Mengenal Lebih Dekat Tentang 3 Maskot Asian Games - MLDSPOT
  • Sport
  • Mengenal Lebih Dekat Tentang 3 Maskot Asian Games

Mengenal Lebih Dekat Tentang 3 Maskot Asian Games

Fri, 10 August 2018
logo asian games 2018

Nggak terasa, event Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang bakal segera dimulai. Seperti perhelatan olahraga lainnya, Asian Games kali ini juga punya maskot. Ada tiga maskot lucu yang disiapkan buat menyambut event olahraga terbesar di Asia ini. Nah Urbaners, sudah kenal belum lo sama tiga maskot Asian Games 2018?

Tagline dan Maskot Asian Games 2018

logo asian games 2018

Gelaran Asian Games kali ini punya tagline “Energy of Asia”. Filosofi tagline ini diambil dari semangat untuk membangkitkan kembali kekuatan Asia lewat Asian Games. Inspirasinya diambil dari semangat presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang punya ide untuk membangun Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan.

Kalau lo tau, semangat ini ternyata mewakili tiga unsur Asian Games sekaligus: Asia, olahraga, dan juga negara penyelenggara kali ini, Indonesia. Manifestasi semangat ini nggak cuma melalui tagline tapi juga tiga maskot lucu, apa saja?

Di bulan Juli 2016 lalu, akhirnya maskot Asian Games 2018 resmi diumumkan. Nggak cuma satu, tapi tiga maskot yaitu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Bentuk ketiga maskot ini mengadaptasi fauna khas Indonesia, burung Cenderawasih, rusa Bawean, dan badak bercula satu. Pemilihan namanya berasal dari semboyan negara, Bhinneka Tunggal Ika.

Artikel Menarik : 3 Venue Baru di Asian Games yang Keren Banget

Nggak cuma lucu, tiga maskot ini juga punya nilai filosofis Urbaners. Bhin Bhin yang berbentuk burung Cenderawasih ternyata melambangkan strategi, Atung yang berupa Rusa Bawean berarti kecepatan, dan Kaka si badak bercula satu adalah kekuatan. Buat menandai kalau maskot ini adalah bagian Asian Games, tiga maskot ini punya simbol matahari, logo resmi Asian Games.

 

Maskot atau Logo Asian Games 2018 Dipilih Lewat Sayembara

maskot asian games 2018

Ternyata, buat mendapatkan tiga karakter maskot ini harus melalui proses yang panjang. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia melakukan sayembara khusus buat menemukan ketiganya. Serunya, seluruh masyarakat Indonesia bisa berpartisipasi dalam sayembara ini karena memang dibuka untuk umum.

Pada seleksi akhir, dipilih sebelas kontestan buat mempresentasikan desain maskot. Selain maskot, sayembara ini juga memilih logo dan aplikasi official Asian Games 2018. Presiden Jokowi juga ambil andil dalam seleksi ini, Urbaners. Tiga karya terbaik ditunjukkan kepada presiden tahun 2016 lalu. Nggak cuma meninjau, tapi presiden juga mengambil keputusan.

Geser Posisi Drawa

Bhin Bhin, Atung, dan Kaka bisa mendapatkan posisi maskot Asian Games 2018 ini setelah “menggulingkan” maskot yang sudah ada sebelumnya. Sebenarnya, Kemenpora Indonesia telah meluncurkan sebuah mascot bernama Drawa. Maskot lama ini berwujud burung Cendrawasih berwarna kuning-hijau dengan kostum pencak silat.

Saat Drawa diperkenalkan ke publik, bukan pujian yang didapat tapi justru hujatan. Wujud Drawa dinilai terlalu old fashioned dan komposisi warnanya kelihatan terlalu sederhana. Selain itu, karakter ini nggak punya nilai filosofis yang kuat. Beruntungnya, Kemenpora dan Bekraf Indonesia mau mendengar kritik dari publik dan menggelar seleksi ulang.

Asian Games 2018 adalah momen besar buat Indonesia. Event ini bakal ajang pembuktian bahwa Indonesia mampu jadi tuan rumah event olahraga berskala internasional. Semoga dengan adanya tiga maskot lucu ini Asian Games 2018 jadi semakin menarik ya Urbaners.

 

Source: insidethegames.biz

 

Kenalan dengan Tom Brady: Atlet Footbal Handal Yang Baru Menang Superbowl!

Sat, 13 February 2021
Tom Brady

Buat lo yang menjadi pecinta dunia olahraga, pasti sudah nggak asing dengan acara final American football – atau yang lebih dikenal dengan Super Bowl. Kembali diselenggarakan di tahun 2021, Super Bowl ke-55 ini berhasil dimenangkan oleh tim football asal Florida – Tampa Bay Buccaneers.

Dilangsungkan di home stadium Buccaneers – tepatnya di Raymond James Stadium, Tampa, Florida – Buccaneers berhasil meraih skor akhir 31-9 melawan Kansas City Chiefs, yang merupakan pemenang Super Bowl tahun 2020.

