• Sport
  • Waktunya Gowes dengan Jalur Khusus Sepeda di Jakarta

Waktunya Gowes dengan Jalur Khusus Sepeda di Jakarta

Wed, 05 August 2020
Seorang pria mengenakan helm dan masker selagi bersepeda di jalur sepeda Jakarta

Daripada bosan olahraga di dalam ruangan, lebih baik lo keluarkan sepeda dan mengelilingi kota Jakarta. Sekarang nggak perlu lagi khawatir dengan pengendara bermotor ketika lo menggowes sepeda, sudah ada nih jalur khusus sepeda yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta. Waktunya mempersiapkan sepeda kesayangan lo dan ajak teman-teman lo untuk bersepeda bareng di Jakarta!

 

Lokasi Jalur Sepeda

Sehubungan dengan meningkatnya semangat masyarakat Jakarta untuk bersepeda, akhirnya Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Dishub DKI Jakarta menyiapkan pop-up bike lane sepanjang 14 kilometer di sepanjang jalan Jenderal Sudirman sampai jalan MH Thamrin. Jadi, lo nggak perlu lagi menanti masa Car Free Day (CFD) untuk bisa menggowes sepeda di pusat Jakarta sambil dikelilingi gedung-gedung pencakar langit.

Jalur sepeda ini didesain terpisah dengan trotoar untuk mengurangi risiko transmisi virus. Nggak hanya di satu lokasi saja, jalur sepeda juga sudah bisa lo nikmati di 29 titik yang tersebar di provinsi DKI Jakarta. Ada tujuh lokasi jalur sepeda di Jakarta Barat, tujuh lokasi lainnya di Jakarta Pusat, enam titik di Jakarta Utara, 3 jalur sepeda di Jakarta Timur, dan 5 lokasi bersepeda di Jakarta Selatan.

 

Tidak Dibuka 24 jam

Seorang wanita mengenakan sneakers putih bersiap menggowes sepeda di malam hari

Sayangnya, lo masih belum bisa bersepeda keliling kota Jakarta di malam hari karena ditetapkan jam malam untuk jalur sepeda yang disediakan. Alasannya adalah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Selama hari Senin sampai Jumat, jalur khusus sepeda akan dibuka di pukul 06.00 hingga 08.00 WIB dan pukul 16.00-18.00 WIB. Sementara di hari Sabtu dan Minggu, lo bisa bersepeda di jalur sepeda sejak pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-19.00 WIB.

 

Jalur Khusus Sepeda Tidak Permanen

Rombongan pesepeda sedang bersepeda di sepanjang jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin

Sebelum pandemi, Pemprov DKI Jakarta memang masih belum menyediakan jalur sepeda. Padahal, ada cukup banyak warga Jakarta yang menjadikan sepeda sebagai alternatif transportasi. Selama masa PSBB transisi masih diberlakukan, Pemprov DKI Jakarta memastikan bahwa jalur sepeda tidak permanen ini akan terus dibuka. Namun, masih nggak ada kepastian apakah jalur sepeda yang permanen akan dibuat selepas pandemi.

Menjawab pertanyaan ini, Dishub DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya akan mempertimbangkan kembali keputusan untuk membuat jalur khusus sepeda di beberapa titik. Tentunya kesuksesan dari jalur sepeda tidak permanen sekarang ini akan menjadi bahan evaluasi.

 

Tetap Hati-hati Dalam Bersepeda

Seorang pria mengenakan masker wajah, helm, dan kacamata hitam ketika bersepeda di jalan

Walaupun bersepeda dianggap sebagai aktivitas yang santai, tetapi lo juga harus patuh dengan aturan lalu lintas yang berlaku. Bagi pesepeda yang melewati jalur sepeda, akan dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Pasal 299 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Lo bisa saja dikenakan denda sebesar Rp100.000.

Jangan lupa juga Bro untuk selalu menaati protokol kesehatan yang berlaku. Gunakan masker dan/atau face shield untuk melindungi diri lo beserta orang-orang sekitar dari ancaman virus yang masih belum reda ini.

 

 

 

Sources: LINE Today, Suara.com, Tribunnews.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com