• Sport
  • 6 Dokumenter Sepak Bola yang Layak Ditonton

6 Dokumenter Sepak Bola yang Layak Ditonton

Wed, 03 June 2020
Potret timnas Prancis mengangkat Piala Dunia di tahun 2018 dengan taburan confetti

Pandemi COVID-19 membawa dampak buruk bagi perekonomian dunia, termasuk juga industri olahraga. Banyak turnamen dan kompetisi olahraga yang dibatalkan, membuat lo jadi kekurangan tontonan olahraga yang biasanya menemani lo setiap waktu. #MumpungLagiDirumah saja, lo bisa menonton 6 dokumenter sepak bola berikut di Netflix untuk mengobati rasa kangen lo terhadap olahraga populer ini.

 

Barça Dreams

Klub sepak bola Barcelona di tengah lapangan hijau dengan jersey seragam biru dan merah

Salah satu klub sepak bola paling terkenal, yakni Barcelona, mengabadikan momen-momen penting dalam sejarah mereka selama 115 tahun ke dalam sebuah film dokumenter. Lo bisa menilik potret-potret, cuplikan video, serta kilas balik dari para pemain legendaris Barcelona, seperti Lionel Messi dan Ronaldinho. Lo akan melihat kisah-kisah yang sebelumnya nggak diungkap mengenai jatuh bangun Barcelona selama ini.

 

Becoming Champions

Potret title card Becoming Champions dengan seorang kiper menghalau bola

Sejak tahun 1930, Piala Dunia berhasil dimenangkan oleh segelintir negara, tepatnya 8 negara di dunia. FIFA bekerja sama dengan Netflix untuk menceritakan kisah di balik kemenangan-kemenangan Piala Dunia selama ini.

Dimulai dari episode pertama tentang negara Uruguay dengan dua kali kemenangan, Italia dengan empat Piala Dunia, Jerman dengan total empat kemenangan, Brazil sebagai negara dengan Piala Dunia terbanyak, Inggris yang berhasil di tahun 1966, Argentina dengan dua Piala Dunia, Prancis dengan dua kali kemenangan, dan Spanyol yang menang di tahun 2010.

 

Maradona in Mexico

Potret Maradona di ruang peserta sedang memberi semangat kepada tim sepak bola 

Bagi para pecinta sepak bola, sosok Diego Maradona masih menjadi salah satu pemain legendaris dari Argentina. Kalau lo sudah terbiasa melihat sepak terjang Maradona sebagai pemain sepak bola di tengah lapangan hijau, seri dokumenter Netflix yang satu ini menghadirkan pribadi Maradona sebagai pelatih klub sepak bola Mexico di area yang terkenal karena isu narkobanya. Tentu saja jadi tontonan seru buat lo #MumpungLagiDirumah saja.

 

Sunderland ‘Til I Die

Klub sepak bola Sunderland di tengah lapangan hijau dengan seragam merah dan putih

Seri dokumenter ini sudah dikembangkan dalam 2 season. Dokumenter ini digadang-gadang menjadi salah satu seri dokumenter terbaik. Mengusung ketangguhan klub sepak bola Sunderland asal Inggris yang terus menerus ditiban berbagai masalah.

Lo bisa melihat perjuangan mereka yang pantang menyerah setelah mereka direlegasi dari liga primer. Mulai dari konflik internal hingga ungkapan fans, dijamin dokumenter ini akan buat lo semakin kagum dengan perjuangan tim sepak bola ini.

 

Antoine Griezmann: The Making of a Legend

Antoine Griezmann sedang mencium dan memegang Piala Dunia di tahun 2018

Film dokumenter yang dirilis pada tahun 2019 ini secara spesial mengikuti perjalanan karir Antoine Griezmann yang berhasil membawa negara Prancis sebagai pemenang Piala Dunia di tahun 2018. Dimulai dari sepak terjangnya di Real Sociedad Spanyol, Atletico Madrid, hingga akhirnya menjadi salah satu pemain unggulan timnas Prancis. Bisa jadi inspirasi buat lo yang punya mimpi menjadi atlet sepak bola, Bro!

