Home Techno 11 Drone Terbaik dan Tercanggih di Dunia, Wajib Kalian Miliki!
11 Drone Terbaik dan Tercanggih di Dunia, Wajib Kalian Miliki!

11 Drone Terbaik dan Tercanggih di Dunia, Wajib Kalian Miliki!

Wednesday, July 4, 2018 - 18:11
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, keberadaan pesawat tanpa awak alias drone terbaik di dunia semakin bertambah setiap harinya. Padahal pesawat drone tercanggih dulunya hanya boleh dimiliki dan digunakan oleh pihak militer suatu negara. Sebaliknya, saat ini lo bahkan bisa menjalankan drone untuk berbagai aktivitas, seperti fotografi dan videography.

 

Drone Terbaik dan Tercanggih di Dunia

Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup mahal, deretan drone tercanggih di dunia ini banyak diburu. Apa saja?

 

SenseFly Albris

Drone tercanggih di dunia yang satu ini cocok digunakan untuk kegiatan object mapping. Dilengkapi dengan 3 buah kamera yang berbeda, drone ini mampu menghasilkan tiga video dengan latar dan sudut pengambilan yang berbeda pula. Soal kualitas gambar lo nggak perlu ragu lagi, drone terbaik dari SenseFly Albris ini menggunakan kamera Full HD dan thermal video imagery yang bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi titik api pada gedung bertingkat.

Untuk memiliki drone canggih ini ada harga cukup fantastis yang harus lo bayarkan. Satu unit SenseFly Albris ini dijual seharga $25.000 atau setara dengan Rp350 juta. Lo pasti nelen ludah, kan begitu tahu harga yang harus dibayarkan untuk drone tercanggih ini?

 

Marcus UAV Zephyr2

Kalau lo butuh drone terbaik dengan waktu terbang yang lebih lama, Marcus UAV Zephyr2 bisa jadi pilihan yang tepat. Meski harus merogoh kocek hingga Rp200 juta, lo bisa mendapatkan pesawat drone tercanggih yang dilengkapi dengan sistem ground control sangat lengkap. Dengan durasi terbang selama 1 jam, drone ini mampu menempuh jarak hingga 40 kilometer. Tenang saja, kualitas kamera Full HD membuat hasil tangkapan gambar atau video lebih presisi.

 

Lehmann Aviation LA500-AG

Urbaners, jenis drone Lehmann Aviation LA500-AG merupakan salah satu drone UAV atau Unmanned Aerial Vehicle yang sangat direkomendasikan untuk memonitor kondisi lahan pertanian dari udara maupun pemetaan wilayah. Dengan kemampuannya, drone canggih ini bisa terbang secara vertikal dan menawarkan hasil yang sangat presisi. Drone terbaik yang satu ini juga dilengkapi dengan Sequoia multispectral yang menawarkan gambar dengan sangat jernih.

Durasi terbang Lehmann Aviation LA500-AG maksimal selama 45 menit dengan jarak tempuh terjauh 25 kilometer. Jika ingin memilikinya, lo harus menyiapkan dana sekitar Rp115 juta. Pesawat tanpa awak dari perusahaan asal Perancis ini banyak diburu terutama bagi pemerintah yang ingin memantau kondisi pertanian di wilayah tertentu.

 

DJI T600 Inspire 1

Dilengkapi dengan kamera 16 MP, DJI T600 Inspire 1 mampu merekam gambar video dengan kualitas RAW hingga 30 fps. Nggak cuma itu, drone terbaik seharga Rp 44 juta ini juga dilengkapi dengan integrated 3-axis gimbal yang bakal bikin lo merekam gambar lebih stabil. Biar lebih mudah mengendalikan drone dan kamera, ada remote dengan dua alat pengontrol berbeda. Jadi, lo bisa mengambil gambar secara maksimal meski kamera berputar hingga 360 derajat.

