Home Sport Kapan Lo Harus Berhenti Ketika Lelah Saat Berlari?
Kapan Lo Harus Berhenti Ketika Lelah Saat Berlari?

Kapan Lo Harus Berhenti Ketika Lelah Saat Berlari?

Friday, September 14, 2018 - 10:50
Bagikan
Facebook Twitter Email
Font Size

Ketika lo memutuskan untuk jogging di area rumah untuk pertama kalinya, nggak sampai 5 menit biasanya lo akan mengalami kelelahan yang amat sangat. Tetapi setelah lo sudah terbiasa melakukannya, kelelahan tersebut akan menerpa sekitar 15 sampai 20 menit setelah memulai berlari. Padahal ketika lo melihat beberapa runners terkenal, mereka melahap rute 10 kilometer sampai 42 kilometer dengan waktu yang sangat cepat.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan jika lo memutuskan untuk jogging dan ingin ikut perlombaan lari 5K, 10K, half marathon, ataupun full marathon, yaitu lo harus mengetahui seberapa jauh fisik lo bisa bertahan dan kapan lo harus berhenti ketika lelah saat berlari. Di dalam artikel kali ini akan dibahas sebenarnya kapan sih lo harus beristirahat atau stop saat merasa lelah.

 

Kelelahan ada di dalam pikiran

Kelelahan ada di dalam pikiran

Fitnessmagazine.com menjelaskan pada buku Cure: A Journey Into the Science of Mind Over Body oleh Jo Marchant, Ph.D, ternyata semua masalah di dalam tubuh berpusat pada pikiran. Nggak terkecuali saat lo berolahraga dan berlari, kelelahan akan disebabkan oleh pikiran. Mengapa demikian? Ketika lo berlari, detak jantung lo akan berpacu lebih cepat daripada biasanya. Hasilnya, supply oksigen yang dibutuhkan oleh otak bakal lebih besar. Ketika otak nggak mendapatkan oksigen yang mencukupi, otak akan memberikan sinyal ke seluruh tubuh. Saat ini lo akan merasa lelah.

Lalu apa yang terjadi jika lo mengabaikan sinyal lelah tersebut? Ketika lo memaksakan tubuh lo, detak jantung akan berpacu lebih cepat daripada biasanya. Setelah itu, otot-otot yang berhubungan langsung saat berlari seperti telapak kaki, betis, dan juga paha akan mulai menegang.

 

Apa yang harus lakukan?

Apa yang harus lakukan?

Ketika merasa lelah, lo harus mengurangi atau menghentikan aktivitas berlari. Misalnya ketika lo baru saja berlari selama 10 menit dan merasa lelah, lo bisa mengubah aktivitas dengan cara berjalan. Ambil napas panjang beberapa kali selama 2-3 menit. Setelah lo merasa kuat, lo bisa berlari kecil selama 10 menit.

Jangan terlalu memaksakan diri ketika lo sudah merasa lelah ya, Urbaners. Untuk meningkatkan limit fisik di dalam tubuh, lo harus mengubah pola latihan dengan lebih rutin. Jika ingin ikut lomba lari 5K, lo harus berlatih minimal 1 bulan sebelum lomba, untuk 10K 2 bulan sebelum lomba, dan seterusnya. Tetap semangat!

 

Source: fitnessmagazine.com