pemindah gigi Shimano. Shockbraker sepeda Polygon yang menjaga agar nggak terjadi banyak guncangan juga membuat lo jadi lebih nyaman saat bersepeda. Harga sepeda Polygon berkisar antara Rp1,5 juta sampai Rp1,7 juta.

 

Wimcycle Hotrod 3.0 dengan Desain Kokoh

Tampilan sepeda Wimcycle seri Hotrod 3.0

Wimcycle adalah merek sepeda lokal yang memiliki jenis sepeda untuk anak-anak sampai orang dewasa. Tapi kalau lo butuh sepeda yang cocok buat pemula dengan desain yang kokoh dan tahan banting, Wimcycle seri Hotrod 3.0 adalah sepeda yang paling tepat.

Sepeda ini dijual dengan kisaran harga Rp4,9 juta ke atas karena tempat duduk dan frame sepeda terbuat dari material Diamond Alloy 6061. Pedal seri Hotrod 3.0 ini juga terbuat dari aluminium barrel yang sudah di-well-polished dan dilengkapi ball bearing sehingga membuat kaki lo jadi lebih nyaman saat bersepeda.

 

United Radiant XCP yang Fleksibel

Tampilan sepeda United seri Radiant XCP

Satu lagi produk sepeda lokal yang masuk daftar must buy adalah United. Salah satu produk United yang bisa lo pilih adalah Radiant XCP, sepeda dengan body besar dan kokoh namun tetap ringan.

Seri Radiant XCP ini berbeda dengan sepeda gunung kebanyakan. United memakai shock body dengan dual suspension pada kerangka sepeda yang terpasang di muka dan belakang sepeda. Dengan begitu, Radian XCP bisa dipakai di medan yang tidak rata karena dapat meredam guncangan. Membuat lo bisa bersepeda dengan lebih nyaman.

Ban Radiant XCP yang berukuran 26inci x 380 mm akan membuat sepeda lo bergerak dengan lebih fleksibel. Selain itu, United juga memasang rem dengan cakram di bagian muka dan belakang sepeda. Nggak heran kalau harganya sekitar Rp13 juta untuk satu unit sepeda, Bro.

 

Brompton B75 dengan Banyak Pilihan Desain Warna

Tampilan sepeda Brompton B75

Nah, kalau lo nggak lagi punya ruangan luas untuk menyimpan sepeda lo nanti, maka sepeda lipat adalah pilihan yang tepat. Lo bisa coba Brompton B75, seri sepeda lipat yang paling murah dari merek asal Inggris, Brompton. Harganya sekitar Rp14 juta untuk satu sepeda. Brompton B75 memiliki empat warna frame, yaitu black, turkish green, orange, atau premium black lacquer.

Sepeda lipat biasanya didesain menggunakan ban compact dengan diameter kurang dari 50 cm, dan memiliki posisi tempat duduk dan kemudi yang tinggi. Sepeda lipat, khususnya Brompton B75, umumnya lebih cocok digunakan untuk medan yang sudah beraspal atau tanah yang padat dan tidak berbatu.

 

Element Ecsmo 7+ yang Melaju Cepat

Tampilan sepeda Element Ecosmo 7+

Masih dalam kategori sepeda lipat, Element adalah salah satu merek sepeda lipat lokal yang juga nggak kalah keren. Lo bisa coba Element seri Ecosmo 7+ yang dijual di kisaran harga Rp3,5 juta. Dengan frame Alloy yang ringan, sepeda lipat Element ini bisa melaju sangat cepat di jalanan yang mulus.

Tapi lo nggak perlu khawatir, Element Ecosmo 7+ juga dilengkapi dengan brake system cakram yang dipasangkan di bagian depan dan belakang roda sepeda untuk membantu lo mengurangi kecepatan saat bersepeda.

 

 

 

Sources: BP Guide, Sepeda.me, DetikSport

Ini Dia Alasan Kenapa Sepeda Bisa Jadi Pilihan Cardio Workout

Thu, 13 August 2020
Seorang pria sedang bersepeda mengenakan helm di tengah padang rumput

Setiap orang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Selain dengan diet, cardio workout jadi solusi untuk menurunkan berat badan. Ada banyak macam cardio workout yang bisa lo coba, mulai dari berenang hingga lari. Tetapi salah satu olahraga cardio yang paling mudah adalah bersepeda.

Olahraga sepeda merupakan olahraga low impact yang bisa dilakukan oleh siapa saja dalam berbagai usia. Baik muda maupun tua, olahraga sepeda juga bisa jadi hobi. Lo juga bisa bersepeda #MauLagiDimanapun, baik di sekitar kompleks rumah atau ke jalanan sekitar Jakarta dengan jalur khusus sepeda. Banyak manfaatnya dan aman untuk dilakukan sehari-hari. Yuk sepedaan, Bro!

 

Bagian Tubuh yang Aktif Ketika Bersepeda

Seorang pria mengenakan helm sedang bersepeda dengan sepeda lipat di jalanan kota

Ketika bersepeda, lo bisa membakar sekitar 400 kalori per jamnya. Selain itu, olahraga bersepeda juga aktif menggerakkan bagian bawah tubuh, termasuk kaki, pinggang, dan area pantat. Bersepeda masuk ke dalam kategori olahraga dengan intensitas tinggi, artinya mempercepat detak jantung dan membakar kalori sama banyaknya dengan olahraga berat seperti lari.

Kelebihan lainnya adalah bersepeda cocok bagi lo yang punya masalah persendian atau pernah cedera lutut. Nggak hanya bagian kaki saja, sebetulnya bersepeda juga memfokuskan pergerakan area perut, dan lengan. Lo bisa coba bersepeda off-road dengan sepeda gunung untuk melatih upper body lo. Terlebih lagi, olahraga sepeda juga memperkuat jaringan otot di bagian bawah tubuh. Cocok banget nih untuk leg workout supaya proporsi tubuh lo lebih seimbang.

 

Cara Bersepeda Sebagai Cardio Workout

Tampak sepasang tangan memegang handlebar sepeda ketika bersepeda di area pegunungan

Nggak perlu langsung bersepeda dengan sepeda gunung, lo bisa menggunakan berbagai jenis sepeda seperti fixie atau city bike untuk memulai cardio workout. Pastikan lo bersepeda antara 30 sampai 60 menit setiap 3 atau 5 kali dalam seminggu. Kalau lo cukup sibuk, lo bisa saja menggunakan sepeda lipat sebagai media transportasi alternatif.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum bersepeda. Lo bisa mulai dengan stretching atau mengayuh sepeda dengan santai selama 5 sampai 10 menit. Saat lo sudah siap untuk mengakhiri cardio workout lo, ambil waktu sekitar 5 menit untuk cooling down dengan bersepeda dalam kecepatan rendah.

 

Manfaat Kesehatan dari Bersepeda

Seorang wanita sedang bersepeda dengan sepeda statis di dalam gym

Selain dijadikan sebagai olahraga untuk menguatkan stamina, otot, dan tulang, bersepeda juga membawa banyak manfaat kesehatan. Dalam segi mental, olahraga sepeda dapat mengurangi rasa stres dan penat setelah beraktivitas seharian. Olahraga sepeda ini juga dinilai efektif dalam memperbaiki postur tubuh.

Pastinya ketika bekerja, lo menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk di depan layar komputer. Ini nggak baik untuk keseimbangan dan postur tubuh lo. Dengan bersepeda, tubuh bisa lebih terbiasa membentuk postur yang ideal. Manfaat yang paling penting adalah kemampuan olahraga sepeda dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi.

 

 

 

Sources: Healthline, WebMD, Harvard Health Letter