• Sport
  • Kapan Lo Harus Berhenti Ketika Lelah Saat Berlari?

Kapan Lo Harus Berhenti Ketika Lelah Saat Berlari?

Fri, 14 September 2018
Kapan Lo Harus Berhenti Ketika Lelah Saat Berlari?

Ketika lo memutuskan untuk jogging di area rumah untuk pertama kalinya, nggak sampai 5 menit biasanya lo akan mengalami kelelahan yang amat sangat. Tetapi setelah lo sudah terbiasa melakukannya, kelelahan tersebut akan menerpa sekitar 15 sampai 20 menit setelah memulai berlari. Padahal ketika lo melihat beberapa runners terkenal, mereka melahap rute 10 kilometer sampai 42 kilometer dengan waktu yang sangat cepat.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan jika lo memutuskan untuk jogging dan ingin ikut perlombaan lari 5K, 10K, half marathon, ataupun full marathon, yaitu lo harus mengetahui seberapa jauh fisik lo bisa bertahan dan kapan lo harus berhenti ketika lelah saat berlari. Di dalam artikel kali ini akan dibahas sebenarnya kapan sih lo harus beristirahat atau stop saat merasa lelah.

 

Kelelahan ada di dalam pikiran

Kelelahan ada di dalam pikiranFitnessmagazine.com menjelaskan pada buku Cure: A Journey Into the Science of Mind Over Body oleh Jo Marchant, Ph.D, ternyata semua masalah di dalam tubuh berpusat pada pikiran. Nggak terkecuali saat lo berolahraga dan berlari, kelelahan akan disebabkan oleh pikiran. Mengapa demikian? Ketika lo berlari, detak jantung lo akan berpacu lebih cepat daripada biasanya. Hasilnya, supply oksigen yang dibutuhkan oleh otak bakal lebih besar. Ketika otak nggak mendapatkan oksigen yang mencukupi, otak akan memberikan sinyal ke seluruh tubuh. Saat ini lo akan merasa lelah.

Lalu apa yang terjadi jika lo mengabaikan sinyal lelah tersebut? Ketika lo memaksakan tubuh lo, detak jantung akan berpacu lebih cepat daripada biasanya. Setelah itu, otot-otot yang berhubungan langsung saat berlari seperti telapak kaki, betis, dan juga paha akan mulai menegang.

 

Apa yang harus lakukan?

Apa yang harus lakukan?

Ketika merasa lelah, lo harus mengurangi atau menghentikan aktivitas berlari. Misalnya ketika lo baru saja berlari selama 10 menit dan merasa lelah, lo bisa mengubah aktivitas dengan cara berjalan. Ambil napas panjang beberapa kali selama 2-3 menit. Setelah lo merasa kuat, lo bisa berlari kecil selama 10 menit.

Jangan terlalu memaksakan diri ketika lo sudah merasa lelah ya, Urbaners. Untuk meningkatkan limit fisik di dalam tubuh, lo harus mengubah pola latihan dengan lebih rutin. Jika ingin ikut lomba lari 5K, lo harus berlatih minimal 1 bulan sebelum lomba, untuk 10K 2 bulan sebelum lomba, dan seterusnya. Tetap semangat!

 

Source: fitnessmagazine.com

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com