• Sport
  • 6 Podcast Seputar Sepak Bola Buat Pecinta Bola

6 Podcast Seputar Sepak Bola Buat Pecinta Bola

Tue, 16 June 2020
Para pemain sepak bola di lapangan hijau setelah melayangkan satu gol

Nggak akan ada habisnya kalau mulai membahas sepak bola. Masing-masing punya tim jagoan dan opini berbeda, bahkan terkadang cukup kontroversial. Biasanya para pencinta sepak bola rela begadang untuk menonton pertandingan seru di televisi, tentunya bersama teman lainnya. #MumpungLagiDirumah saja, lo tetap bisa kok ikut ngobrolin sepak bola lewat 6 podcast berikut ini.

 

Umpan Tarik

Logo Umpan Tarik dengan dua bintang putih dan bendera merah putih

Podcast ini diproduksi oleh tim Box2Box ID untuk ngobrolin seputar dunia sepak bola Indonesia. Mulai dari timnas Indonesia, Liga 1, tim sepak bola nasional, jejak karir internasional para pemain sepak bola Indonesia, hingga skandal panas sepak bola Tanah Air.

Beberapa kali juga Umpan Tarik mengundang narasumber sepak bola kawakan. Podcast ini dipandu oleh Tio Utomo dan Arista @infosuporter.

 

Box2Box

Pangeran Siahaan dan Tio Prasetyo berpose di ruangan berdinding putih sambil mengenakan headphone

Berbeda dengan Umpan Tarik, Box2Box akan ajak lo untuk mengobrol soal dunia sepak bola internasional, nggak hanya terfokus di Indonesia saja. Lo bisa dengerin topik seputar perkembangan sepak bola di Liga Eropa, berita soal pemain sepak bola dunia, sampai persoalan non-teknis di luar lapangan hijau.

Topik sepak bola ini juga dikemas apik dengan jokes dan pop culture, jadi lebih menarik untuk didengar. Podcast dipandu oleh presenter beken Pangeran Siahaan, Justin Lhaksana, Trio Prasetyo, dan Kang Jalu.

 

Footballieur

Foto thumbnail untuk episode 32 Footballieur seputar ramadan dan sepak bola

Membahas sepak bola dengan lebih dalam lagi, podcast Footballieur nggak malu untuk membahas polemik rumit dalam olahraga sepak bola. Sebut saja topik seputar perbedaan tim sepak bola pria dan wanita, isu merokok dan sepak bola, hingga rasisme di lapangan hijau.

Kalau lo mau tahu berita-berita terkini dan paling panas dalam sepak bola, Footballieur bisa jadi pilihan podcast yang tepat buat lo. Dipandu oleh Dex Glenniza dan Mildandaru, Footballieur hadir setiap hari Selasa.

 

Spieltag Indonesia

Logo podcast Spieltag Indonesia dengan warna latar broken white dan figur pemain bola berwarna oren

Sesuai sama namanya, podcast ini menjadi podcast pertama di Indonesia yang membahas Bundesliga secara eksklusif. Buat para pecinta tim sepak bola Jerman, pastinya akan puas dengan bahasan-bahasan menarik dalam Spieltag Indonesia, meliputi topik seputar timnas Jerman, kancah pemain sepak bola dari Jerman, dan kondisi olahraga sepak bola di Jerman.

Podcast ini dibuat oleh dua mahasiswa Jatinangor yang memang fans berat Bundesliga dan sepak bola Jerman, yakni Gerhan dan Rheza.

 

Jak CasCus

Logo podcast Jak CasCus dengan lambang harimau dan tulisan berwarna oren

The Jakmania mana suaranya? Kalau lo tergabung dalam lautan supporter berbaju oren, segera meluncur ke podcast Jak CasCus. Jangan salah, Jak CasCus ini nggak takut untuk membahas soal kelemahan dan keburukan dalam tim sepak bola Jakarta ini.

Dalam beberapa episode, Jak CasCus membahas kritik untuk Persija. Tujuannya nggak untuk menjelek-jelekkan, tetapi untuk membangun tim Persija serta sepak bola Jakarta yang lebih baik lagi. Podcast ini dibawakan oleh forum Jak Kaskus yang sebelumnya sudah lama dikenal jadi forum diskusi para fans Persija.

 

Caffe del Calcio

Logo podcast Caffe del Calcio dengan ilustrasi cangkir kopi dan uap berwarna senada dengan bendera Italia

Ngobrol memang lebih santai kalau ditemani secangkir kopi, Bro. Selama lo berdiam diri di rumah dan kangen dengan obrolan khas coffeeshop, lo bisa dengerin Caffe del Calcio yang membahas sepak bola Italia dengan cara penyampaian yang ringan.

Dipandu oleh Hinca, Danu, Ian, dan Toni, lo akan diajak untuk ngobrolin segala seluk beluk sepak bola Italia, mulai dari masa keemasan mereka hingga resolusi untuk sepak bola Italia.

 

 

 

 

Sources: Hai, Loop, Shopback

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com