Trending
Selasa, 30 Januari 2018

Membaca Taktik di Sepak Bola, Agar Tidak Sekadar Menonton Bola

  • Share
  • fb-share
Membaca Taktik di Sepak Bola, Agar Tidak Sekadar Menonton Bola

Sepak bola nggak hanya sekadar 11 orang di lapangan berebut bola untuk mencetak gol. Ada strategi, formasi, dan adu mental yang dilakukan kedua kesebelasan untuk meraih kemenangan. Sekarang, sepak bola lebih dari sekadar hasil pertandingan. Secara khusus, sepak bola bisa dilihat sebagai alur yang sangat rumit. Jika dahulu taktik dianggap sebagai pemanis, sekarang banyak orang yang penasaran.

 

Taktik di dalam sepak bola

Taktik adalah siasat atau akal yang dirancang dan dilaksanakan di dalam sebuah permainan untuk memenangkan pertandingan secara sportif. Di dalam sepak bola, jenis taktik ada bermacam-macam, mulai dari taktik per pemain, taktik tim, taktik bertahan, menyerang, dan sebagainya. Kita ambil contoh Barcelona, yang memiliki taktik bermain sangat kompleks. Para pemain tengah Barcelona ini harus berdiri sejajar dengan pemain yang lain agar mudah memberikan umpan.

Barcelona sendiri hampir nggak mempunyai formasi bertahan karena mereka lebih memanfaatkan counter pressing, yaitu merebut bola sesegera mungkin ketika lawan baru saja memegang bola. Taktik tersebut yang menjadi alasan mengapa para pemain Barcelona sangat mudah mendapatkan bola dan mencetak gol.

 

Analisis taktik

Di Inggris, hampir semua televisi yang menyiarkan sepak bola pasti menyertakan pundit sebagai analis sebuah pertandingan. Bahkan beberapa stasiun televisi rela membayar mahal para mantan pemain untuk memberikan analisisnya pada setiap pertandingan. Contohnya adalah Garry Neville, mantan pemain Manchester United ini dibayar 1,5 juta dolar dalam setahun.

Di Indonesia malah sebaliknya, para stasiun televisi masih sedikit meremehkan yang namanya pundit sepak bola. Bahkan beberapa komentator pun terlihat masih memberikan informasi yang seadanya. Untungnya, di Indonesia masih ada beberapa akun media sosial yang memberikan analisis mendalam tentang taktik dalam sepak bola.

Jika penasaran soal taktik sepak bola, lo bisa sedikit mengulik kenapa Pep Guardiola sangat senang memainkan para bek sayap yang cepat ketimbang jago bertahan.

Comments
Ardi Widisetiawan
Analytica penting
Aldi hidayat
Nice informasi