Tapi, lo tahu nggak? Kalau kemenangan Buccaneers kali ini diklaim sebagai yang tersukses – apalagi, kalau bukan berkat salah satu quarterback tim tersebut, Tom Brady – all hail Brady! Nggak diragukan, Tom Brady memang disebut sebagai salah satu pemain ikonik dalam sejarah National Football League (NFL).

Kalau ngomongin soal Tom Brady emang nggak ada habisnya. Nah, biar lo nggak makin penasaran sama pemain legendaris yang satu ini – kita lanjut bahas di bawah ini yuk, bro!

 

Quarterback Dengan Performa Nyaris Sempurna di Usia 43 Tahun

Tom Brady

Credit Image – startribune.com

Ungkapan age is just a number – sepertinya sudah dibuktikan oleh Tom Brady. Memasuki usianya yang ke 43 tahun, Brady masih memiliki performa yang baik, bahkan disebut nyaris sempurna. Bahkan, ia sering disebut sebagai unbeatable player.

Well, pada umumnya pemain NFL akan mengajukan pensiun di usia 40 tahun. Tapi, sepertinya hal ini tidak berlaku pada Tom Brady. Yang ternyata masih punya semangat tinggi untuk terus berkarier dan bermain di season NFL. Semangat Brady emang nggak ada habisnya – ini wajib lo tiru, bro!

Lo pasti sudah tahu juga kalau Tom Brady telah lama berkecimpung di dunia football. Kesuksesannya ini berawal ketika ia dipilih oleh New Englang Patriots – Brady dipilih dalam NFL Draft ronde keenam di tahun 2000. Bersama Patriots, ia sudah bermain di 20 seasons NFL.

Setelah 20 tahun bersama New England Patriots, Brady pun memutuskan untuk pindah bersama Tampa Bay Buccaneers di tahun 2020. So, di tahun pertamanya bersama Buccaneers – ia berhasil berkontribusi dengan baik dalam meraih kemenangan di Super Bowl, lho

Nah, sebutan quarterback yang nyaris sempurna ini juga sudah dibuktikan Brady dalam penampilannya di Super Bowl ke-55, melawan Kansas City Chiefs. Dalam empat babak, Brady telah menyelesaikan 21 dari 29 passes dalam 201 yards – belum lagi, kontribusi touchdown yang berhasil membawa Tampa Bay Buccaneers pada kemenangan. Yes, yes, it was victory Sunday!

 

Memiliki Notable Records yang Legendaris

Tom Brady

Credit Image – buffalonews.com

Sering disebut sebagai GOAT a.k.a greatest of all time – Brady telah berhasil memenangkan Super Bowl sebanyak tujuh kali sejak awal ia berkarier sebagai atlet profesional. Wah, jumlah kemenangan ini paling banyak dibanding pemain NFL lainnya, lho.

Nggak hanya sudah memenangkan banyak Super Bowl saja, Tom Brady juga memegang rekor terbaik dalam NFL regular seasons – di sesi game ini, ia sudah pernah memenangkan 230 game melawan berbagai tim NFL lainnya. Lo pasti setuju kalau Brady emang keren kan, bro?

Belum selesai nih, bro, Brady juga berhasil menyabet titel lainnya. Mulai dari Super Bowl Most Valuable Player (MVP) – ia dinobatkan sebagai MVP sebanyak lima kali. Selain itu, Brady juga diberi titel sebagai NFL Offensive Player of the Year di tahun 2007 dan 2010. Dan Brady juga pernah dinobatkan sebanyak 30 kali sebagai player of the week, serta 10 kali player of the month.

 

Ditemani Rob Gronkowski, yang Jadi Side-Kick Brady!

Tom Brady

Credit Image – ftw.usatoday.com

Performa Brady di lapangan emang nggak perlu diragukan, bro – apalagi kalau ia sudah ditemani oleh side-kicknya, Rob Gronkowski. Punya posisi sebagai tight end, nggak jarang Gronkowski membantu Brady dalam mencetak touchdown.

Ternyata bukan duo maut baru – tetapi, keduanya sudah bermain dalam tim yang sama sejak bergabung di New England Patriots. Sebelumnya, Brady dan Gronkowski telah berhasil mencetak touchdown sebanyak 14 kali – dalam seasons bersama Patriots.

Serasa nggak pingin jauh dari Brady, Gronkowski pun pindah ke Tampa Bay Buccaneers – yang membawa keduanya kembali unjuk gigi di Super Bowl 2021. Duet keduanya berhasil melakukan dua kali touchdown – yang juga disebut sebagai touchdown paling apik dalam sejarah NFL Super Bowl.  Jadi, emang nggak heran kalau keduanya dinobatkan sebagai Best Passing Duo!

 

Wah, emang kemampuan Tom Brady emang paling gokil ya, bro. Nggak heran, kalau Brady disebut sebagai salah satu pemain legendaris dalam sejarah NFL!

 

Featured Image – sbnation.com