• Techno
  • Silicon Valley: The Biggest Industry Sector

Silicon Valley: The Biggest Industry Sector

Fri, 13 March 2015

Komputer, laptop, dan smartphone itu ibarat “keluarga”. Walau memiliki peran masing-masing, namun sebenarnya mereka dilahirkan di satu tempat yang sama. Ya, semua hal yang berhubungan dengan komputer, laptop, dan smartphone dilahirkan dari tempat yang disebut dengan “Silicon Valley”.

Silicon Valley adalah kawasan penghasil industri teknologi tersebar di dunia. Jantungnya berada di kawasan yang meliputi San Fransisco, Bay Area, dan California. Dan nama Silicon Valley yang digunakan bukanlah nama legal dari suatu kawasan di sana.  Silicon Valley merujuk pada berbagai wilayah yang terdiri dari San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Atlo, dan beberapa daerah lainnya.

Munculnya Silicon Valley dimulai dari  dua orang sahabat yang mendirikan suatu perusahaan di salah satu kawasan tersebut pada tahun 1939. Perusahan ini merupakan cikal bakal perusahaan HP yng diaktori oleh dua orang pendirinya, Hewlett dan Packard. Dikarenakan perusahaan HP berkembang secara pesat, beberapa perusahaan lainnya mulai tertarik membuka perusahaan di kawasan tersebut untuk mendapatkan kesusksesan yang sama. Nggak hanya menampung perusahaan teknologi informasi, Silicon Valley juga menjadi kawasan buat perusahaan semi-konduktor, design grafis, perangkat workstations, dan juga bidang komputer jaringan. Perusahaan tersebut antara lain Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, Xerox, dan Yahoo!.

Ada yang tau kenapa kawasan ini diberi nama “Silicon Valley”? Pemilihan kata silikon dimaksudkan untuk menyebutkan situasi perusahaan besar yang menggunakan bahan silikon untuk membuat teknologi semi-konduktor serta perangkat teknologi lainnya. Sementara itu, penggunaan kata Valley identik dengan kawasan Santa Clara Valley yang terletak di ujung selatan San Fransisco Bay.

Selain terkenal sebagai Silicon Valley, kawasan ini juga diberi julukan “lembah kesempatan”. Hal ini dikarenakan Silicon Valley dianggap sebagai daerah yang memberi kesempatan bagi perusahaan teknologi informasi untuk mengembangkan berbagai teknologi mereka. Kawasan ini juga udah menjadi salah satu daerah yang paling diincar para pencari kerja dan investor dunia. Namun, di balik semua kuntungan dan kelebihan yang didapatkan, ada kontroversi terkait keberadaan industri teknologi ini. Salah satu contohnya adalah pencemaran akibat penanganan limbah beracun yang nggak tepat.

 

 

Sosok di Balik Nama “Silicon Valley”
Nama Silicon Valley pertama kali dipopulerkan oleh seorang pebisnis California yang bernama Ralph Vaerst. Nama Silicon Valley pertama kali disebutkan dalam artikel di surat kabar mingguan Electronic News pada tanggal 11 Januari 1971.

 

Silicon Valley The Series
Nggak hanya dikenal sebagai kawasan industri teknologi informasi terbesar, Silicon Valley juga diangkat menjadi TV serial. Sitkom Amerika ini menceritakan tentang enam anak muda yang memulai usaha mereka di Silicon Valley.

Nagoya, Saingan Silicon Valley
Kota Nagoya, Jepang, bisa dikatakan sebagai saingan Silicon Valley dalam hal bidang industri teknologi. Di tempat ini, terdapat industri pembuatan robot dan otomotif yang semaking berkembang pesat.
 

 

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times