• Techno
  • Bunga Pertama Yang Tumbuh di Luar Angkasa

Bunga Pertama Yang Tumbuh di Luar Angkasa

Thu, 28 January 2016

Beberapa waktu lalu, seorang astronot NASA bernama Scott Kelly berbagi kabar bahagia tentang keberhasilannya menanam bunga di International Space Station (ISS). Hal tersebut menjadi yang pertama kali terjadi sepanjang sejarah, lho. Mungkin, setelah ini, astronot-astronot NASA bakal mampu menumbuhkan tanaman yang bisa dimakan. Wah, tinggal di luar angkasa nggak lagi jadi hal yang mustahil untuk dilakukan!

 

Sempat Mengalami Kegagalan

Bunga yang ditanam oleh Kelly tersebut bernama zinnia, bentuknya mirip seperti bunga matahari, tetapi masih termasuk dalam kelompok daisy. Kelly udah mengerjakan proyek penanaman zinnia ini sejak bulan November 2015 lalu. Sayangnya, zinnia yang ditanamnya nggak mau berkembang karena tingkat kelembapan yang tinggi dan terbatasnya aliran udara di luar angkasa. Akhirnya, Kelly pun memutuskan untuk menyirami zinnia sesuai kebutuhan dan nggak perlu terpaku pada jadwal.

Dan siapa sangka bahwa usaha Kelly membuahkan hasil? Pada awal tahun 2016 lalu, bunga zinnia tersebut kembali tumbuh. Trent Smith, manajer dari proyek tersebut, mengungkapkan bahwa bunga zinnia memang memiliki karakteristik yang sangat sensitif terhadap lingkungan dan cahaya. Durasi pertumbuhannya pun cukup panjang, yakni sekitar 60-80 hari dengan resiko kegagalan yang tinggi. Itulah mengapa ia, Kelly, dan timnya cukup terkejut ketika bunga zinnia berhasil tumbuh di ISS.

 

Bagian dari Proyek Veggie

Tahukah lo bahwa ternyata penanaman bunga zinnia tersebut meupakan bagian dari proyek Veggie yang udah dimulai oleh NASA sejak tahun 2014 lalu? Sebelum zinnia, NASA juga pernah berhasil menanam selada air di ISS. Keberhasilan proyek Veggie menjadi langkah pertama dalam produksi pangan agar astronot dapat mengonsumsi makanan segar. NASA juga optimis bahwa proyek Veggie dapat meningkatkan kemungkinan bagi manusia untuk tinggal di luar angkasa dalam jangka waktu panjang.

Menariknya lagi, proyek Veggie ternyata memberikan informasi penting untuk kelangsungan misi Mars. Alexandra Whitmire, anggota Human Research Program NASA, mengungkapkan bahwa beberapa informasi tersebut mencakup jadwal penyiraman di gravitasi mikro danhal-hal apa aja yang harus dilakuin kalau ada jamur yang tumbuh pada tanaman. Selain sebagai asuman konsumsi, merawat tanaman di luar angkasa dapat membantu astronot untuk meminimalisir perasaan terisolasi dan kesepian.

NASA berharap agar proyek Veggie bisa makin berkembang dan menumbuhkan tanaman-tanaman lain. Terlebih, kalau lo udah menonton film The Martian, rasanya bukan nggak mungkin kalau nantinya NASA juga bisa melakukan aktivitas bercocok tanam di planet Mars sana.

 

 

Source: engadget.com, nationalgeographic.co.id, techno.id

6 YouTuber Dengan Penghasilan Terbesar Di Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019 - 13:17
PewDiePie memakai kaos hitam

Saat ini YouTuber semakin banyak lho, Urbaners. Bahkan makin banyak orang yang bercita-cita jadi YouTuber. Anak muda saat ini pun makin banyak yang membuat channel YouTube dan mengunggah vlog. Hampir setiap orang berusaha untuk menjadi content creator di YouTube. YouTube dianggap mampu menghasilkan banyak uang. Forbes bahkan merilis info YouTuber yang mendapat penghasilan paling besar di tahun 2019. Siapa sajakah mereka ini?

 

Dude Perfect

anggota Dude Perfect berfoto bersama memakai kemeja kotak-kotak

Channel Dude Perfect ternyata dimiliki oleh sekumpulan bapak-bapak lho, Urbaners. Mereka adalah Tyler Toney, Garret Hilbert, Cody Jones, Coby Cotton, dan Cory Cotton. Pria paruh baya tersebut membuat channel YouTube yang sering diisi oleh video mereka ketika sedang berolahraga dan bermain bowling. Mereka berhasil mendapatkan keuntungan dari YouTube sebesar 20 juta dolar AS. Bahkan mereka juga ditawari untuk dibuatkan acara TV di Nickelodeon. Keren juga ya bapak-bapak ini, Urbaners.

 

Rhett and Link

foto Rhett and Link

Duo komedian asal California, Amerika Serikat ini berhasil meraup pendapatan sebesar hingga 17,5 juta dolar AS, Urbaners. Mereka sering mengunggah video lucu yang mereka buat. Nggak hanya itu saja, mereka juga sering mengunggah lagu komedi hasil parodi mereka sendiri. Rhett and Link juga dikenal pintar membuat sketsa. Keren kan?

 

Preston

Preston dengan balon angka 10

Sebelum fokus membuat vlog, Preston memulai channel YouTube-nya dengan memainkan game Minecraft dan Call of Duty. Perubahan ini membuat jumlah subscriber-nya terus bertambah dari waktu ke waktu. Preston berhasil meraup keuntungan dari YouTube hingga mencapai jumlah 14 juta dolar AS. Sungguh sebuah pendapatan yang fantastis.

 

PewDiePie

PewDiePie di ruangannya sambil memakai headphone

Channel YouTube PewDiePie berisikan video permainan aksi dan horror. PewDiePie memiliki 102 juta subscriber di channel YouTube-nya. Di tahun 2019, PewDiePie mendapat keuntungan dari YouTube sebesar 13 juta dolar AS. Bahkan banyak para gamers menjadikannya sebagai inspirator dalam main game seru.

 

DanTDM

DanTDM memakai kaos warna hitam dengan poni lemparnya

DanTDM sering mengunggah video tentang game. Biasanya game yang sering dia mainkan adalah Fortnite dan Minecraft di channel YouTube-nya. Dia bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Kids Choice Awards dan juga mencetak Guinness World Records. Kini, DanTDM berhasil meraup pendapatan sebesar 12 juta dolar AS dari video YouTube yang dia buat di channel-nya.

 

VanossGaming

Vanossgaming memakai kaos warna putih

Buat lo yang suka game, channel milik VanossGaming ini cocok banget buat lo tonton. VannosGaming sering mengunggah video tentang game terutama GTA V, Minecraft, dan game lainnya. Berkat video tutorial game tersebut, dirinya pun kini berhasil mendapatkan hingga 11,5 juta dolar AS.

 

Dari deretan di atas, ada nggak nih YouTuber favorit lo, Urbaners?

 

 

Source : IDN Times