Home Sport Ingin Endorse Cristiano Ronaldo? Siapkan Uang 10 Miliar Rupiah untuk Satu Postingan
Ingin Endorse Cristiano Ronaldo? Siapkan Uang 10 Miliar Rupiah untuk Satu Postingan

Ingin Endorse Cristiano Ronaldo? Siapkan Uang 10 Miliar Rupiah untuk Satu Postingan

Wednesday, August 1, 2018 - 13:47
Bagikan
Facebook Twitter Email

Cristiano Ronaldo mempunyai 137 juta followers di Instagram. Jika mengacu pada engagement media sosial yang hanya sekitar 10% dari total followers, itu berarti dalam sekali posting, ada minimal 13 juta orang yang akan melihat, mengomentari, atau sekadar memberikan likes di unggahan tersebut.

Hooper HQ, sebuah perusahaan schedule tools Instagram, mengeluarkan daftar akun Instagram dengan bayaran endorsement terbesar. Nomor 1 ada Kylie Jenner dengan 1 juta dolar per posting dan Cristiano Ronaldo di peringkat 3 dengan 750 ribu dolar atau 10 miliar rupiah per posting.

 

Kenapa endorsement ini mahal?

Fastcompany.com memberi judul artikel “The Instagram Rich List Shows How Insane the World Is”. Bayangkan hanya dalam sekali posting, Kylie Jenner langsung mendapatkan uang 1 juta dolar dan Cristiano Ronaldo mendapatkan 10 miliar rupiah. Lalu muncul pertanyaan apakah memang wajar para artis ini dibayar dengan harga segitu? Dan kenapa endorsement ini bisa sangat mahal?

Penelitian dari Later.com menyebutkan bahwa ternyata ada kurang dari 1% pengguna Instagram yang mendapatkan endorsement dengan jumlah 50 ribu dolar ke atas dalam sekali posting. Jadi, ini bukan fenomena yang aneh karena nggak semua orang mendapatkan bayaran setinggi langit. Bahkan Later.com menyebutkan ada sekitar 66% pengguna Instagram yang hanya mendapatkan bayaran 250 dolar ke bawah sekali posting.

Faktor lain yang memengaruhi naik turunnya nilai endorsement adalah banyaknya perusahaan atau brand yang memakai Instagram influencer. Pada tahun 2017, ada sekitar 22% pebisnis yang bekerja sama dengan Instagram influencer, sekarang jumlah tersebut naik 2 kali lipat menjadi 40%. Tentu nilai setiap endorsement akan naik pula.

 

Siapa yang berani membayar 1 juta dolar?

Fastcompany menyebut bahwa beberapa brand besar seperti Puma dan Coach Online yang meng-endorse Selena Gomez berani membayar sampai 800 ribu dolar. Sedangkan untuk Ronaldo, ada brand seperti SleepScore dan SixPad yang diperkirakan mengeluarkan kocek sebanyak 750 ribu dolar untuk sekali post.

Walaupun begitu, Urbaners, ada beberapa perencanaan dan maintenance agar feed Instagram ini tetap menarik. Mereka juga nggak boleh sembarangan dalam mengeluarkan iklan karena petugas pajak bisa mengintai kapan saja.

 

Source: fastcompany.com