Untuk menambah maksimal kualitas foto yang dihasilkan, lo juga bisa memanfaatkan aplikasi Dji Go, yaitu aplikasi khusus untuk mengontrol kamera Zenmuse X5R yang terpasang di bodi drone. Aplikasi ini bermanfaat untuk mengatur penyetelan kamera, bahkan saat drone sedang terbang. Misalnya, lo bisa mengatur fokus pada objek yang diinginkan. Termasuk mengatur shutter speed hingga white balance agar mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Ditambah dengan teknologi Lightbridge, pesawat drone tercanggih ini bisa melakukan live streaming dengan kualitas 720p. Jadi, lo bisa melakukan live streaming dari jarak hingga 2 km antara drone dengan alat pengontrol. DJI Inspire 1 mampu bertahan dari terpaan angin hingga kecepatan 10 meter/detik. Untuk ketinggian maksimal yang bisa dicapai adalah 4.500 meter di atas permukaan tanah.

 

Splash Drone 3

Splash Drone 3 ini sengaja diciptakan untuk tujuan SAR (Search & Rescue). Pesawat drone canggih ini bisa diterbangkan kapan pun dan di mana pun serta dalam kondisi cuaca apapun, termasuk ke dalam air sekalipun. Dilengkapi dengan fitur mission planning, payload release, follow me dan auto return, nggak heran jika Splash Drone dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu berkisar di angka Rp21 jutaan.

Drone berwarna jingga ini ditenagai motor 620kv dan baling-baling 1242 carbon fiber yang lebih bertenaga jika dibandingkan dengan pendahulunya. Sistem modularnya bisa beradaptasi dengan cepat untuk segala jenis misi. Mulai dari “tugas” untuk filming aerial, pencarian dan penyelamatan di perairan, survey di laut, memancing dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa lo selesaikan dengan mudah.

 

Yuneec Typhoon H

Drone terbaik selanjutnya diberi nama Yuneec Typhoon H. Dibanderol dengan harga sekitar Rp20 jutaan, lo bisa mendapatkan beragam fitur canggih dari pesawat tanpa awak yang satu ini. Drone kelas profesional ini mampu merekam gambar dengan resolusi 4K pada 30 fps dengan 12 MP kameranya.

Lebih lanjut, waktu terbang dari drone Yuneec Typhoon H ini bisa menempuh waktu selama 25 menit. Satu lagi, kamera yang diusung oleh drone ini mampu mengambil gambar 360 derajat sehingga hasil gambar atau video rekaman sangat presisi dan berkualitas jernih. Dilengkapi dengan 6 baling-baling yang stabil lo nggak perlu takut menerbangkan drone ini meski angin kencang.

 

DJI Mavic Air

Di awal tahun 2018 ini, muncul seri terbaru DJI Mavic Air dengan kamera ultra portabel yang bisa dilepaskan di alam terbuka dengan kualitas gambar lebih jernih. Uniknya, ukuran Mavic Air hanya sebesar 168×83×49mm dan seberat 430 gram saja. Drone ini memiliki lengan lipat dan baling-balingnya bersandar pada bingkai aerodinamis yang ramping serupa smartphone saat dilipat.

Hadir dengan spesifikasi kamera foto 12 MP dan video panorama 32 MP drone terbik ini juga bisa merekam video pada 30fps hingga 120fps dalam mode high definition (HD). Setiap aspek kamera DJI Mavic Air juga telah dirancang untuk performa maksimal. Dilengkapi sensor CMOS 1 / 2.3 "dan lensa 24mm F2.8 perangkat ini mampu menangkap foto dan video dengan kualitas jernih. Soal harga, DJI Mavic Air dijual sekitar Rp10 juta.

 

DJI Phantom 4 Pro

Masih dari perusahaan drone yang sama, DJI Phantom 4 Pro juga layak untuk lo miliki. Tergolong sebagai drone terbaik di kelasnya, perangkat ini dilengkapi sejumlah sensor dan teknologi yang bakal sangat memudahkan lo saat mengontrol dan mengambil gambar yang diinginkan. Sejumlah sensor dengan resolusi tinggi ditempatkan di sekeliling drone mampu menciptakan pengawasan ke lima arah berbeda sehingga melindung drone secara maksimal.

