Trending
Rabu, 18 Desember 2019

Raih 72 Emas, Indonesia Duduk di Peringkat Empat SEA Games 2019

  • Share
  • fb-share
Raih 72 Emas, Indonesia Duduk di Peringkat Empat SEA Games 2019

SEA Games 2019 baru saja berakhir di Filipina. Banyak sekali kejutan dan hal menarik yang terjadi. Meskipun diawali dengan berbagai masalah karena fasilitas di Filipina yang kurang memadai, kontingen Indonesia telah berjuang semaksimal mungkin untuk membanggakan kita semua, Urbaners. Nah, kira-kira apa saja hal menarik yang terjadi di SEA Games 2019 Filipina kali ini, ya?

 

Gagal Meraih Posisi Kedua, Namun Melewati Target Emas

Presiden Joko Widodo berfoto bersama beberapa kontingen SEA Games Indonesia

Presiden Jokowi sebenarnya menargetkan atlet kita untuk menduduki posisi ke-2 dalam Sea Games ini. Sayangnya, Indonesia hanya bercokol di posisi ke-4, kalah dengan Filipina, Vietnam, dan Thailand. Namun, atlet kita justru melampaui harapan Presiden dengan meraih 72 medali emas dari target awal 60 medali emas. Total, Indonesia berhasil meraih 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu. Tetap membanggakan kan, Urbaners!

 

Kisah Sportivitas Atlet Filipina dan Indonesia

Roger Casugay di atas papan seluncurnya

Di tengah persaingan antar negara yang sangat ketat, ada sebuah kisah sportivitas yang sangat mengharukan terjadi di Sea Games 2019 ini. Saat pertandingan semifinal olahraga selancar longboard, atlet Indonesia Arip Nurhidayat bertanding melawan Roger Casugay dari Filipina. Saat pertandingan berjalan ketat, tiba-tiba papan Arip Nurhidayat patah!

Bukannya memanfaatkan momentum tersebut dan memenangkan pertandingan dengan mudah, Roger Casugay justru memilih berhenti dan langsung menyelamatkan Arip. Hasilnya, mereka berdua berselancar ke tepi pantai menggunakan papan Roger. Kisah persahabatan ini sampai diapresiasi oleh Presiden Indonesia sebagai contoh kemanusiaan jauh lebih penting dari medali emas.

Roger Casugay sendiri akhirnya memilih bertanding ulang melawan Arip dan memenangkan pertandingannya dengan fair. Roger berakhir dengan medali emas dan juga gelar atlet paling fair play di ajang Sea Games 2019 ini. Selain bonus yang akan dia terima karena meraih medali emas, Roger juga diundang oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang sangat bangga terhadap jiwa besar atletnya tersebut.

 

Kejutan Besar Tim Bola Voli Putra Raih Emas

Tim Bola Voli Putra mengibarkan bendera Merah Putih

tahu nggak kalau ternyata tim bola voli pria kita sudah puluhan tahun tidak pernah meraih medali emas? Di beberapa Sea Games terakhir, tim Indonesia selalu ditaklukkan oleh Thailand. Namun semuanya berbeda di tahun ini. Dengan sentuhan dingin pelatih kawakan Li Quijiang, Nizar Zulfikar dan kawan-kawan berhasil meraih medali emas dengan menaklukkan tuan rumah. Hebatnya lagi, medali emas ini diraih dengan dominasi total tim Indonesia. Dari babak penyisihan hingga final, tim Indonesia selalu menyapu bersih permainan dengan skor 3-0!

Itulah tadi beberapa kisah menarik yang melibatkan kontingen Indonesia dalam ajang Sea Games 2019. Selain itu, sebenarnya masih banyak kisah menarik lainnya seperti dominasi tim bulutangkis beregu pria kita. Namun, mari kita simpan dan doakan semoga Indonesia juga bisa berprestasi pada ajang Sea Games berikutnya, Urbaners!

Comments
Sandi Widiyantoro
Terima kasih para atlet Indonesia
sumardiyono
Kejutan Besar Tim Bola Voli Putra Raih Emas