 

Apache: The Life of Carlos Tevez

Carlos Tevez saat muda sedang duduk di bangku penonton

Dokumenter ini merupakan potret dramatisasi kehidupan atlet sepak bola Carlos Tevez yang semasa kecilnya hidup di lingkungan Fuerte Apache, sebuah area kumuh dengan tingkat kriminalitas tinggi. Seri dengan 8 episode ini akan membuat lo kagum dengan jalan hidup sang atlet yang berhasil lolos dari jeratan kartel narkoba. Menegangkan dan seru, cocok untuk ditonton para pegiat sepak bola, nih.

 

 

Sources: CNN Indonesia, Cinemags, GQ UK

Ini Dia Alasan Kenapa Sepeda Bisa Jadi Pilihan Cardio Workout

Thu, 13 August 2020
Seorang pria sedang bersepeda mengenakan helm di tengah padang rumput

Setiap orang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Selain dengan diet, cardio workout jadi solusi untuk menurunkan berat badan. Ada banyak macam cardio workout yang bisa lo coba, mulai dari berenang hingga lari. Tetapi salah satu olahraga cardio yang paling mudah adalah bersepeda.

Olahraga sepeda merupakan olahraga low impact yang bisa dilakukan oleh siapa saja dalam berbagai usia. Baik muda maupun tua, olahraga sepeda juga bisa jadi hobi. Lo juga bisa bersepeda #MauLagiDimanapun, baik di sekitar kompleks rumah atau ke jalanan sekitar Jakarta dengan jalur khusus sepeda. Banyak manfaatnya dan aman untuk dilakukan sehari-hari. Yuk sepedaan, Bro!

 

Bagian Tubuh yang Aktif Ketika Bersepeda

Seorang pria mengenakan helm sedang bersepeda dengan sepeda lipat di jalanan kota

Ketika bersepeda, lo bisa membakar sekitar 400 kalori per jamnya. Selain itu, olahraga bersepeda juga aktif menggerakkan bagian bawah tubuh, termasuk kaki, pinggang, dan area pantat. Bersepeda masuk ke dalam kategori olahraga dengan intensitas tinggi, artinya mempercepat detak jantung dan membakar kalori sama banyaknya dengan olahraga berat seperti lari.

Kelebihan lainnya adalah bersepeda cocok bagi lo yang punya masalah persendian atau pernah cedera lutut. Nggak hanya bagian kaki saja, sebetulnya bersepeda juga memfokuskan pergerakan area perut, dan lengan. Lo bisa coba bersepeda off-road dengan sepeda gunung untuk melatih upper body lo. Terlebih lagi, olahraga sepeda juga memperkuat jaringan otot di bagian bawah tubuh. Cocok banget nih untuk leg workout supaya proporsi tubuh lo lebih seimbang.

 

Cara Bersepeda Sebagai Cardio Workout

Tampak sepasang tangan memegang handlebar sepeda ketika bersepeda di area pegunungan

Nggak perlu langsung bersepeda dengan sepeda gunung, lo bisa menggunakan berbagai jenis sepeda seperti fixie atau city bike untuk memulai cardio workout. Pastikan lo bersepeda antara 30 sampai 60 menit setiap 3 atau 5 kali dalam seminggu. Kalau lo cukup sibuk, lo bisa saja menggunakan sepeda lipat sebagai media transportasi alternatif.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum bersepeda. Lo bisa mulai dengan stretching atau mengayuh sepeda dengan santai selama 5 sampai 10 menit. Saat lo sudah siap untuk mengakhiri cardio workout lo, ambil waktu sekitar 5 menit untuk cooling down dengan bersepeda dalam kecepatan rendah.

 

Manfaat Kesehatan dari Bersepeda

Seorang wanita sedang bersepeda dengan sepeda statis di dalam gym

Selain dijadikan sebagai olahraga untuk menguatkan stamina, otot, dan tulang, bersepeda juga membawa banyak manfaat kesehatan. Dalam segi mental, olahraga sepeda dapat mengurangi rasa stres dan penat setelah beraktivitas seharian. Olahraga sepeda ini juga dinilai efektif dalam memperbaiki postur tubuh.

Pastinya ketika bekerja, lo menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk di depan layar komputer. Ini nggak baik untuk keseimbangan dan postur tubuh lo. Dengan bersepeda, tubuh bisa lebih terbiasa membentuk postur yang ideal. Manfaat yang paling penting adalah kemampuan olahraga sepeda dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi.

 

 

 

Sources: Healthline, WebMD, Harvard Health Letter