Trending
Kamis, 01 Maret 2018

Mengapa Olahraga Panahan Ini Baik untuk Tubuh Lo?

  • Share
  • fb-share
Mengapa Olahraga Panahan Ini Baik untuk Tubuh Lo?

Lo tahu nggak sih, Urbaners, sejatinya bukan bulutangkis yang mendapatkan medali pertama dalam ajang olimpiade , melainkan panahan. Pada tahun 1988, Lilies Handayani dan kawan-kawan sukses mendapatkan medali perak. Memiliki julukan tiga srikandi, olahraga panahan yang dulu dikenal eksklusif sekarang mendadak populer. Panahan merupakan olahraga yang sederhana, mudah dipelajari, dan mempunyai banyak sekali manfaat.

Bagi lo yang tertarik mempelajari olahraga anti mainstream ini, sekarang kita akan membahas manfaat dari panahan berikut ini. Simak ya, Urbaners.

 

Meningkatkan fokus

Olahraga panahan memang sangat sederhana. Jika lo berpikir harus punya busur panah atau anak panah sendiri, sekarang lo bisa menyewanya di beberapa tempat di kota besar. Nah, yang membuat olahraga panahan ini mengasyikkan adalah lo harus mempunyai konsentrasi dan fokus yang tinggi. Dengan gangguan berupa angin yang sangat kuat, lo harus belajar untuk fokus dan konsentrasi terhadap sasaran yang berada di depan.

 

Melatih fisik

Jangan salah, Urbaners, walaupun berada hanya 10 meter di depan sasaran, dengan terpaan angin dan cuaca yang sangat panas, olahraga panahan ini membutuhkan fisik yang sangat prima lho. Jadi, setiap kali belajar memanah, stamina dan fisik bagian atas tubuh lo akan berkembang. Keren, kan? Lo bisa melatih fokus dan fisik sekaligus!

Seperti dilansir dari The Economist, pada Olimpiade 2010 London, ternyata satu pertandingan dari panahan ini sama dengan sepuluh menit pertandingan maraton! Satu pertandingan panahan di Olimpiade ini ternyata bisa menyedot setidaknya 1000 kalori.

 

Belajar science

Ketika lo udah mulai sering belajar olahraga panahan, lo akan mengetahui bahwa sejatinya anak panah ini nggak terbang secara lurus, melainkan parabola. Selain itu, jika angin bertiup kencang, lo juga harus siap-siap mengukur kecepatan anak panah agar tetap mengenai sasaran. Jadi, di sini lo akan belajar bagaimana science bekerja saat anak panah meluncur.

Menurut sejarah, olahraga panahan ini sudah ada sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu. Jadi, ketika lo ikut belajar olahraga panahan, nggak hanya ketahanan fisik dan mental yang terjaga, tetapi juga lo turut melestarikan salah satu olahraga tertua di dunia.

 

Source: vebma.com

Comments
asrul firmansyah
Sangat bermanfaat sekali artikel ya dari olahraga panahan
Irwandi
mantap infonya