Home Techno Jepang Gunakan Robot untuk Layanan Toko Ponsel

Jepang Gunakan Robot untuk Layanan Toko Ponsel

Wednesday, February 3, 2016 - 17:19
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kecanggihan Jepang dalam mengembangkan teknologi udah nggak perlu diragukan lagi. Jepang bahkan menjadi negara produsen terbesar untuk pasar robot dunia. Beberapa tahun lalu, salah satu perusahaan Jepang bernama Softbank berhasil mengembangkan robot bernama Pepper. And they took it to the next level! Tahun ini, Pepper bakal terjun ke dunia bisnis untuk melayani konsumen dari sebuah toko ponsel di Jepang. Gimana jadinya, ya, Urbaners?

 

Seluruh Staff Digantikan oleh Robot

Softbank rupanya nggak mau tanggung-tanggung dalam mengembangkan robot Pepper. Mereka memutuskan untuk mengganti seluruh layanan di toko ponsel Pepper Phone Shop dengan jasa robot. Nantinya, Pepper bahkan bakal bisa membantu lo melakukan sign up terhadap ponsel yang baru lo beli. Selain itu, robot Pepper juga diprogram untuk memberi arahan, pendapat, dan melakukan obrolan kecil dengan konsumennya. Proyek ini dilakukan sebagai bentuk eksperimen untuk jangka waktu tertentu.

 

Mampu Mengenali Emosi Manusia

Pernah menonton film Big Hero 6? Ada robot bernama Baymax yang diciptakan untuk menjaga dan melindungi kesehatan orang-orang (healthcare). Ia memiliki kepribadian yang dirancang peka terhadap emosi manusia. Kira-kira seperti itu robot Pepper yang dikembangkan oleh Softbank bersama Aldebaran Robotics, sebuah perusahaan asal Perancis. Kedua perusahaan tersebut merancang robot Pepper agar memiliki hati dan perasaan.

Robot Pepper menggunakan “mesin emosi” dan sistem kecerdasan buatan berbasis cloud. Kedua hal tersebutlah yang membuat Pepper mampu menganalisis gerak tubuh, ekspresi, dan nada suara manusia. Selain berkomunikasi, Pepper juga bisa melakukan berbagai macam tugas yang lo berikan. Dengan banyaknya populasi orang tua dan angka kelahiran yang rendah di Jepang, kebutuhan robot diharapkan bakal terus meningkat. Nggak cuma dalam dunia bisnis tetapi aktivitas rumah tangga pun bakal membutuhkannya.

Dengan kemampuan robot Pepper yang udah dirancang sedemikian rupa, lo nggak perlu khawatir dengan layanan Pepper Phone Shop, Urbaners. Tapi, lo harus bersabar karena toko ponsel dengan layanan robot Pepper baru akan dibuka pada bulan Maret mendatang. Seru kali ya kalau robotnya di buat seperti film Real Steel?

 

Source: engadget.com, teknologi.news.viva.co.id