DJI Phantom 4 Pro ini mampu mengenali objek, mengikuti objek, dan mengambil gambar secara konsisten. Dengan demikian, lo bisa mengambil video dari objek yang bergerak dengan lebih mudah tanpa takut kehilangan fokus. Selain itu, kamera pada drone seharga Rp24 juta ini mampu menangkap banyak objek sekaligus. Nggak heran kalau drone ini dimanfaatkan untuk merekam gambar kendaraan di jalan raya.

 

GoPro Karma

Urbaners, setelah berhasil meraih popularitas melalui produk action camera-nya, kali ini Go Pro juga ikut menghadirkan pesawat drone yang nggak kalah canggih dengan merk-merk sebelumnya. Buat lo yang belum pernah menerbangkan drone, GoPro Karma bisa dipertimbangkan. Pasalnya, drone seharga Rp14,6 juta ini memiliki tombol take-off dan landing otomatis tanpa harus menggerakan stik.

Hebatnya lagi nih, drone ini bisa jadi andalan saat mengejar objek bergerak. GoPro Karma bisa menjangkau jarak hingga sekitar 50 km/jam. Kestabilannya pun sangat membantu lo saat memotret foto lebih fokus dan jelas.

 

Walkera GPS QR X800

Pesawat drone tercanggih selanjutnya datang dari kelas menengah. Artinya, drone ini dibuat untuk pemula dengan harga yang masih mudah dijangkau. Satu unit drone Walkera GPS QR X800 dijual sebesar Rp8,5 juta. Meski murah, kualitas yang bisa lo rasain dijamin nggak bakal murahan dan hampir sama dengan drone profesional kelas premium lainnya.

Dibuat dengan menggunakan serat karbon, drone Walkera GPS QR X800 memiliki ukuran bodi yang cukup ringan dan kuat. Nggak percaya? Lo bisa membawa berbagai perangkat berat seperti DSLR sekalipun dalam slotnya. Dalam satu kali terbang, drone ini mampu bertahan hingga 40 menit di udara. Dilengkapi dengan adanya fitur GPS lo bakal semakin mudah mengatur laju kecepatan drone ini.

 

Parrot BeBop 2 

Parrot BeBop 2 adalah jenis drone terbaik di kalangan pemula yang belum cukup banyak mengantongi jam terbang dalam mengendalikan pesawat drone. Dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan drone lainnya, lo bisa bawa pulang drone yang satu ini hanya dengan Rp6 juta saja. Tenang saja, fitur-fitur yang tersedia sudah cukup lengkap dan bakal sangat memudahkan lo saat menerbangkan dan mendaratkan perangkat ini.

Dilengkapi dengan SkyController 2 dan CockpitGlasses, kedua alat tambahan tersebut bakal menambah pengalaman yang menyenangkan dalam menerbangkan drone. SkyController 2 sendiri merupakan alat pengendali dengan dua joystik yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan laju drone. Sejumlah tombol tambahan disediakan untuk membantu pengambilan gambar.

Sementara CockpitGlasses berperan sebagai pengendali drone secara FPV atau First Person View, serupa dengan alat Virtual Reality. Berbeda dengan drone pada umumnya yang meletakkan kamera pada sebuah dudukan khusus, drone khusus untuk pemula ini justru memasangnya menjadi satu bagian dengan tubuh drone. Meskipun demikian, sebuah 3 axis gimbal tetap dipasang pada kamera untuk memudahkan pergerakan kamera saat mencari gambar.

Nah, sudah paham jenis-jenis drone terbaik yang bisa lo beli saat ini? Pastikan lo memilih drone terbaik sesuai dengan bujet yang dimiliki. Nggak perlu gengsi untuk membeli drone yang lebih murah jika memang belum ada cukup dana untuk membeli pesawat drone canggih dengan harga puluhan atau ratusan juta rupiah. Oh ya, lo juga harus mempelajari cara-cara mengendalikan drone terlebih dulu sebelum memainkannya sendiri.

Sebaiknya untuk pemula lo menerbangkan drone di kawasan yang lapang dan jauh dari bangunan bertingkat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko hilangnya kendali dan drone jatuh merusak atap rumah orang. Soal keamanan, menerbangkan drone di lapangan tentu jauh lebih aman karena jarak pandang lo nggak terhalang apapun.

 

 

Source:
heyriad.com
kameradigital.co.id