Trending
Kamis, 13 Agustus 2020

Ini Dia Alasan Kenapa Sepeda Bisa Jadi Pilihan Cardio Workout

  • Share
  • fb-share
Ini Dia Alasan Kenapa Sepeda Bisa Jadi Pilihan Cardio Workout

Setiap orang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Selain dengan diet, cardio workout jadi solusi untuk menurunkan berat badan. Ada banyak macam cardio workout yang bisa lo coba, mulai dari berenang hingga lari. Tetapi salah satu olahraga cardio yang paling mudah adalah bersepeda.

Olahraga sepeda merupakan olahraga low impact yang bisa dilakukan oleh siapa saja dalam berbagai usia. Baik muda maupun tua, olahraga sepeda juga bisa jadi hobi. Lo juga bisa bersepeda #MauLagiDimanapun, baik di sekitar kompleks rumah atau ke jalanan sekitar Jakarta dengan jalur khusus sepeda. Banyak manfaatnya dan aman untuk dilakukan sehari-hari. Yuk sepedaan, Bro!

 

Bagian Tubuh yang Aktif Ketika Bersepeda

Seorang pria mengenakan helm sedang bersepeda dengan sepeda lipat di jalanan kota

Ketika bersepeda, lo bisa membakar sekitar 400 kalori per jamnya. Selain itu, olahraga bersepeda juga aktif menggerakkan bagian bawah tubuh, termasuk kaki, pinggang, dan area pantat. Bersepeda masuk ke dalam kategori olahraga dengan intensitas tinggi, artinya mempercepat detak jantung dan membakar kalori sama banyaknya dengan olahraga berat seperti lari.

Kelebihan lainnya adalah bersepeda cocok bagi lo yang punya masalah persendian atau pernah cedera lutut. Nggak hanya bagian kaki saja, sebetulnya bersepeda juga memfokuskan pergerakan area perut, dan lengan. Lo bisa coba bersepeda off-road dengan sepeda gunung untuk melatih upper body lo. Terlebih lagi, olahraga sepeda juga memperkuat jaringan otot di bagian bawah tubuh. Cocok banget nih untuk leg workout supaya proporsi tubuh lo lebih seimbang.

 

Cara Bersepeda Sebagai Cardio Workout

Tampak sepasang tangan memegang handlebar sepeda ketika bersepeda di area pegunungan

Nggak perlu langsung bersepeda dengan sepeda gunung, lo bisa menggunakan berbagai jenis sepeda seperti fixie atau city bike untuk memulai cardio workout. Pastikan lo bersepeda antara 30 sampai 60 menit setiap 3 atau 5 kali dalam seminggu. Kalau lo cukup sibuk, lo bisa saja menggunakan sepeda lipat sebagai media transportasi alternatif.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum bersepeda. Lo bisa mulai dengan stretching atau mengayuh sepeda dengan santai selama 5 sampai 10 menit. Saat lo sudah siap untuk mengakhiri cardio workout lo, ambil waktu sekitar 5 menit untuk cooling down dengan bersepeda dalam kecepatan rendah.

 

Manfaat Kesehatan dari Bersepeda

Seorang wanita sedang bersepeda dengan sepeda statis di dalam gym

Selain dijadikan sebagai olahraga untuk menguatkan stamina, otot, dan tulang, bersepeda juga membawa banyak manfaat kesehatan. Dalam segi mental, olahraga sepeda dapat mengurangi rasa stres dan penat setelah beraktivitas seharian. Olahraga sepeda ini juga dinilai efektif dalam memperbaiki postur tubuh.

Pastinya ketika bekerja, lo menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk di depan layar komputer. Ini nggak baik untuk keseimbangan dan postur tubuh lo. Dengan bersepeda, tubuh bisa lebih terbiasa membentuk postur yang ideal. Manfaat yang paling penting adalah kemampuan olahraga sepeda dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi.

 

 

 

Sources: Healthline, WebMD, Harvard Health Letter

Comments
Heni Oen
Bersepeda Sebagai Cardio Workout
Fadya Aulia
yuk gowes yuk