Home Sport Mengenal Lebih Dekat Tentang 3 Maskot Asian Games
logo asian games 2018

Mengenal Lebih Dekat Tentang 3 Maskot Asian Games

Friday, August 10, 2018 - 17:16

Nggak terasa, event Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang bakal segera dimulai. Seperti perhelatan olahraga lainnya, Asian Games kali ini juga punya maskot. Ada tiga maskot lucu yang disiapkan buat menyambut event olahraga terbesar di Asia ini. Nah Urbaners, sudah kenal belum lo sama tiga maskot Asian Games 2018?

Tagline dan Maskot Asian Games 2018

logo asian games 2018

Gelaran Asian Games kali ini punya tagline “Energy of Asia”. Filosofi tagline ini diambil dari semangat untuk membangkitkan kembali kekuatan Asia lewat Asian Games. Inspirasinya diambil dari semangat presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang punya ide untuk membangun Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan.

Kalau lo tau, semangat ini ternyata mewakili tiga unsur Asian Games sekaligus: Asia, olahraga, dan juga negara penyelenggara kali ini, Indonesia. Manifestasi semangat ini nggak cuma melalui tagline tapi juga tiga maskot lucu, apa saja?

Di bulan Juli 2016 lalu, akhirnya maskot Asian Games 2018 resmi diumumkan. Nggak cuma satu, tapi tiga maskot yaitu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Bentuk ketiga maskot ini mengadaptasi fauna khas Indonesia, burung Cenderawasih, rusa Bawean, dan badak bercula satu. Pemilihan namanya berasal dari semboyan negara, Bhinneka Tunggal Ika.

Artikel Menarik : 3 Venue Baru di Asian Games yang Keren Banget

Nggak cuma lucu, tiga maskot ini juga punya nilai filosofis Urbaners. Bhin Bhin yang berbentuk burung Cenderawasih ternyata melambangkan strategi, Atung yang berupa Rusa Bawean berarti kecepatan, dan Kaka si badak bercula satu adalah kekuatan. Buat menandai kalau maskot ini adalah bagian Asian Games, tiga maskot ini punya simbol matahari, logo resmi Asian Games.

 

Maskot atau Logo Asian Games 2018 Dipilih Lewat Sayembara

maskot asian games 2018

Ternyata, buat mendapatkan tiga karakter maskot ini harus melalui proses yang panjang. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia melakukan sayembara khusus buat menemukan ketiganya. Serunya, seluruh masyarakat Indonesia bisa berpartisipasi dalam sayembara ini karena memang dibuka untuk umum.

Pada seleksi akhir, dipilih sebelas kontestan buat mempresentasikan desain maskot. Selain maskot, sayembara ini juga memilih logo dan aplikasi official Asian Games 2018. Presiden Jokowi juga ambil andil dalam seleksi ini, Urbaners. Tiga karya terbaik ditunjukkan kepada presiden tahun 2016 lalu. Nggak cuma meninjau, tapi presiden juga mengambil keputusan.

Geser Posisi Drawa

Bhin Bhin, Atung, dan Kaka bisa mendapatkan posisi maskot Asian Games 2018 ini setelah “menggulingkan” maskot yang sudah ada sebelumnya. Sebenarnya, Kemenpora Indonesia telah meluncurkan sebuah mascot bernama Drawa. Maskot lama ini berwujud burung Cendrawasih berwarna kuning-hijau dengan kostum pencak silat.

Saat Drawa diperkenalkan ke publik, bukan pujian yang didapat tapi justru hujatan. Wujud Drawa dinilai terlalu old fashioned dan komposisi warnanya kelihatan terlalu sederhana. Selain itu, karakter ini nggak punya nilai filosofis yang kuat. Beruntungnya, Kemenpora dan Bekraf Indonesia mau mendengar kritik dari publik dan menggelar seleksi ulang.

Asian Games 2018 adalah momen besar buat Indonesia. Event ini bakal ajang pembuktian bahwa Indonesia mampu jadi tuan rumah event olahraga berskala internasional. Semoga dengan adanya tiga maskot lucu ini Asian Games 2018 jadi semakin menarik ya Urbaners.

 

Source: insidethegames.biz